Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20

Cara Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20. Mengelola penghasilan merupakan Salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Salah satu aspek dalam mengatur keuangan yang sangat sering terabaikan salah satunya menabung.

Prinsip 50/30/20 dapat Anda gunakan untuk mengatur keuangan bulanan Anda terutama agar Anda tetap bisa menabung untuk kebutuhan mendesak atau simpanan di masa tua nanti.

Prinsip 50/30/20 sendiri dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Aturan dasarnya adalah membagi penghasilan setelah pajak dan mengalokasikannya untuk dibelanjakan 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan menyisihkan 20 persen untuk tabungan.
Cara Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/20/30


Berikut ini merupakan Cara Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20:

1. Hitung penghasilan bulanan Anda

Tambahkan berapa banyak yang Anda terima di rekening bank Anda setiap bulan. Jika Anda membayar taksiran pajak, kurangi jumlah penghasilan bulanan Anda.

2. Hitung ambang pengeluaran untuk setiap kategori

Kalikan penghasilan Anda dengan 0,50 (untuk kebutuhan), 0,30 (untuk keinginan), dan 0,20 (untuk tujuan finansial) untuk melihat berapa banyak yang seharusnya Anda belanjakan di setiap kategori.

50 persen: Untuk Kebutuhan

Kebutuhan adalah tagihan yang mutlak harus Anda bayar dan merupakan hal-hal yang diperlukan untuk bertahan hidup. Termasuk pembayaran sewa tempat tinggal, bahan makanan, asuransi, perawatan kesehatan, pembayaran hutang minimum, dan utilitas.

30 persen: Untuk Keinginan

Pada dasarnya, keinginan merupakan semua tambahan kecil yang Anda keluarkan dengan uang yang membuat hidup lebih menyenangkan dan menghibur. Ini termasuk makan malam dan nonton film, tiket acara olahraga, liburan, tas dan gadget elektronik terbaru.

20 persen: Untuk Tabungan

Termasuk menabung untuk dana darurat, memulai berinvestasi di reksa dana atau pasar saham. Anda harus memiliki setidaknya tiga bulan tabungan darurat jika Anda kehilangan pekerjaan atau kejadian tak terduga terjadi.

3. Rencanakan anggaran Anda berdasarkan ambang pengeluaran

Buatlah daftar dan hitung pengeluaran bulanan Anda di bawah kategori masing-masing dan lihat apakah pengeluaran Anda kurang dari target bulanan yang Anda tetapkan pada langkah sebelumnya.

4. Selalu Lakukan Pamantauan anggaran Anda

Lacak pengeluaran Anda setiap bulan, dan buat perubahan jika diperlukan, untuk tetap berpegang pada ambang pengeluaran Anda di masa mendatang.

Demikianlah artikel singkat yang membahas tentang Cara Mengatur Keuangan Pakai Metode 50/30/20. Semoga bermanfaat.