Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa itu Meta Tag?

Meta Tag adalah potongan kecil informasi tekstual yang memberikan gambaran umum tentang konten pada halaman web kepada mesin pencari. Mereka bertindak sebagai kode sumber untuk halaman web yang membantu mesin pencari mengindeks halaman untuk ditampilkan pada halaman hasil.
Meta Tag adalah potongan kecil informasi tekstual yang memberikan gambaran umum tentang konten pada halaman web kepada mesin pencari


Mengapa Meta Tag begitu Penting dalam SEO?


Meta Tag dan SEO sangat penting untuk mengoptimalkan situs web Anda. Mereka dapat membantu halaman mencapai peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Mereka ditempatkan di bagian tertentu dari setiap halaman HTML, yang disebut sebagai <head>.

Meta Tags SEO menyediakan mesin pencari dengan gambaran lengkap tentang jenis konten yang tepat di situs web Anda. Misalnya, jika deskripsi Meta Tag Anda tentang halaman web memiliki kata kunci tertentu, maka setiap kali kata kunci itu dicari, mesin pencari akan menampilkan halaman web Anda di hasil pencarian. Ada 6 jenis Meta Tag dalam SEO.

Meta Tag Penting dalam SEO

Judul Meta

Hal pertama yang dilihat pengguna di halaman hasil mesin pencari (SERP) adalah judul meta. Seperti namanya, judul meta adalah judul utama halaman Anda. Berikut adalah praktik terbaik yang dapat Anda ikuti untuk menulis judul meta:

Tulis judul meta yang unik

Jaga agar judul meta tetap singkat dan deskriptif; batasi panjangnya hingga 50-60 karakter

Deskripsi meta


Deskripsi meta adalah tindak lanjut dari judul meta. Mereka memberikan gambaran lengkap tentang konten di halaman web. Berikut adalah praktik terbaik untuk menulis deskripsi meta:
  • Tulis deskripsi unik
  • Simpan di bawah 160 karakter
  • Sertakan kata kunci target Anda
  • Tag Meta Robot
Meta Robots Tag mengarahkan mesin pencari ke halaman web tertentu di situs web Anda yang perlu diindeks. Oleh karena itu, pengindeksan yang tidak perlu dihindari. Berikut adalah praktik terbaik untuk menulis Meta Robots Tags:

Gunakan Meta Robots Tag untuk memandu mesin pencari tentang bagaimana mereka harus mengakses konten di halaman web Anda.

Pastikan Anda tidak memblokir halaman dengan Meta Robots Tags di robots.txt.

Tag Tajuk

Tag ini digunakan untuk menentukan judul dan subjudul dalam konten halaman web Anda. Ini biasanya terdiri dari tiga jenis—H1, H2, dan H3. Praktik terbaik untuk menulis Tag Header meliputi:
  • Jaga agar tajuk tetap relevan dengan teks
  • Pastikan header dapat dibaca oleh pengguna akhir. Jangan hal-hal dengan kata kunci.
Atribut Gambar Alt

Atribut Gambar Alt mengacu pada proses pengoptimalan gambar, di mana teks alternatif diberikan kepada pengguna yang gambarnya mungkin tidak dimuat. Ini juga membantu mesin pencari dalam mengidentifikasi gambar di halaman web. Berikut adalah praktik terbaik untuk menulis Atribut Gambar Alt:
  • Jelas dengan tag alt gambar
  • Optimalkan gambar untuk Gambar Google
Area Pandang Meta

Meta Viewport membantu browser merender halaman web Anda di perangkat yang berbeda. Misalnya, jika halaman web Anda telah dibuka di komputer dan perangkat seluler, Meta Viewport membantu browser dalam mengatur ukuran tampilan sehingga nyaman untuk menjelajah di kedua perangkat. Ini dianggap sebagai praktik terbaik industri untuk menggunakan Meta Viewport untuk semua halaman web Anda.

Kata Kunci Meta

Meta kata kunci jenis meta tag tertanam dalam kode HTML halaman Web. Kata kunci meta menggambarkan konten situs web secara ringkas dan merupakan indikator penting dari konten situs ke mesin pencari. Kata kunci dalam meta tag SEO dianggap relevan hanya dalam beberapa kasus saat ini. 

Webmaster dapat menyimpan kata kunci meta. Namun, memastikan bahwa kepadatannya tetap masuk akal dan sesuai dengan konten halaman yang sebenarnya adalah suatu keharusan. Sebagai aturan praktis, tidak lebih dari sepuluh kata kunci meta yang akan digunakan. Apa pun yang melebihi ini dapat dianggap oleh mesin telusur sebagai spam atau isian kata kunci, yang tidak akan mendukung situs web Anda.

Jenis konten meta

Anda menggunakan tag meta tipe konten di SEO untuk mendeklarasikan jenis media dan set karakter halaman. Setiap halaman Web harus secara wajib menentukan tag meta tipe konten. Mengecualikan ini dapat memengaruhi cara halaman Anda dirender di browser.

Tag kanonik

Tag kanonik, atau "rel canonical", digunakan untuk menginformasikan mesin pencari bahwa URL tertentu adalah salinan utama dari halaman Web. Menggunakan tag kanonik menghilangkan masalah yang disebabkan karena konten identik atau "duplikat" yang ditemukan di beberapa URL. Tag kanonik menunjukkan kepada mesin telusur versi URL yang ingin diindeks oleh pengembang dalam hasil penelusuran. 

Konten duplikat adalah tema yang kompleks, tetapi ketika mesin pencari merayapi beberapa URL dengan konten yang identik atau sangat mirip, itu dapat menyebabkan masalah SEO. Pertama, jika perayap mesin telusur harus mengarungi konten duplikat yang berlebihan, mereka dapat melewatkan konten unik di halaman Anda. Kedua, duplikasi skala besar melemahkan keaslian halaman, dan oleh karena itu, kemampuan peringkatnya. Bahkan jika konten berhasil diberi peringkat, mesin pencari dapat memilih URL yang salah sebagai URL “asli”. Menggunakan tag kanonik membantu menghindari kejadian seperti itu dengan mengontrol konten duplikat.

Meta charset

Sederhananya, ketika Anda menyandikan "charset", rangkaian karakter HTML digunakan untuk menentukan pengkodean karakter untuk sebuah dokumen. Spesifikasi HTML5 mendorong pengembang untuk menggunakan set karakter UTF-8, yang terdiri dari hampir semua karakter dan simbol yang ada di dunia. Atribut charset dapat diganti menggunakan "lang" atau atribut bahasa dari elemen apa pun.

Pengalihan penyegaran meta

Pengalihan penyegaran meta mengacu pada pengalihan sisi klien. Berlawanan dengan pengalihan 301 dan 302 pada server Web, pengalihan meta refresh memerintahkan browser Web untuk "mengalihkan" ke halaman Web yang berbeda setelah jangka waktu tertentu, katakanlah, beberapa detik. Ini biasanya dikaitkan dengan hitungan mundur lima detik dan teks "Jika Anda tidak dialihkan dalam 5 detik, klik di sini."

Tag tidak mengikuti

Tag nofollow adalah bagian dari kode HTML dasar. Perpanjangan hyperlink membantu Webmaster mengontrol apakah mesin telusur harus mengikuti tautan atau tidak. Penambahan tautan nofollow mengarahkan mesin pencari untuk TIDAK mengunjungi situs yang disebutkan atau mengkreditnya untuk meningkatkan peringkat situs berdasarkan tautan.

markup skema

Bagi mereka yang ingin lebih memahami apa itu markup skema, ini adalah jenis microdata. Setelah dikodekan ke halaman web, markup skema memberikan deskripsi yang disempurnakan yang dikenal sebagai cuplikan kaya yang muncul di halaman hasil pencarian. Ini membutuhkan konteks yang akurat ke halaman yang ambigu.

Tag media sosial

Tag meta sosial mengontrol cara konten Anda muncul di umpan. Dianjurkan untuk menggunakan tag media sosial daripada membiarkan saluran atau platform media sosial menghasilkan tajuk utama, deskripsi, atau gambar untuk posting Anda. Ini berfungsi untuk Facebook, Twitter, LinkedIn, dan platform media sosial populer lainnya. Tag utama adalah:
  • Og: judul
  • Og: url
  • Og: deskripsi
  • Og: gambar
Kesimpulan

Memanfaatkan potensi penuh dari meta tag hanya mungkin melalui keahlian berkelanjutan dalam domain SEO. Oleh karena itu, untuk membuat peringkat halaman web Anda lebih tinggi, menjadi SEO yang sehat, dan dioptimalkan, manfaatkan layanan Infidigit, sebuah perusahaan SEO di Mumbai yang menawarkan layanan SEO profesional untuk meningkatkan peringkat dan jangkauan situs web Anda di web.