Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Alami Mengusir Nyamuk, Langsung Hilang dan Sudah Terbukti

Cara Alami Mengusir Nyamuk, Langsung Hilang dan Sudah Terbukti. Nyamuk merupakan serangga yang dianggap paling merepotkan manusia. Selain gatal dan kemerahan pada kulit, ada beberapa jenis yang bisa menyebabkan penyakit serius. Misalnya, Aedes aegypti dapat menyebabkan demam berdarah, dan nyamuk Anopheles dan parasit Plasmodium dapat menyebabkan malaria. 
https://www.juragandesa.net/2022/01/cara-alami-mengusir-nyamuk-langsung.html


Untuk melakukan ini, Anda harus menghindari menyentuh kulit. Rangkuman dari Alodokter, Bobogrid, dan Tempo, jika bingung dengan produk lotion, Anda bisa memilih enam bahan alami pencegah gigitan nyamuk berikut ini:

Cara Alami Mengusir Nyamuk, Langsung Hilang dan Sudah Terbukti

 1. Kulit jeruk

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa kulit jeruk efektif dalam mengusir nyamuk. Tak heran jika banyak produk lotion anti serangga yang menggunakan bahan yang satu ini.

Ini karena kulit jeruk mengandung limonene, yang tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu, bahan-bahan alami tersebut dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi seringnya serangan serangga menjelang tidur. Jadi, setelah makan jeruk, Anda bisa mengusir nyamuk dan menjaga kulitnya agar terhindar dari gatal-gatal. 

2. Bunga lavender

Lavender juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan losion pengusir nyamuk. Bunga ini memiliki tandan kecil dan berwarna ungu. Asal tanaman ini adalah di Mediterania Selatan, Afrika dan India. Bunga lavender menghasilkan minyak esensial dengan aroma unik yang disukai orang. Namun pada kenyataannya, aroma wanginya tidak disukai oleh nyamuk dan berbagai serangga lainnya.

Oleh karena itu, lavender berfungsi sebagai pengusir nyamuk dan juga merupakan bahan alami yang melindungi Anda dari gigitan. 

3. Daun serai

Daun serai biasa digunakan untuk menambah rasa dan aroma pada berbagai menu masakan. Keunggulan lain dari daun ini adalah juga dapat menjadi pengusir nyamuk, apalagi jika diolah menjadi minyak. Minyak daun serai setara dengan kandungan DEET dari losion pengusir nyamuk komersial. 

Hal ini tentunya sangat efektif untuk menghindari gigitan nyamuk yang bisa menimbulkan rasa gatal. Untuk melindungi kulit Anda dari serangan nyamuk, cukup oleskan minyak daun serai dan itu akan bertahan selama sekitar 2 jam. Kemudian, jika perlu, Anda dapat mengulanginya setelah beberapa saat. 

4. Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya menjadi penyedap rasa untuk berbagai menu dessert, tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Namun, terlebih dahulu harus diolah menjadi minyak atsiri. Menurut sebuah penelitian, minyak kayu manis dapat membasmi nyamuk besar dan telurnya. 

Cara Pembuatan : Campurkan 120 ml air dan 24 tetes minyak lalu kocok hingga merata. Kemudian Anda bisa menyemprotkan campuran tersebut pada pakaian, tanaman dan ruangan yang sering didatangi nyamuk. Minyak ini bisa dioleskan ke kulit, tapi hati-hati karena bisa menyebabkan iritasi. 

5. Kedelai

Tidak hanya sebagai bahan baku seperti tahu dan tempe, kedelai juga bisa diolah menjadi minyak. Fitur ini dapat menjauhkan Anda dari serangan nyamuk, terutama serangan nyamuk Anopheles.

Minyak kedelai memberikan perlindungan lebih lama dan dapat digunakan dengan sangat aman pada kulit anak-anak. Cobalah!


6. Lemon eucalyptus

Nama Lemon Eucalyptus mungkin terdengar asing, namun pada kenyataannya minyak yang mengandung bahan ini dapat mencegah gigitan nyamuk. Hebatnya lagi, minyak ini lebih panjang dari minyak lainnya, yang berarti dapat melindungi kulit Anda selama 3 jam. Namun, perlu diketahui bahwa minyak lemon eucalyptus tidak dapat digunakan oleh anak-anak di bawah usia tiga tahun. Jangan lupa ya..

Demikianlah artikel singkat tentang Cara Alami Mengusir Nyamuk, Langsung Hilang dan Sudah Terbukti. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.net