Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengajar Anak Mengaji Iqro

Cara Mengajar Anak Mengaji IqroAjaran amalan dalam Islam atau tata cara beribadah harus diamalkan sejak dini. Hal ini karena di masa kecil, anak-anak seperti spons yang dapat menyerap semua pembelajaran.

Salah satu ritual penting yang harus diajarkan oleh setiap orang tua kepada anak-anaknya adalah Al-Qur’an. anda bisa mengajari si kecil membaca Iqro dulu.

Iqro seringkali lebih mudah dipahami karena cenderung lebih mudah dibaca. Namun tetap diperlukan cara khusus agar anak dapat membaca huruf arab dengan baik.

Sebagai panduan, berikut ini merupakan  
Cara Mengajar Anak Mengaji Iqro:
Cara Mengajarkan Anak Belajar Mengaji Iqro Dengan Cepat · 1. Ajarkan Sendiri atau Bersama Guru Ngaji · 2. Diulang Setiap Hari · 3. Ikut TPA · 4. Belajar Bersama

1. Perkenalkan huruf hijaya dengan cara yang menyenangkan

Anak-anak menyukai sesuatu yang dimulai dengan kesenangan. Jadi kamu harus mengenalkan huruf hijaya dengan cara yang menyenangkan.

Misalnya, menggunakan gambar pembajak berwarna berbeda. Kemudian tempelkan di dinding kamar atau di ruang bermain agar anak-anak dapat dengan mudah mempelajarinya.

Bangun juga silaturahmi secara bertahap tentang pentingnya membaca atau membaca Iqro.

Setelah Anda mengetahui semua ini, si kecil Anda akan semakin bersemangat untuk belajar.

2. Ulangi huruf hijjah setiap hari

Seringkali anak-anak perlu belajar sesuatu berulang-ulang. Untuk itu, ibu harus mengulang setiap langkah agar si kecil bisa membaca dengan mudah.

Buatlah program khusus belajar Ekron atau membaca huruf Hijaja dengan memanfaatkan waktu bermain anak.

Misalnya, tiba-tiba menunjukkan huruf hijaya dan meminta anak untuk menebak. Lakukan setiap hari.

3. Gunakan kata-kata khusus saat belajar

Kata khusus yang digunakan dalam hal ini adalah mengganti bunyi huruf hijjah dengan kata benda atau kata kerja. Misalnya huruf A diubah menjadi awan, huruf b diubah menjadi balon, atau huruf T diubah menjadi tali.

Ibu juga bisa menggunakan gambar sesuai deskripsi.

Penggunaan kata-kata atau kata ganti di setiap pembajak membantu anak-anak lebih fokus dan mengingat lebih mudah. Ketika anak belajar membaca Al-Qur’an, ibu mungkin mengingatnya dengan kata-kata atau kata-kata.

4. Buat strategi belajar yang menyenangkan untuk anak-anak


Cara belajar yang menyenangkan akan membuat anak lebih bahagia, lho. Jadi belajar membaca Iqro akan menyenangkan bagi anak-anak yang biasanya serius atau keras kepala.

Ibu bisa mengajari anak Al-Qur’an menggunakan metode tanya jawab. Dengan menunjukkan huruf Hijaya dan menanyakan bagaimana cara memanggil si kecil. Ulangi beberapa kali, koreksi jawaban yang salah dan hadiahi jawaban yang benar.

Lihat dan coba berbagai strategi belajar sampai Anda menemukan yang paling cocok dan nyaman untuk anak Anda.

5. Memanfaatkan teknologi untuk belajar Al-Qur’an

Ketersediaan teknologi memudahkan mereka untuk mendukung berbagai aktivitas. Tidak ada perbedaan dalam pendidikan anak. Ibu bisa menggunakannya. widget Untuk mengajarkan membaca Eko kepada anak-anak kecil.

Misalnya dengan mengklik aplikasi icro digital dengan berbagai contoh menakjubkan untuk membantu anak-anak belajar alfabet Hijaya dengan cara yang menyenangkan. Dalam aplikasi terdapat beberapa pilihan boneka untuk meningkatkan kemampuan membaca anak, 

Ada juga banyak video pendidikan di Internet tentang hija. Dengan ilustrasi dan iringan favorit anak-anak.

Namun, tetap membantu ketika anak-anak menggunakannya widget, Iya. Beri juga anak batas waktu untuk bergantung.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajari anaknya membaca Iqro, yang bisa dilakukan di rumah bersama anak kecilnya. Semoga bermanfaat buat Bunda.