Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download Juknis PPDB RA MI MTs MA Tahun Pelajaran 2022/2023

Juknis atau petunjuk teknis tentang PPDB RA MI MTs MA Tahun 2O22/2O23 sudah diatur melalui Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendis Kemenag dengan Nomor 1 Tahun 2O22 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan penerimaan Peserta Didik Baru pada Madrasah Tahun Pelajaran 2O22/2O23.
Juknis PPDB RA MI MTs MA Tahun Pelajaran 2O22/2O23


Juknis atau petunjuk teknis Penerimaan peserta didik baru (PPDB) Madrasah Tahun 2O22/2O23 ini merupakan pedoman teknis bagi satuan pendidikan madrasah jenjang RA MI MTs dan MA/MAK dalam melaksanakan penerimaan siswa baru pada tahun ajaran baru.

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) menjadi momentum bagi setiap madrasah untuk melakukan rekrutmen peserta didik sebanyak-banyaknya sebagai upaya untuk tetap menjaga eksistensi serta meningkatkan kualitas pendidikan.

Untuk melaksanakan melaksanakan penerimaan siswa baru pada tahun ajaran baru, diperlukan adanya aturan teknis sebagai landasan dan pedoman pelaksanaan penerimaan siswa baru madrasah.

Penerimaan peserta didik baru (PPDB) madrasah tahun ini dilaksanakan secara daring (online) ataupun luring, madrasah dapat memilih 2 metode tersebut dalam melaksanakan kegiatan PPDB Madrasah.

Selain kondisi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, juga kemajuan perkembangan teknologi informasi menuntut madrasah juga ikut menyesuaikan dengan menggunakan metode PPDB yang mudah namun tetap efektif, efisien, serta mencapai tujuan yang diharapkan.

Berikut ini merupakan Jadwal PPDB RA MI MTs dan MA/MAK TP. 2O22/2O23
  • Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Madrasah jenjang RA, MI, MTs, dan MA/MAK baik Negeri maupun swasta adalah sebagai berikut:
  • Jadwal Penerimaan peserta didik baru (PPDB) MAN Insan Cendekia (MAN-IC), MAN Program Keagamaan, MAK Negeri (MAKN) dilaksanakan pada bulan januari s/d maret secara online/daring dengan rincian 1). Pelaksanaan Tes 26-27 Feruari 2O22; 2). Pengumuman SNPDB 16 Maret 2O22.
  • Jadwal Penerimaan peserta didik baru (PPDB) bagi MTs dan MA berasrama dilaksanakan pada rentang bulan Maret s/d Mei 2O22 dengan mekanisme yang diatur secara mandiri oleh satuan pendidikan madrasah.
  • Jadwal Penerimaan peserta didik baru (PPDB) bagi RA, MI, MTs, dan MA selain jenis madrasah diatas dilaksanakan pada rentang waktu bulan Maret s/d Juli Tahun 2O22.
Jadwal diatas merupakan rentang waktu yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pendis Kementerian Agama dengan mekanisme yang diatur secara mandiri oleh madrasah kecuali bagi MAN Insan Cendekia (MAN-IC), MAN Program Keagamaan, MAK Negeri (MAKN) yang diatur melalui Juknis yang dapat diunduh disini: DOWNLOAD Juknis SPNDB TP. 2O22/2O23. DOWNLOAD DISINI

Download Lengkap Juknis Penerimaan peserta didik baru (PPDB) Madrasah Tahun Pelajaran 2O22/2O23

Selain jadwal pelaksanaan, Juknis Juknis PPDB RA MI MTs MA Tahun Pelajaran 2O22/2O23 juga mengatur terkait persyaratan calon peserta didik baru, tata cara seleksi, kebijakan afirmatif, teknis daftar ulang, dan pembiayaan pelaksanaan PPDB Madrasah.

Selengkapnya silahkan Bapak/Ibu unduh Juknis PPDB RA MI MTs MA Tahun Pelajaran 2O22/2O23. DOWNLOAD DISINI