Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makalah Pemasaran Jasa Lengkap

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Makalah Pemasaran Jasa Lengkap

Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan jasa atau barang memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mendapatkan keuntungan. Perusahaan juga berkeinginan memberikan kepuasaan produk bagi konsumen. Sebagai tolak ukur keberhasilan dan kualitas produk yang dihasilkan.

Berkaitan dengan aktivitas perusahaan, maka setiap perusahaan pasti akan melakukan kegiatan pemasaran produk. Dimana pemasaran adalah proses yang dilakukan agar penyaluran produk dari penjual ke konsumen akhir berjalan lancar.

Produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan pasti membutuhkan pemasaran karena tidak mungkin bisa mencari sendiri konsumen atau pembeli. Dalam kegiatan pemasaran, penjual atau produsen sangat membutuhkan konsumen sebagai pembeli produk-produk tersebut.

Dengan demikian, konsumen adalah sasaran utama produk perusahaan yang harus diberikan informasi mengenai sebuah produk. Agar pemasaran produk berjalan lancar maka dibutuhkan strategi dan trik yang tepat.

Bila sebuah perusahaan kurang peka pada kebutuhan konsumen maka bisa dipastikan perusahaan tersebut bisa kehilangan peluang untuk memperoleh konsumen sehingga produk yang dihasilkan juga akan sia-sia.

Selain itu pemasaran adalah ilmu ekonomi yang sudah lama berkembang sampai saat ini sangat berpengaruh besar bagi sebuah perusahaan agar tetap bertahan di tengah persaingan pasar. Perusahaan harus memilih strategi pemasaran yang tepat sebagai penentu keberhasilan pemasaran.

B. Rumusan Masalah
  1. Apakah pengertian pemasaran ?
  2. Apa saja bentuk-bentuk dari saluran pemasaran ?
  3. Bagaimana sikap konsumen di dalam kegiatan pemasaran?
  4. Bagaimana cara pengembangan sebuah produk dengan kebijaksanaan harga?
  5. Bagaimana cara untuk mencapai kepuasan bagi konsumen?

C. Tujuan Makalah
  1. Menjelaskan pengertian pemasaran.
  2. Menjelaskan bentuk-bentuk dari saluran pemasaran.
  3. Menjelaskan sikap konsumen di dalam kegiatan pemasaran.
  4. Menjelaskan cara pengembangan sebuah produk dengan kebijaksanaan harga.
  5. Menjelaskan cara untuk mencapai kepuasan konsumen.

BAB II
PEMBAHASAN


A. Pengertian Pemasaran

Kata pemasaran berasal dari bahasa Inggris yaitu marketing dari kata dasar market yang artinya pasar. Dalam kegiatan pemasaran, jenis produk yang dipasarkan bisa berupa barang maupun jasa. Tetapi pemasaran barang tidak seputar hanya menawarkan saja tetapi lebih luas lagi.

Dalam pemasaran barang juga mencakup kegiatan lain yaitu menjual, membeli, mengangkut, promosi, menyimpan, menyortir dan lain-lain. Kegiatan dalam pemasaran tersebut dalam marketing sering disebut dengan fungsi marketing.

Dari beberapa pendapat yang disampaikan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan kegiatan menyalurkan produk berupa jasa maupun barang dari pihak produsen menuju ke konsumen.

a. Tingkatan Pemasaran

Bila diperhatikan, struktur suatu perusahaan memiliki tingkatan-tingkatan yang mempunyai penekanan berdasarkan tugas masing-masing dalam kegiatan pemasaran. Berikut beberapa struktur tingkatan dalam pemasaran sebuah perusahaan.

Pimpinan Pemasaran merupakan pihak yang bertugas pada penekanan orientasi, analisis struktur pasar, dukungan pelanggan dan pengawasan rantai nilai.

Strategic business unit, pemasaran bertujuan untuk targeting pasar dan segmentasi pasar. Sehingga unit ini harus menekankan karakteristik produk dan kebutuhan konsumen.

Tingkat operasional yang menjadikan petugas harus melakukan berbagai trik marketing yang paling efektif sehingga pemasaran tersebut berhasil mencapai target konsumen dan meningkatkan penjualan sebuah produk.

b. Tujuan Pemasaran

Kegiatan pemasaran memiliki tujuan agar produk yang ditawarkan dapat menarik minat dan perhatian konsumen. Selain itu pemasaran bisa menciptakan citra yang bagus bagi sebuah merek dagang agar konsumen lebih tertarik.

Saat ini kebanyakan kegiatan pemasaran dilakukan melalui internet dan mulai jarang yang memakai iklan cetak. Hal ini merupakan bentuk pendekatan kepada konsumen di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

B. Bentuk Saluran dalam Pemasaran

Saluran pemasaran merupakan lembaga yang berhubungan dalam proses produksi hingga produk siap dipakai. Tanpa adanya saluran distribusi maka masyarakat sulit mendapatkan produk yang dibutuhkan. Sehingga tugas saluran dalam pemasaran yaitu memindahkan produk dari pihak produsen ke konsumen.

Pada kegiatan penyaluran dilakukan melalui beberapa cara yaitu penyaluran langsung ke konsumen, penyaluran semi langsung melalui perantara pedagang ecer dan penyaluran tidak langsung yang memakai perantara tidak hanya satu orang.

C. Sikap Konsumen

1. Dorongan Membeli

Untuk membeli sebuah produk, ada perilaku yang berpengaruh pada konsumen tersebut. Adapun perilaku tersebut bisa dipengaruhi oleh emosional dan rasional. Dorongan membeli oleh konsumen juga disebabkan adanya informasi produk yang jelas dan kebutuhan terhadap produk tersebut.

2. Motif Pembelian

Dalam membeli produk, pembeli mempunyai motif-motif tertentu yang mendorong mereka. Adapun jenis motif-motif tersebut yaitu membeli yang dibutuhkan, memilih barang dan memilih sesuai toko atau tempat tertentu.

3. Kebiasaan Membeli

Merupakan waktu yang dipilih oleh seseorang untuk berbelanja menggunakan uangnya. Umumnya orang Indonesia sering berbelanja banyak ketika awal bulan tepatnya setelah gajian, menjelang lebaran dan akhir pekan.

D. Cara Mengembangkan Produk & Kebijaksanaan Harga

Produk merupakan atribut berwujud dan tidak berwujud yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan konsumen. Sebuah perusahaan harus mengembangkan produk yang sudah ada maupun produk baru untuk menghadapi persaingan.

Pengembangan produk disesuaikan dengan perkembangan zaman, permintaan pasar dan kebutuhan konsumen. Dengan demikian produk tersebut akan terus diminati oleh konsumen meskipun memiliki banyak pesaing.

Sebuah produk pasti memiliki harga jual yang ditetapkan berdasarkan perhitungan biaya yang dibutuhkan selama proses produksi produk tersebut. Dibutuhkan juga kebijaksanaan harga sesuai perkembangan harga pasar maupun perkembangan zaman.

E. Cara Mencapai Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen menjadi hal yang utama bagi sebuah perusahaan. Sebab jika produk perusahaan tersebut tidak bisa memuaskan kebutuhan maupun keinginan konsumen, maka kemungkinan produk tersebut tidak bisa bertahan lama.

Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen maka dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu keluhan pelanggan, memakai peneliti yang berperan menjadi konsumen dan survei melalui berbagai media seperti email, telepon, website dan pos.

Supaya konsumen dapat mencapai kepuasan ketika membeli sebuah produk maka perusahaan perlu melakukan beberapa program diantaranya relation marketing, frequency marketing dan membership marketing.

Melalui beberapa program itulah maka konsumen akan semakin loyal sehingga akan membeli produk secara rutin, merekomendasikan produk pada orang sekitarnya dan menunjukkan kelebihan dari produk tersebut. Sehingga pemasaran produk tidak hanya berjalan lancar tetapi berlangsung terus menerus.


BAB III
PENUTUP



A. Kesimpulan

Pemasaran adalah kegiatan penting sebuah perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya, lebih berkembang serta memperoleh laba. Kegiatan pemasaran dilakukan sejak sebelum produk diproduksi namun tidak berakhir di penjualan.

Dalam kegiatan pemasaran, konsumen harus merasa puas agar produk yang ditawarkan bisa bertahan lama dan terus berjalan. Namun dibutuhkan beberapa upaya agar tingkat kepuasan konsumen tetap terjaga dengan baik.

B. Saran

Dalam kegiatan pemasaran, sebaiknya produk yang dibuat perusahaan selalu memperhatikan selera konsumen, perkembangan zaman dan mencari tahu peluang yang ada. Selain itu perusahaan harus bisa mempertahankan harga dengan tidak menurunkan kualitas produknya.

Demikianlah informasi yang memberitahu Anda tentang pemasaran. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan ketinggalan informasi seputar riset pasar, pemasaran online, pemasaran digital dan lain-lain yang terkait dengannya yang sangat bermanfaat dirisetpasar.id