Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makalah Pemasaran Produk Lengkap

Pemasaran merupakan berbagai tindakan yang dilakukan supaya barang-barang produksi bisa mengalir dengan lancar hingga ke tangan konsumen. Pemasaran dilmulai dari tahap pemenuhan kebutuhan konsumen yang berkembang menjadi keinginan.


BAB I
PENDAHULUAN


Pemasaran merupakan berbagai tindakan yang dilakukan supaya barang-barang produksi bisa mengalir dengan lancar hingga ke tangan konsumen. Pemasaran dilmulai dari tahap pemenuhan kebutuhan konsumen yang berkembang menjadi keinginan.

Proses pemenuhan kebutuhan serta keinginan konsumen menjadi konsep dasar terjadinya pemasaran. Adapun yang termasuk dalam kegiatan pemasaran yaitu diawali dengan pemenuhan produk, menetapkan harga, mengirimkan produk serta promosi produk.

Seorang pemasar juga harus mempunyai dasar pengetahuan prinsip dan konsep pemasaran. Supaya kegiatan pemasaran bisa mencapai sesuai kebutuhan serta keinginan konsumen yang dituju.

Pada pemasaran produk hasil peternakan, ada hubungan dengan peningkatan hasil peternakan. Terdapat juga perbedaan antara pemasaran produk hasil pertanian serta industri. Hal ini yang menjadi dasar pembuatan contoh makalah tentang pemasaran ini.


BAB II
PEMBAHASAN



A. Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah sebuah proses sosial serta manajerial yang dilakukan oleh individu maupun kelompok untuk memperoleh kebutuhan serta keinginan melalui proses jual beli atau pertukaran produk. Pemasaran juga lebih ditekankan pada manajerial yang meliputi perencanaan serta penetapan konsepsi.

Selain itu, juga meliputi promosi, penetapan harga, distribusi gagasan, dan produk berupa barang atau jasa agar menciptakan pertukaran demi kepuasan individu maupun kelompok

B. Kaitan Meningkatkan Produk Peternakan dan Pemasaran

Semakin dekat pasar serta semakin baiknya harga dari produk peternakan maka dapat mendorong semakin meningkatnya 
  • Semangat kerja peternak.
  • Semangat untuk belajar bagi peternak dengan mengikuti kegiatan penyuluhan serta pembinaan dalam bidang peternakan sampai pemakaian teknologi yang tepat guna.
  • Mengelola serta memelihara ternak secara lebih bertanggung jawab.
  • Mengelola peternakan agar mencapai kualitas dan kuantitas.

C. Meningkatnya Produk Petenakan dan Usaha Memenuhi Kebutuhan

Supaya peternak yang ingin lebih meningkatkan hasil produknya tidak mengalami kerugian bila produknya dipasarkan, maka perlu dibekali pengetahuan mengenai pemasaran. Peternak yang mengetahui teknologi pemasaran maka bisa memperoleh :
  • Penyesuaian peningkatan usaha pertanian melalui produk yang dibutuhkan baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
  • Tindakan penyimpangan produk peternakan supaya kualitas hasil produk ternak dapat terpelihara serta bisa memiliki nilai yang wajar ketika dipasarkan.
  • Penghematan proses produksi.
  • Peningkatan kualitas dalam proses produksi.
  • Penjualan kontrak agar lebih menguntungkan peternak.
  • Penjualan serta yang berkaitan dengan konsumsi. Melalui penjualan transit market atau langsung agar semakin menguntungkan.

D. Perbedaan Marketing Produk Hasil Pertanian dan Industri

Terdapat beberapa perbedaan dari pemasaran serta penjualan, antara lain :

Penjualan
  • Ditekankan pada produk.
  • Produk pertama dibuat oleh perusahaan lalu menjualnya.
  • Melakukan rencana yang berorientasi pada jangka pendek dan didasarkan pada produk maupun pasar.
  • Ditekankan untuk kebutuhan penjual.
  • Manajemen yang berdasarkan laba volume penjualan.
Pemasaran
  • Ditekankan pada keinginan serta kebutuhan dari konsumen.
  • Membuat rencana yang orientasinya pada hasil dalam jangka panjang dan produk baru.
  • Perusahaan menentukan keinginan konsumen terlebih dahulu dan mencari solusinya agar produk tersebut bisa memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Bertujuan pada tingkat kepuasan konsumen.
Berdasarkan perbedaan kedua hal tersebut maka bisa disimpulkan bahwa kegiatan penjualan diawali dengan produk yang berakhir pada laba. Sedangkan pemasaran dimulai dengan keinginan konsumen lalu berakhir dengan kepuasan konsumen.

Pemasaran produk hasil peternakan yang berupa produk bersifat primer berbeda dengan hasil olahan industri. Perbedaan tersebut baik secara teknik dan bidang organisasinya. Adanya perbedaan disebabkan oleh sifat-sifat dan proses produksi yang berbeda, berikut uraiannya:

a. Sifat & Proses Produksi Hasil Peternakan

Proses produksi produk peternakan, menggunakan kegiatan yang bersifat hanya mengatur. Supaya bisa bertumbuh serta berkembang dengan hasil yang lebih baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Sifat produksinya adalah inelastic yang berarti tidak bisa diperbesar maupun diperbanyak sesuai kehendak.

Produknya bersifat cepat rusak sehingga upaya peningkatan produk bergantung pasar dan konsumen, kelancaran pemasaran, jarak pasar, jumlah permintaan serta harga yang tercipta.

b. Sifat & Proses Produksi Industri

Produksi dalam bidang industri adalah produksi mekanik yang bisa diperbesar maupun diperkecil. Bisa juga diubah bentuk serta kualitasnya agar produksinya bersifat elastis dan sesuai keinginan pasar.

Biaya eksploitasi dalam produksi industri cenderung besar tapi kebanyakan berada di investasi. Sebab tujuan produksi untuk jangka panjang dan berikutnya dapat menguntungkan produksi jangka pendek.

Kegiatan produksi besar kecilnya atau jangka pendek bergantung pada ketersediaan dana variabel serta pertimbangan pemasaran yang berkaitan dengan tingkat permintaan produk.

Semakin besarnya jumlah produksi dalam jangka pendek maka bisa menurunkan biaya persatuan.

Adanya perbedaan pada sifat serta proses produksi maka pemasaran produk memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Pemasaran produk bidang peternakan sebaiknya menjamin supaya produk tersebut bisa cepat tersalurkan karena sifatnya yang cepat rusak.
  • Pemasaran produk bidang industri meskipun harus menjamin supaya produknya bisa cepat tersalurkan namun masih terdapat jangka waktu. Karena pemasaran dilakukan menggunakan perhitungan serta pertimbangan matang bila permintaan terlalu besar.

Untuk mengalisa permasalahan tata niaga, terdapat 4 pendekatan yang dapat digunakan yaitu :
  • Serba fungsi yang dilakukan dengan penelaahan jasa, perlakuan dan pelaksanaan tindakan selama tahap tata niaga.
  • Serba lembaga yang dilakukan dengan penelaahan dari berbagai lembaga yang dapat membantu memperlancar menyalurkan barang ke konsumen atau pasar.
  • Bermacam-macam barang melalui penelaahan barang-barang.
  • Melalui teori ekonomi dengan penelaan yang dikaitkan dengan asas atau hukum dalam teori ekonomi.

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
  • Pemasaran merupakan segala upaya yang diperlukan supaya produk hasil produksi dapat mengalir dengan lancar hingga ke konsumen.
  • Semakin dekat jarak pasar dan semakin bagusnya harga hasil petenakan maka mendorong semakin meningkatnya semangat peternak, semangat belajar melalui pembinaan maupun penyuluhan, dan pengelolaan peternakan untuk hasil yang lebih berkualitas.
Demikianlah informasi yang memberitahu Anda tentang pemasaran. Ini hanya beberapa keunggulan yang bisa Anda ketahui sebab masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan. Jangan ketinggalan informasi seputar riset pasar, pemasaran online, pemasaran digital dan lain-lain yang terkait dengannya yang sangat bermanfaat dirisetpasar.id