Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MasyaAllah, Penghafal Alquran Asal Mojokerto Ini Lolos Jadi Imam Masjid Besar di Uni Emirat Arab

MasyaAllah, Penghafal Alquran Asal Mojokerto Ini Lolos Jadi Imam Masjid Besar di Uni Emirat Arab
MasyaAllah, Penghafal Alquran Asal Mojokerto Ini Lolos Jadi Imam Masjid Besar di Uni Emirat Arab

Satu lagi pemuda Indonesia mampu membawa harum nama Indonesia. Rahmat Alfian Hidayat pemuda asal Mojokerto terpilih menjadi 1 dari 27 hafiz asal Indonesia yang dipilih menjadi imam Masjid di Uni Emirat Arab( UEA).

Pemuda berusia 27 tahun ini akan berangkat menuju UEA pada Juni 2021. Keberhasilannya menjadi Imam Masjid di UEA berawal dari dirinya yang mendaftar memlaui email ke Kemneterian Agama( Kemenag) pada Oktober 2020.

Mahasiswa Program studi Manajemen Dakwah di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam( STIDKI) Ar Rahmah Surabaya ini kemudian berhasil lolos seleksi dokumen.

Pada Desember 2020, Alfian bersama 204 hafiz yang lolos seleksi dokumen menhalani tes di Jakarta dengan juri dari Kemenag.

Berjalan mulus, Alfian menjadi 1 dari 90 orang yang lolos ke ujian kedua pada Maret 2021. Berbeda dari tes sebelumnya, tes kedua ini penilaian dilakukan langsung oleh Syekh dari Uni Emirat Arab.

Berbagai tes Ia lakoni seperti kefasihan bacaan dan kelancaran hafalan 30 juz Alquran.

Tak temui hambatan, Alfian akhirnya menjadi 1 dari 27 hafiz yang terpilih untuk berangkat ke UEA dan menjadi Imam masjid. Alfian dan 26 hafiz terpilih akan berangkat ke UEA pada bulan Juni 2021.

Keberhasilan Alfian sejatinya tidak mengejutkan, sebab sederet prestasi berhasil dia torehkan. Prestasi yang berhasil Dia torehkan di antaranya:

Juara 1 hafalan Al- Quran dan tafsir bahasa Inggris MTQ ke- 27 Jatim tahun 2017. Dua tahun berselang, Alfian juga menorehkan prestasi yang serupa.

Pada 2020, Sulung dari empat bersaudara ini berhasil jadi juara 3 hafalan Al- Quran 30 juz se- Jatim di Jombang.

Tak hanya itu, dia juga jadi juara 3 Musabaqah Hifdzil Quran( MHQ) Nasional 30 juz di Ponpes Banyuanyar Pamekasan, juara 1 tafsir Bahasa Inggris se- Jatim di Kota Malang tahun 2019, juara MHQ 5 Juz tingkat SMA se- Jatim di UNISMA Malang tahun 2017, juara 2 MHQ 10 Juz ODOJ Jatim tahun 2017.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul “Rahmat Alfian Hidayat, Hafiz asal Mojokerto Terpilih Jadi Imam Masjid di Uni Emirat Arab