Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Yang Aman Dikonsumsi

Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Hipertensi. Tahukah Anda bahwa penderita diabetes tidak bisa makan atau minum sembarangan? Ya, diabetes perlu dipantau secara cermat untuk mengontrol kadar gula darah.

Diet adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah dan mengobati diabetes. Makan buah-buahan, sayur-sayuran dan protein sehat dapat memberikan efek positif pada korban.

Ada banyak menu makanan diabetes yang bisa Anda temukan dengan mudah. Nah, ingin tahu daftar makanan penderita diabetes dan apa saja makanan penderita diabetes? Yuk simak tipsnya di bawah ini.
Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Hipertensi


Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Dan Hipertensi

Hidup dengan diabetes tidak boleh lemah dan putus asa. Penderita diabetes dapat mengatur pola makan dan memilih makanan yang sehat.

Karbohidrat yang mengandung gula dan pati harus ada dalam diet penderita diabetes karena makanan ini meningkatkan gula darah. Nah, di sini Ruangmom menawarkan tips menu makanan gula yang aman.

1. Sayuran berdaun hijau

Diet diabetes yang pertama adalah sayuran hijau. Sayuran berdaun hijau merupakan sumber yang kaya serat, vitamin, mineral dan nutrisi.

Makanan rendah kalori ini memiliki sedikit efek pada gula darah. Sayuran hijau termasuk bayam dan kubis. Kedua sayuran ini kaya akan potasium, vitamin A dan kalsium serta protein dan serat.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa makan sayuran berdaun hijau penting bagi penderita diabetes karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan enzim pencernaan pati. Contoh lain dari sayuran berdaun hijau adalah:
  • Bayam
  • Sawi hijau
  • kubis
  • Kubis
  • Bokchoi
  • Brokoli
Penderita diabetes dapat memasukkan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan mereka, seperti salad atau sup. Anda bisa mencampurnya dengan sumber protein seperti ayam atau tahu.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh mengandung banyak serat dan kaya nutrisi lebih baik daripada biji-bijian putih halus. Makanan tinggi serat bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat memperlambat proses pencernaan. Makan makanan yang seimbang secara bertahap membantu menstabilkan gula darah.

Biji-bijian utuh dan biji-bijian memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah daripada roti putih dan nasi. Ini berarti bahwa makanan berikut memiliki sedikit efek negatif pada gula darah. Beberapa sereal gandum utuh
  • Roti gandum
  • beras merah
  • Pasta gandum utuh
  • Havermut
  • Biji-bijian utuh
3. Ikan berlemak (ikan laut)

Ikan berlemak atau makanan laut adalah makanan sehat untuk diet apa pun. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 yang disebut asam eosinofenat (EPA) dan asam doksorubisin (DHA).

Tubuh manusia membutuhkan sejumlah lemak sehat untuk mempertahankan fungsi tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung dan mental.

American Diabetes Association (ADA) melaporkan bahwa diet tinggi lemak meningkatkan gula darah dan kontrol gula darah pada penderita diabetes. Menu diet ikan berlemak untuk penderita diabetes yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • Ikan salmon
  • Ikan kembung
  • Sardin
  • tuna
Sebagai alternatif asam lemak, penderita diabetes bisa mengonsumsi rumput laut seperti rumput laut dan spirulina.

Anda dapat mencoba mengubahnya dengan memanggang daripada menggoreng ikan dengan lemak jahat. Tambahkan dengan campuran sayuran untuk pilihan makanan yang sehat.

4. Kacang

Diet dengan diabetes juga bergizi. Mereka adalah sumber protein nabati. Kacang tanah rendah GI dan tidak mempengaruhi kadar gula darah.

Kacang almond mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi. Akibatnya, tubuh menyerap lebih cepat dibandingkan jenis karbohidrat lainnya. Makan kacang juga membantu Anda menurunkan berat badan untuk mengontrol gula darah dan kolesterol.

Kedelai adalah contoh diet yang aman bagi penderita diabetes. Makanan ini mengandung zat besi, potasium dan magnesium.

Nah, jika Anda membeli kacang kalengan, pastikan untuk tidak menambahkan garam. Jika tidak, cuci kacang secara menyeluruh untuk menghilangkan kandungan garam yang ditambahkan.

Berikut beberapa contoh buah-buahan lainnya. – Almond – Walt – Kacang Merah – Kacang Mete

5. Buah jeruk

Studi menunjukkan bahwa buah jeruk, seperti jeruk, anggur, dan lemon, memiliki sifat anti-diabetes.

Makan buah jeruk adalah cara yang bagus untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari buah-buahan yang rendah karbohidrat. Serai juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan potasium yang baik.

6. Berry

Buah beri juga bisa dijadikan sebagai pilihan diet diabetes. Buah beri seperti stroberi, blackberry, blueberry, dan raspberry mengandung antioksidan, membuatnya ideal untuk penderita diabetes.

Buah-buahan berikut ini kaya akan vitamin C, vitamin K, mangan, dan potasium sehingga baik untuk mengatasi gula darah tinggi.

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes memiliki tingkat stres oksidatif yang lebih tinggi. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara anti-oksidan dan molekul volatil dalam tubuh yang disebut radikal bebas. Anda bisa menggunakan buah beri untuk sarapan, camilan, atau makanan lunak.

7. Yoghurt

Apakah yogurt salah satu diet yang paling direkomendasikan untuk penderita diabetes? Probiotik adalah bakteri baik yang hidup di usus manusia dan meningkatkan pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

Studi menunjukkan bahwa kombinasi makanan seperti susu dan yogurt tanpa pemanis mencegah diabetes tipe 2. Anda dapat menambahkan buah beri dan kacang ke yogurt untuk sarapan atau makanan penutup yang sehat.

8. Alpukat

Tahukah Anda bahwa alpukat termasuk dalam Diet Diabetes? Ya, alpukat mengandung kurang dari 1 gram gula, sedikit karbohidrat, serat tinggi, dan lemak baik.

Jadi Anda tidak perlu khawatir. Karena alpukat tidak meningkatkan gula darah. Konsumsi alpukat meningkatkan kualitas makanan dan secara signifikan mengurangi berat badan.

9. Telur

Makan telur secara teratur mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi telur dengan diabetes pada orang dengan penyakit jantung.

Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa makan 6 sampai 12 telur seminggu tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Kuning telur lebih banyak dalam kuning telur daripada putih telur.

10. Ubi jalar

Indeks glukosa yang rendah pada ubi jalar membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jika Anda merasa ingin mendapatkan karbohidrat tetapi tersandung oleh penyakit diabetes, ubi jalar bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Makanan Pantangan Bagi Penderita diabetes

Salah satu cara untuk mengatasi diabetes adalah dengan makan makanan yang seimbang. Makanan dengan GI tinggi meningkatkan gula darah.

Saat memilih GII tinggi, batasi asupan makanan dan kombinasikan dengan protein atau lemak baik untuk mengurangi efeknya pada gula darah. Berikut adalah beberapa aturan yang tidak boleh dilanggar dalam diet diabetes.

1. Makanan kaya karbohidrat

Yang jelas, makanan kaya karbohidrat tentu banyak mengandung gula, yang bisa memperburuk diabetes. Oleh karena itu, makanan berikut ini harus dimasukkan dalam Diet Diabetes.

Namun, karbohidrat adalah bagian penting dari semua makanan. Oleh karena itu, penderita diabetes harus membatasi asupan karbohidrat dan menyeimbangkan diet mereka dengan sumber protein dan lemak yang sehat.

2. Buah GI tinggi

Kebanyakan buah memiliki skala GI yang rendah. Tapi tidak dengan melon dan nanas. Kedua buah tersebut memiliki GI yang tinggi. Artinya, semangka dan nanas sedang diet untuk diabetes.

3. Salep Jenuh dan Trans

Lemak jenuh dan lemak trans bisa membuat penderita diabetes merasa lebih buruk. Banyak makanan olahan mengandung lemak jenuh seperti kentang goreng, keripik dan makanan yang dipanggang. Jadi, Moms, jauhi makanan diabetes berikut ini.

4. Gula halus

Diet diabetes berikutnya adalah gula yang diperkaya. Penderita diabetes harus membatasi dan bahkan menghindari gula rafinasi sebanyak mungkin, seperti yang ada di toko atau biskuit buatan sendiri, kue, permen atau donat.

American Heart Association merekomendasikan maksimal 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk pria. Tapi ini tidak berlaku untuk gula alami dari makanan seperti gula dalam buah-buahan.

5. Minuman manis

Minuman tinggi gula, seperti minuman energi, kopi, dan produk susu, termasuk dalam diet penderita diabetes karena merusak kadar insulin.

6. Kopi cepat saji

Diakui, kopi selalu dikaitkan dengan masalah kesehatan. Apalagi kopi instan sering disajikan dalam bentuk sabun atau penyedap rasa.

Tahukah Anda bahwa secangkir kopi mengandung 16 ons atau setara dengan 30-57 gram karbohidrat? Oleh karena itu, untuk mengontrol gula darah Anda, yang terbaik adalah memilih kopi dengan sedikit atau tanpa gula.

7. kentang goreng

Jenis diet diabetes yang terakhir adalah gorengan. Adakah ibu-ibu yang tidak suka memanggang? Camilan ini disukai oleh tua dan muda.

Namun, jika Anda menderita diabetes, Anda harus menghindari memasak kentang goreng terlalu lama. Kentang mengandung karbohidrat yang tinggi. Satu kentang ukuran sedang mengandung 38,4 gram karbohidrat.

Apalagi jika digoreng dengan minyak sayur, kentang bisa menambah jumlah gula dalam tubuh. Sejumlah penelitian telah mengaitkan kentang goreng dengan risiko penyakit jantung dan kanker. Jadi demi kesehatan Anda, hindari makanan berikut ini.

Itulah daftar aman penderita diabetes dan daftar makanan untuk penderita diabetes yang harus dihindari agar gula darahnya meningkat.

Memang sulit menahan godaan makanan manis, namun ibu harus bijak dalam memilih makanan. Sehat selalu!