Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian Alquran Menurut Bahasa dan IstilahPengertian Al Quran sesuai bahasa adalah bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, pengertian Al Quran yaitu kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.

Al Quran diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril yang dihimpun dalam mushaf yang merupakan mukjizat Nabi Muhammad.
Al Quran adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertakwa


Memahami Al-Qur'an secara umum

Secara umum Al-Qur'an dapat diartikan sebagai kitab terpenting dalam Islam yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad ل الل ليሂ لم, yang terbagi dalam beberapa bab (surah) dan setiap suratnya dibagi menjadi beberapa bagian. beberapa ayat. (Sumber: Wikipedia)

Menurut sebagian ulama, pengertian Al-Qur'an adalah sebagai berikut: 

1. Sheikh Mohammed Kudri

Menurut Syekh Muhammad Kudri Baik, Al-Qur'an adalah kalam Allah Subhanahu wa Ta'ala dalam bahasa Arab, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad ل الل ليሂ لم dan diturunkan kepada umatnya secara mutawatir yang dimulai oleh Mushaf pada tahun Suratul. - Itu berakhir di Fatihah dan Surat-Nass.

2. Muhammad Ali As-Shabuni

Menurut Muhammad Ali al-Shabuni, Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad ل الل لي لم sebagai penutup bagi para Nabi dan Rasul. Mutawatir kami. Belajar dan membaca Al-Qur'an adalah ibadah dan Al-Qur'an dimulai dengan Surat al-Fatihah dan diakhiri dengan Surat An-Nas.

3. dr. Subhi as-Salih

Menurut Dr. Subhi As-Salih, Al-Qur'an adalah kalam Allah Subhanahu wa Ta'ala, mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.

Berdasarkan tafsir Al-Qur'an di atas, dapat disimpulkan bahwa Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh malaikat Jibril dan ditulis dalam bentuk wahyu supranatural Allah Subhanahu wa Ta'ala. Menulis dan membaca adalah ibadah.

Al-Qur'an diturunkan pada setiap tingkatan, yaitu 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari.

Fungsi Al-Qur'an


Fungsi dan peran Al-Qur'an adalah sebagai berikut.

1. Al-Huda (Petunjuk)

Fungsi Al-Qur'an adalah petunjuk tiga kali lipat: petunjuk bagi manusia pada umumnya, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Dikatakan dalam Surat al-Qarah 2 188 dan Surat al-Fussilat 41 44: "Al-Qur'an diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk."

2. Al-Furqon (sebagai pembeda)

Al-Furqan adalah label yang terkait dengan benar dan salah, benar dan salah. Jadi kita bisa tahu mana yang baik dan mana yang benar dalam Al-Qur'an ini karena semuanya dijelaskan dalam Al-Qur'an.

3. Sumber utama ajaran Islam

Al-Qur'an dikenal luas karena kebenarannya dan merupakan sumber utama ajaran Islam. Semuanya dijelaskan dalam Al-Qur'an, masalah kemanusiaan pada umumnya serta ibadah, hukum, ekonomi, politik, ekonomi, sosial, budaya, seni dan semua ilmu pengetahuan.

4. Peringatan dan pendidikan bagi umat manusia

Al-Qur'an juga berfungsi sebagai pengingat dan instruksi bagi umat manusia, yang menjelaskan sejarah banyak nabi dan Bani Umayyah kuno. 

Sehingga kita bisa belajar dan mengambil hikmah dari kisah-kisah dalam Al-Qur'an.

5. As Syifa (sebagai penyembuh)

Fungsi Al-Qur'an selanjutnya adalah menyembuhkan berbagai masalah. Penyakit pada manusia tidak hanya mencakup penyakit fisik tetapi juga penyakit hati, emosi dan banyak lagi. Oleh karena itu, Al-Qur'an diturunkan untuk menyembuhkan dan menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah. Kehendak Tuhan.