Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Simak Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI Tahun 2022

Simak Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI Tahun 2022. Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 373,17 triliun. Jumlah ini lebih tinggi dibanding target KUR tahun 2021 sebesar Rp 285 triliun.
Simak Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI Tahun 2022


Pemerintah pun memutuskan untuk mempertahankan suku bunga KUR di level 6 persen. Keputusan ini diambil Pemerintah guna mendukung momentum pemulihan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"KUR dibutuhkan dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi atau PEN pada masa pandemi Covid-19, sehingga sangat diperlukan adanya peningkatan plafon KUR dan kemudahan persyaratan KUR," ujar Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, dalam keterangannya, Kamis (30/12/2021).

Airlangga menyebut, pihaknya menetapkan beberapa perubahan kebijakan KUR, salah satunya plafon minimal KUR. Plafon KUR yang bisa diajukan warga menjadi Rp 10 juta - Rp 100 juta, dari sebelumnya hanya Rp 10 juta - Rp 50 juta. Sementara KUR untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari maksimal Rp 25 juta menjadi maksimal Rp 50 juta.

Di sisi lain, Pemerintah juga mengubah KUR Khusus/Klaster tanpa pembatasan akumulasi plafon KUR untuk sektor produksi non perdagangan, dan mengubah perpanjangan relaksasi kebijakan KUR pada masa pandemi Covid-19.

Dengan relaksasi, pengajuan KUR kecil tanpa pembatasan akumulasi plafon KUR berlaku sampai Tanggal 31 Desember 2022.

Kemudian, pemberian penundaan target sektor produksi sampai dengan Tanggal 31 Desember 2022 atau sesuai pertimbangan Komite, dan pemberian relaksasi administrasi bagi calon debitur KUR pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan penilaian obyektif penyalur KUR.

Masyarakat bisa mengajukan KUR melalui berbagai bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah.

Ajukan KUR BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas KUR. Pasalnya, BRI merupakan bank penyalur KUR paling besar.

Masyarakat dapat mengajukan pinjaman ke BRI KUR tanpa agunan via layanan digital atau bisa diajukan secara online (KUR BRI online).

Fasilitas KUR BRI ini memiliki jangka waktu pinjaman yang fleksibel yakni antara 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan.

Adapun syarat yang diperlukan untuk mengajukan KUR BRI adalah sebagai berikut:

  • Individu (perorangan)
  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal 6 (enam) bulan
  • Menjalankan usahanya di salah satu platform e-commerce (misal Shopee, Tokopedia dll) dan/atau penyedia ride hailing (Gojek atau Grab)
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit
  • Selanjutnya Persyaratan administrasi sebagai berikut: Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha (dapat berupa surat keterangan yang diterbitkan oleh e-commerce atau ride hailing).
Adapun prosedur pengajuan KUR BRI online adalah sebagai berikut:
  • Buka laman kur.bri.co.id
  • Pilih "Ajukan Pinjaman"
  • Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun Namun, jika belum memiliki akun di laman tersebut bisa memilih " Daftar"
  • Baca pernyataan yang diberikan oleh BRI dan klik "Setuju"
  • Isi formulir pengajuan yang diberikan oleh BRI secara online seperti tentang profil calon nasabah, profil usaha, unggah dokumen, dan data pengajuan
Demikianlah informasi tentang prosedur dan syarat pengajuan KUR BRI atau BRI KUR secara online (KUR BRI online). Semoga bermanfaat. Salam Juragandesa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Plafon Tahun Depan Naik, Simak Syarat dan Cara Ajukan KUR BRI",