Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menguasai Kelas yang Jitu Bagi Seorang Guru

Tips Menguasai Kelas yang Jitu Bagi Seorang GuruKami setuju bahwa efektivitas kelas akan memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pendidikan. Kualitas pembelajarannya bagus dan hasilnya sangat bagus. Namun, di dalam kelas, terdapat perbedaan karakteristik siswa yang tidak sama. Jadi membuat pembelajaran di kelas bukanlah tugas yang mudah. Lalu, apa saja tips untuk mengontrol class yang powerful? Yuk baca pembahasannya di sini!

Beberapa Tips Menguasai Kelas yang Jitu Bagi Seorang Guru
Tips Menguasai Kelas yang Jitu Bagi Seorang Guru

Gaya mengajar dan fokus adalah kunci untuk mengajar seorang guru. Perhatian penuh serta fokus pada siswa selama mengajar merupakan langkah kuat bagi guru untuk menghindari dan mengatasi masalah yang mungkin timbul selama kegiatan belajar mengajar.

Ngomong-ngomong, di dalam kelas pasti ada siswa yang nakal, pendiam, ribut, dan lainnya. Semua kondisi kelas tersebut memerlukan penanganan yang tepat agar lebih tertib. Karena jika hal ini diabaikan maka akan menghambat kegiatan belajar. Nah, bagi para guru yang kesulitan mengontrol kelas, berikut beberapa tips mengontrol kelas yang bisa Anda lakukan.

1. Persiapan mental dan fisik

Kunci untuk mengendalikan kelas adalah pengetahuan materi. Ada peluang untuk perilaku buruk siswa di kelas. Guru sering membaca dan melihat materi pelajaran, kemudian mengalihkan perhatian guru kepada siswa.

Rasa mengajar tidak kalah pentingnya dengan materi. Naluri guru adalah untuk melihat ke depan dan bersemangat untuk mengajar. Keterampilan materi dan keterampilan mengajar yang baik memudahkan guru untuk mengontrol kelas.

2. Metode pengajaran

Setiap guru memiliki gaya mengajar yang unik. Gaya mengajarnya bersifat natural (non artifisial). Seiring dengan praktik, metode pengajaran menjadi semakin menarik bagi siswa karena dapat lebih lengkap dan lebih baik.

Cara berbicara, berbicara dan bertindak adalah gaya mengajar. Berbicara dalam berbagai nada dan nada menarik perhatian siswa. Selain itu, ekspresi saat berbicara, seperti gerak tubuh dan ekspresi wajah saat mengajar.

Ekspresi wajah yang penuh kasih dan senyuman adalah cara yang pasti untuk mengontrol ruangan. Karena guru meyakinkan siswa bahwa dia percaya diri dan suka mengajar.

Gaya mengajar yang humoris umumnya disukai banyak siswa. Terkadang subjeknya kompleks atau sulit tetapi dengan cara yang lucu siswa dapat diajak untuk mencoba dan belajar tentang subjek tersebut.

3. Perhatian umum dan beragam

Kiat-kiat untuk mengendalikan kelas berikutnya, yaitu ketika guru mengajar, harus lebih diperhatikan daripada hanya siswa tertentu. Mata guru itu mengedarkan pandangan ke sekeliling ruangan. Jadi ketika dia berbicara, siswa merasa seolah-olah guru sedang berbicara dengan siswa. Dengan perhatian semua siswa, suasana di dalam kelas terkendali dengan baik.

Terkadang ada guru yang memiliki pengalaman menonton di luar kelas. Hal ini membuat siswa merasa kurang dihargai. Siswa juga mungkin beranggapan bahwa guru tidak serius dalam mengajar.

4. Membaca dan memahami situasi siswa

Penting juga untuk membaca dan memahami situasi siswa. Kecuali catatan guru dan metode pengajaran diatur, sebisa mungkin bahan ajar tidak akan mampu menguasai siswa di dalam kelas.

Jika guru dapat membaca dan memahami perilaku, bakat dan kemampuan siswa, maka kelas dapat berjalan dengan lancar.