Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Buku Panduan Guru Kurikulum Sekolah Penggerak Kelas 10 SMA IPA

Buku panduan guru digunakan untuk memandu guru dalam menggunakan buku siswa, melaksanakan pembelajaran, dan sumber-sumber pendukung dalam proses pembelajaran.

Buku ini dirancang untuk mempermudah guru melaksanakan proses pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai fitur pada buku siswa. Buku ini terdiri dari panduan umum dan panduan khusus.

Pada hakekatnya IPA yang mencakup Fisika, Kimia dan Biologi mencakup produk dan proses. Produk yang dimaksud adalah pengetahuan tentang sains itu sendiri. Fisika berkaitan dengan materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, serta gaya dan energi.

Biologi berkaitan dengan makhluk hidup dan segala bioproses yang terjadi, sedangkan kimia berkaitan dengan susunan, struktur, sifat dan perubahan materi. Topik-topik yang dipelajari pada IPA kelas X adalah materi yang berkaitan dengan permasalahan kehidupan untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan serta pengetahuan yang bersifat kekinian untuk menarik minat dan kecintaan terhadap IPA. Sedangkan proses mencakup keterampilan proses sains dalam mendapatkan pengetahuan itu sendiri.



Melalui pembelajaran IPA, peserta didik dilatih memecahkan masalah kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan materi IPA. Hal ini penting untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi hidupnya di masa kini dan masa depan. Selama proses pembelajaran sains peserta didik melakukan aktivitas kerja ilmiah sehingga akan berkembang keterampilan ilmiah, sikap ilmiah dan Profil Pelajar Pancasila. Selain itu, pembelajaran IPA di kelas X jenjang SMA juga memberikan keterampilan dan pemahaman yang berguna dalam lingkup yang luas dan untuk pembelajaran selanjutnya di SMA kelas XI dan XII.

Bab 1 Pengukuran dalam Kerja Ilmiah

Bab 2 Virus dan Peranannya

Bab 3 Kimia Hijau dalam Pembangunan Berkelanjutan 2030

Bab 4 Hukum Dasar Kimia di Sekitar Kita

Bab 5 Struktur Atom – Keunggulan Nanomaterial

Bab 6 Energi Terbarukan

Bab 7 Keanekaragaman Makhluk Hidup, Interaksi, dan Peranannya di Alam

Bab 8 Pemanasan Global: Konsep dan Solusi