Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BLT Rp2,4 Juta Mulai disalurkan 22 Februari 2022, Cek Daftar Penerima

Pelaku UMKM dapat BLT Rp2,4 juta mulai 22 Februari 2O22, tak usah tanya kapan cair. Cek daftar penerima bukan di link Banpres BPUM BRI dan BNI.
https://www.juragandesa.net/2022/02/pelaku-umkm-dapat-blt-rp24-juta-mulai.html


Banpres BPUM, diketahui merupakan program bantuan Pemerintah kepada UMKM agar bisa bertahan di tengah hantaman pandemi COVID-19, berjalan sejak tahun 2O2O lalu.

Pada tahun 2O2O, besaran BLT UMKM yang diberikan Kemenkop UKM ke pelaku usaha mikro sebesar Rp2.4OO.OOO,. Pencairan Banpres BPUM itu dilakukan melalui Bank BRI.

Lalu di tahun 2O21, Banpres BPUM yang disalurkan oleh Kemenkop UKM turun menjadi Rp1.2OO.OOO,. Penyaluran BLT itu dilakan melalui 2 bank, yakni BRI dan BNI.

Untuk cek daftar penerima Banpres BPUM dari Kemenkop UKM, UMKM bisa cek 2 situs BLT, BRI yaitu eform.bri.co.id dan BNI banpresbpum.id.

Namun di tahun 2O22 ini, Pemerintah masih belum memastikan apakah BPUM akan dilanjut atau tidak. BLT UMKM sendiri tak masuk dalam program yang dibiayai APBN.

Adapun pada tahun 2O22, terdapat beberapa bantuan sosial lain yang diberikan kepada pihak yang membutuhkan, salah satunya karyawan.

Salah satu bansos yang memungkinkan untuk didapat oleh karyawan, yakni BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai. Dalam program ini, penerima dapat Rp2.4OO.OOO,.

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai sendiri merupakan program Kemensos yang bertujuan untuk menciptakan ketahanan pangan masyarakat miskin lewat bansos sembako.

Apabila masuk dalam daftar penerima BPNT, masyarakat miskin akan dapat bansos sembako sebesar Rp2OO ribu per bulan atau Rp2.4OO.OOO,. dalam setahun.

Masyarakat yang memperoleh bansos sembako sendiri akan mendapatkan kartu BPNT Kemensos yang diterbitkan oleh bank BUMN, mulai Bank Mandiri hingga Bank BNI.

Bansos sembako yang diperoleh masyarakat miskin tersebut dapat ditukarkan dengan bahan pokok di warung yang sebelumnya ditunjuk salurkan BPNT, bernama e-warong.

Untuk cek daftar penerima BPNT, masyarakat miskin bisa cek di 2 situs yang disediakan oleh Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id dan dtks.kemensos.go.id.

Apabila belum terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT, warga miskin bisa mendaftarkan diri secara online melalui aplikasi Cek Bansos.
  • Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store
  • Jika belum memiliki akun, daftar terlebih dahulu membuat user id memakai data diri lengkap seperti KTP, KK dan foto selfie
  • Jika akun selesai dibuat, login kembali ke aplikasi Cek Bansos memakai user id dan password
  • Setelah itu akan muncul menu Profil, Cek Bansos, Tanggapan Kelayakan, dan Daftar Usulan
  • Jika ingin daftar bisa klik menu Daftar Usulan
  • Daftar calon penerima Bansos PKH dengan mengisikan data diri lengkap, lengkap dengan foto selfie dan foto rumah
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan, BPNT akan mulai disalurkan PT Pos mulai 22 Februari 2O22.

“Bansos yang dikelola Kemensos yaitu Program Sembako dan PKH juga harus dipastikan agar diterima masyarakat sebelum bulan Maret 2O22," ucapnya dikutip dari laman resmi Kemenko PMK.

Demikian penjelasan pelaku UMKM dapat BLT Rp2,4 juta mulai 22 Februari 2O22, tak usah tanya kapan cair. Cek daftar penerima bukan di link Banpres BPUM BRI dan BNI.

Artikel ini Telah Tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Pelaku UMKM Dapat BLT Rp2,4 Juta Mulai 22 Februari 2O22, Cek Daftar Penerima Bukan di Link Banpres BPUM BRI"