Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru, Siswa dan Operator

Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru. Belajar.id yang dirilis oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi adalah akun pembelajaraan yang dapat digunakan untuk mengakses banyak aplikasi pembelajaran.

Belajar.id dapat diakses oleh pelajar, guru, hingga tenaga pendidikan dari berbagai tingkat sekolah mulai PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, sampai Kesetaraan, dan pamong belajar.

Dengan mengakses belajar.id, semua orang bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Di antaranya adalah mengakses platform Kemdikbudristek dan beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka maupun jarak jauh.
CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR.ID BAGI GURU

CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR.ID

Sebelum mengakses belajar.id, Kamu perlu mendapatkan akun terlebih dahulu. Berikut ini adalah panduan untuk cara membuat akun Belajar.id bagi pelajar:

CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR.ID BAGI PELAJAR
  • Silakan Bapak/Ibu Buka halaman https://belajar.id/
  • Silakan Bapak/Ibu Masukkan data-data berikut: Nama Lengkap Nama Ibu Kandung Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik Tanggal Lahir Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)
  • Silakan Bapak/Ibu Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran” Kamu akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum.
Berikut beberapa kondisi yang mungkin Kamu temui:

1. Akun tersedia dan sudah aktif

Apabila akun Kamu tersedia dan sudah aktif, ini artinya Kamu sudah bisa menggunakan Akun Pembelajaran Kamu untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran.

2. Akun tersedia, namun belum aktif


Apabila akun Kamu tersedia namun belum aktif, silakan ikuti langkah berikut:

Kirim detail akun ke email pribadi apabila belum pernah mendapatkan password

Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi yang Kamu daftarkan

Apabila setelah beberapa saat detail akun tidak masuk ke email yang Kamu daftarkan, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya" Jika masih mengalami hal yang sama, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Kamu.

3. Akun tidak ditemukan

Apabila akun belum tersedia/tidak ditemukan, silakan pastikan kembali data yang Kamu masukkan pada saat pemeriksaan sudah sesuai.

Jika Akun Pembelajaran tetap tidak ditemukan, silakan lakukan pemeriksaan status Akun Pembelajaran Kamu ke Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Kamu.

Setelah anda berhasil mendapatkan detail Akun Pembelajaran Kamu, silakan melakukan aktivasi dengan mengikuti panduan. (cek panduan disini)

Perlu diketahui, Peserta Didik hanya bisa memiliki satu Akun Pembelajaran sesuai dengan jenjang yang diampu dan terdata di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR.ID BAGI OPERATOR
  • Buka laman pd.data.kemdikbud.go.id,
  • Login Klik tombol "Unduh Akun",
  • pilih "Peserta Didik" atau "PTK" untuk mengunduh file csv berisi nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) untuk pengguna di satuan pendidikan Kamu 
  • Buka file csv yang sudah diunduh, lalu berikan informasi akun (user ID dan password) kepada pengguna yang bersangkutan secara pribadi 
  • Nantinya, operator satuan pendidikan akan membagikan akun belajar.id kepada siswa.
CARA MEMBUAT AKUN BELAJAR.ID BAGI SISWA, GURU
  • Untuk siswa, guru, dan tenaga pendidikan Dapatkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) dari Operator Satuan Pendidikan di sekolah Kamu
  • Silakan Bapak/Ibu Buka halaman mail.google.com, lalu masukkan nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang Kamu dapatkan
  • Kamu akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan akun pembelajaran lalu mengganti akses masuk akun (password)
Selamat! Kamu sudah dapat menggunakan Akun Pembelajaran baru Kamu

CARA MEMERIKSA AKUN PEMBELAJARAN BELAJAR.ID

Kamu juga bisa melakukan cek apakah nama Kamu sudah terdaftar dalam akun pembelajaran dengan cara sebagai berikut:
  • Buka laman belajar.id
  • Masukkan data-data yang dibutuhkan
  • Klik tombol "Periksa Akun Pembelajaran"
  • Nantinya, Kamu akan mendapatkan informasi mengenai ketersediaan akun. Apabila akun sudah tersedia atau aktif, Kamu bisa menggunakannya untuk mengakses berebagai layanan pembelajaran.
Jika akun tersedia tetapi belum aktif, ada beberapa langkah yang harus dilakukan: Kirim detail akun ke email pribadi apabila belum pernah mendapatkan password

Cek akun (User ID) dan kata sandi (password) pada email pribadi yang Kamu daftarkan Apabila setelah beberapa saat detail akun tidak masuk ke email yang Kamu daftarkan, silakan kirim ulang dengan klik kembali "Kirim detail akun ke email pribadi saya"

Jika masih mengalami hal yang sama dalam mendaftar Akun Belajar.id, silakan menghubungi Operator Satuan Pendidikan (Operator Sekolah) di sekolah Kamu.

Apabila Akun Belajar.id belum tersedia atau tidak ditemukan, pastikan kembali data yang dimasukkan sudah sesuai.

Jika Akun Belajar.id tetap tidak ditemukan, harap melakukan pemeriksaan status akun pembelajaran ke operator satuan pendidikan sekolah.

Demikianlah penjelasan tentang Cara Membuat Akun Belajar.id Untuk Guru, Siswa dan Operator. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.net