Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Daftar KIP Kuliah Kemendikbud 2022, Simak Syarat dan Jadwalnya

Berikut ini merupakan informasi tentang syarat daftar KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 bagi siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Simak ketentuan berikut untuk mengetahui teknis pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud 2O22.

Program KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 resmi dibuka kembali. Adapun KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 merupakan program bantuan pendidikan tinggi dari pemerintah untuk siswa dengan prestasi akademik tinggu namun terkendala biaya untuk melanjutkan pendidikan.

Bantuan KIP Kuliah Kemendikbud ini tidak hanya ditujukan untuk siswa yang mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN), tetapi juga mencakup Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Politeknik Negeri.

Berdasarkan infromasi yang dihimpun dari laman itjen.Kemdikbud, masa pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 telah dibuka sejak 2 Februari hingga 31 Oktober 2O22.

Apabila berhasil melakukan pendaftaran dan menjadi salah satu penerima KIP Kuliah Kemendikbud 2O22, kalian akan mendapat beasiswa dengan nominal yang disesuaikan per masing-masing wilayah.
https://www.juragandesa.net/2022/03/daftar-kip-kuliah-kemendikbud-2022.html

SYARAT KIP KULIAH KEMENDIKBUD 2022

Adapun syarat untuk menjadi peserta KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 kalian wajib mengikuti prosedur persyaratan berikut ini:
  • Penerima KIP Kuliah Kemendikbud adalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (Prodi) dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Selain itu, ketentuan keterbatasan ekonomi calon penerima KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 dibuktikan dengan; kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar; berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan; pemegang Kartu Keluarga Sejahtera; mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan; mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

PENDAFTARAN KIP KULIAH KEMENDIKBUD 2022

Jika kriteria tersebut di atas telah terpenuhi, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud 2O22. Adapun teknis pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 adalah sebagai berikut.
  • Para calon mahasiswa melakukan pendaftaran secara mandiri di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Kemudian masukkan nomor data diri seperti NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan masih aktif. Sistem KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  • Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah Kemendikbud 2O22 selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang telah didaftarkan.
  • Kemudian menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri).
  • Selanjutnya, siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  • Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Kemendikbud.
JADWAL PENDAFTARAN KIP KULIAH 2022

Berikut Jadwal pendaftaran KIP Kuliah Kemendikbud 2O22
  • Pendaftaran akun siswa : 2 Februari – 31 Oktober 2O22
  • SNMPN: 7 Februari – 17 Maret 2O22
  • SNMPTN: 13 Februari – 27 Februari 2O22
  • UTBK-SBMPTN: 22 Maret – 14 April 2O22
  • SBMPN: 5 April – 29 Juni 2O22
  • Seleksi Mandiri PTN: 1 Juni – 7 Oktober 2O22
  • Seleksi Mandiri PTS: 8 Juni – 31 Oktober 2O22
Demikianlah informasi terbaru tentang Daftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah 2O22, Simak Syarat dan Jadwalnya. Semoga bermanfaat. Salam juragandesa.net

Artikel ini Telah tayang di www.pikiran-rakyat.com Dengan Judul "Daftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah 2O22, Simak Syarat dan Jadwalnya"