Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabar Gembira!! BNI Beri Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta, ini Syaratnya,

Jakarta - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI tahun ini memberikan kuota Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 32 triliun. Angka ini meningkat Rp 10 triliun dari tahun lalu.

Situs resmi BNI menyebutkan bahwa perusahaan menyampaikan KUR sebagai layanan pinjaman yang diberikan kepada pelaku usaha kecil, usaha mikro, koperasi yang digunakan sebagai modal kerja.

KUR BNI ini dapat memberikan dana pinjaman hingga Rp 500 juta dengan tenor yang dapat disesuaikan dengan penggunaan kredit.

Kabar Gembira!! BNI Beri Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta, ini Syaratnya,

Biasanya, BNI memberikan jangka waktu 3 tahun untuk pinjaman modal kerja dan 5 tahun untuk pinjaman investasi. Bunga yang ditawarkan untuk KUR BNI ini adalah 6 persen.

KUR BNI juga memiliki jenis tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Setidaknya ada empat jenis KUR yang disediakan oleh BNI, yaitu:
  1. KUR Mikro: Diberikan untuk membiayai usaha yang sedang berjalan, Anda bisa meminjam hingga Rp 25 juta dengan tenor 3 tahun.
  2. KUR Ritel: Diberikan untuk pengembangan usaha kepada pengusaha dengan plafon Rp. 25 juta menjadi Rp. 500 juta dengan tenor 5 tahun.
  3. TKI KUR: Khusus diberikan untuk calon TKI yang akan pergi ke luar negeri untuk bekerja, pagunya sampai dengan Rp. 25 juta dengan tenor 3 tahun. Hanya disediakan untuk negara tujuan Singapura, Taiwan, Hongkong, Brunei, Jepang, Korea, dan Malaysia.
  4. KUR TANI : Diberikan kepada petani dengan tenor 5 bulan atau selama masa tanam. Petani padi bisa mendapatkan pinjaman Rp 22 juta dan petani jagung Rp 15 juta.
Persyaratan pengajuan KUR di BNI adalah nasabah telah menjalankan usahanya minimal 6 bulan. Calon debitur juga tidak sedang menerima pinjaman usaha dari bank lain atau sedang tidak menerima pinjaman program pemerintah.

Selain itu, pelanggan harus berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan melengkapi dokumen persyaratan seperti KTA, Kartu Keluarga, fotokopi akta nikah bagi yang sudah menikah.

Calon debitur juga wajib melampirkan dokumen legalitas usaha seperti SIUP, TDP, SITU, HO, atau surat keterangan usaha yang dikeluarkan dari kelurahan/kecamatan. Saat mengajukan KUR di atas Rp50 juta, ia harus menyertakan NPWP.

Nasabah juga harus melampirkan fotokopi bukti kepemilikan tanah, IMB dan PBB, BPKB sebagai jaminan jika permohonan di atas Rp50 juta. Sedangkan bagi yang mengajukan KUR di bawah Rp 50 juta tidak wajib menyertakan bukti kepemilikan sebagai jaminan. Jangka waktu pengembalian kredit maksimal 5 tahun.

Artikel ini telah tayang di bisnis.tempo.co dengan judul artikel” BNI Beri Pinjaman KUR Hingga Rp 500 Juta, Apa Saja Syarat yang Harus Dipenuhi?