Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Konsep Dasar Pemasaran Internet (Internet Marketing)

Apa itu pemasaran online?

Pemasaran online adalah praktik menggunakan saluran berbasis web untuk mengkomunikasikan informasi tentang merek, produk, atau layanan perusahaan kepada pelanggan potensial. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online antara lain email, media sosial, iklan bergambar, optimisasi mesin pencari, dan banyak lagi. Tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau pelanggan potensial melalui saluran yang mereka habiskan untuk membaca, mencari, berbelanja, atau bersosialisasi secara online.

Adopsi luas Internet untuk bisnis dan penggunaan pribadi telah menyebabkan banyak saluran baru keterlibatan periklanan dan pemasaran, termasuk yang disebutkan di atas. Pemasaran online juga memiliki banyak manfaat dan tantangan, terutama menggunakan media digital untuk menarik, melibatkan, dan mengubah pengunjung virtual menjadi pelanggan.

Pemasaran online berbeda dengan pemasaran tradisional, yang secara historis mencakup media seperti iklan cetak, papan reklame, televisi, dan radio.

Sebelum munculnya saluran pemasaran online, biaya pemasaran produk atau layanan seringkali mahal dan secara tradisional sulit diukur. Pikirkan kampanye iklan TV nasional yang diukur melalui kelompok fokus konsumen untuk menentukan tingkat kesadaran merek. Metode ini juga tidak cocok untuk eksperimen terkontrol. Saat ini, siapa pun yang memiliki bisnis online (dan sebagian besar bisnis offline) dapat berpartisipasi dalam pemasaran online dengan membuat situs web dan membuat kampanye akuisisi pelanggan dengan sedikit atau tanpa biaya. Produk dan layanan pemasaran ini juga dapat mencoba mengoptimalkan untuk meningkatkan efisiensi dan ROI kampanye mereka.
https://www.juragandesa.net/2022/03/konsep-dasar-pemasaran-internet.html

Manfaat Pemasaran Internet

Manfaat utama menggunakan saluran online untuk memasarkan bisnis atau produk Anda adalah kemampuan untuk mengukur dampak saluran tertentu dan bagaimana pengunjung yang diperoleh melalui saluran yang berbeda berinteraksi dengan pengalaman situs web atau laman landas Anda. Dari pengunjung hingga pelanggan yang membayar, analisis lebih lanjut dapat dilakukan untuk menentukan saluran mana yang paling efektif dalam memperoleh pelanggan yang berharga.

Analisis pengalaman web atau aplikasi seluler dapat membantu menentukan hal berikut:
  • Berdasarkan rasio konversi pengunjung ke pelanggan dan biaya pengunjung tersebut, saluran pemasaran online mana yang paling hemat biaya untuk mendapatkan pelanggan.
  • Saluran mana yang efektif dalam memperoleh dan mendorong nilai umur yang lebih tinggi bagi pelanggan – seperti pemasaran email, yang mendorong pembelian berulang dari pelanggan sebelumnya.
  • Segmen pelanggan mana yang menunjukkan perilaku keterlibatan yang kuat dan potensi penjualan yang tinggi - seperti perangkat lunak atau aplikasi seluler, yang ingin menjual lebih banyak kepada pelanggan yang sangat terlibat.
Alat Pemasaran Online

Ada banyak alat yang tersedia untuk membangun dan memelihara rencana pemasaran online yang kuat:
  • email pemasaran
  • pemasaran media sosial
  • Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
  • menampilkan iklan
  • Pemasaran Mesin Pencari (SEM)
  • Acara dan Webinar
  • Pengujian A/B dan pengoptimalan situs web
  • pemasaran konten
  • Pemasaran Video
  • Analisis Pemasaran
  • Otomasi Pemasaran
  • Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)
  • Sistem Manajemen Konten (CMS)
Contoh Pemasaran Online

Beberapa contoh kampanye pemasaran online meliputi:
  • Canon mengiklankan istilah pencarian yang terkait dengan "fotografi" di Google, Yahoo dan Bing untuk memasarkan kamera mereka ke audiens yang relevan.
  • Whole Foods mengumpulkan alamat email di situs webnya untuk mengiklankan produk, penjualan, dan acara baru di tokonya.
  • Dove membuat iklan video dan membagikannya dengan pemirsa di Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya untuk mendorong percakapan menarik tentang merek dan produk mereka.
Sementara pemasaran online menciptakan banyak peluang bagi bisnis untuk memperluas jangkauan mereka dan membangun pemirsa melalui Internet, ada tantangan yang melekat pada pendekatan pemasaran ini. Pertama, pemasaran bisa bersifat impersonal karena sifat virtual dari pengiriman pesan dan konten ke audiens target. Pemasar harus sepenuhnya memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan untuk mengembangkan strategi pemasaran online. Teknik seperti survei, pengujian pengguna, dan percakapan langsung dapat digunakan untuk tujuan ini.

Pemasaran online juga bisa ramai dan kompetitif. Sementara peluang untuk menawarkan barang dan jasa di pasar lokal dan luas berkembang, persaingan bisa menjadi penting. Perusahaan yang berinvestasi dalam pemasaran online mungkin sulit untuk menarik perhatian pengunjung karena banyak bisnis juga memasarkan produk dan layanan mereka secara online. Pemasar harus menyeimbangkan membangun proposisi nilai yang unik dengan merek yang baik saat menguji dan mengembangkan kampanye di berbagai saluran.

Bagaimana Memulai Pemasaran Online

Langkah pertama dalam memulai pemasaran online adalah mengevaluasi tujuan Anda dan memastikannya terukur. Apakah Anda ingin mendaftar untuk 100 pelanggan baru? Hasilkan 1.000 prospek untuk meningkatkan proses penjualan B2B Anda? Membangun basis pengguna email 10.000 orang?

Setelah itu, Anda harus memilih cara membangun kehadiran online yang akan membantu Anda mencapai tujuan itu. Mungkin Anda perlu membuat situs web e-niaga. Jika Anda tertarik untuk memposting konten untuk meningkatkan kesadaran dan pelanggan, lihat cara menyiapkan blog.