Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Strategi Pemasaran Blog

Istilah pemasaran blog tidak memiliki definisi yang jelas. Ini bisa berarti memonetisasi blog Anda atau menjadi bagian dari pemasaran konten. Terakhir, blogger menawarkan blogger (blogger beriklan untuk blogger) atau blog korporat lainnya sebagai platform penerbitan bagi para tamu untuk memposting atau menulis postingan atas nama mereka. Terlalu sering, istilah "pemasaran blog" juga disalahgunakan untuk mengartikan pertukaran tautan yang diposting oleh pengunjung.
https://www.juragandesa.net/2022/03/konsep-dasar-strategi-pemasaran-blog.html

Sejarah Pemasaran Blog

Blogospot telah berkembang dengan Internet dan merupakan bagian integral dari Web 2.0. Misalnya, individu dapat menggunakan berbagai sistem CMS gratis seperti WordPress untuk menulis konten yang mereka sukai dan ingin berbagi dengan orang lain. Tidak seperti versi online dari situs berita atau surat kabar arus utama, posting blog hampir selalu subjektif. Di situlah kekuatan mereka terletak, karena mereka menghasilkan popularitas tinggi di antara pembaca yang dapat mengidentifikasi dengan konten.

Dalam perkembangan blogging selanjutnya, beberapa blogger berhasil memonetisasi blog mereka melalui iklan dari link afiliasi atau program seperti Google AdSense. Saat ini, blogger dapat mencari nafkah dari pendapatan blog mereka, terutama di AS di mana blogging sangat populer. Sistem "blogging" telah menjadi model bisnis nyata bagi para penggemar menulis di Internet.

Beberapa blogger terkenal adalah pemimpin opini di bidangnya, sering mempengaruhi debat publik. Contoh blogger baru-baru ini adalah Sascha Lobo, yang menulis berulang kali tentang masalah kebebasan internet. Blog seperti t3n atau Gizmodo memiliki dampak serupa pada teknologi.

Selama bertahun-tahun, perusahaan besar, toko online, dan merek telah mengakui jangkauan luar biasa dari blogger hebat dan telah mencoba untuk mendapatkan sistem blogging, atau gagal melakukannya, agar blogger menulis posting untuk mereka. Ini adalah kasus dengan pemasaran blog.

Program Pemasaran Blog

Dalam pemasaran blog, blog dimonetisasi melalui iklan. Selain itu, blogger dapat menawarkan untuk menulis artikel tentang topik tertentu. Dalam hal ini, "klien" akan memesan kiriman atau artikel yang akan dibayarnya.

Dalam pemasaran blog, rencana pemasaran biasanya dibuat terlebih dahulu sebagai bagian dari pemasaran konten. Blog ditinjau berdasarkan topik dan dipilih berdasarkan cakupan dan kepemimpinannya. Kemudian tentukan topik tertentu untuk disebarkan ke seluruh blogosphere dalam bentuk berbagai posting. Blogger biasanya menulis posting mereka sendiri untuk mempublikasikan konten seakurat mungkin. Sebelum memilih strategi pemasaran blog, tujuan harus didefinisikan dengan jelas.

Pemasaran blog cocok untuk skenario berikut:
  • Pendatang baru
  • Tes atau serangkaian tes pada satu atau lebih produk
  • krisis PR
  • memperkuat merek
Keuntungan Pemasaran Blog

Pemasaran blog memiliki banyak keuntungan untuk pemasaran online. Pertama, kesadaran merek dapat sangat ditingkatkan dengan membuat posting berdampak tinggi di blog yang dipilih. Di sisi lain, pemasaran blog menyediakan platform untuk secara aktif membawa produk ke pasar sebagai bagian dari pengujian.

Keunggulan lainnya adalah fleksibilitas dan kecepatan tinggi. Konten yang dipublikasikan dapat tersebar di seluruh web dan, tergantung pada topiknya, di jejaring sosial dalam beberapa jam. Pada saat yang sama, pemasar dapat dengan cepat merespons perubahan topik atau berita dan memposting di blog yang sesuai.

Batasan Pemasaran Blog

Jika pemasaran blog dilakukan dengan baik, itu bisa sangat sukses. Namun, dalam beberapa kasus ekstrem, bentuk pemasaran ini tidak sesuai dengan namanya.

Sekarang ada ribuan blogger yang berurusan dengan masalah pengujian produk. Dalam banyak kasus, penerbit lebih mementingkan mendapatkan produk yang murah atau gratis daripada pengujian yang objektif dan menarik. Dalam hal ini, pengiklan harus hati-hati mempertimbangkan apakah publikasi itu bermanfaat, dan apakah itu akan membantu reputasi perusahaan jika merek atau nama toko muncul di blog berkualitas rendah.

Ketika pembuat tautan ingin menghindari istilah "pertukaran tautan", mereka sering menggunakan istilah "pemasaran blog". Ini adalah praktik bertukar artikel, dipublikasikan di blog lain. Ini tidak ada hubungannya dengan pemasaran dan melanggar pedoman penyedia mesin pencari. Dalam kasus ekstrem, jenis "pemasaran" ini dapat merusak profil tautan situs web.

Mirip dengan pemasaran konten, pemasaran blog berisiko dilihat sebagai iklan yang tidak terlihat. Postingan berbayar secara teoritis diiklankan dan harus diberi label seperti itu.