Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nelayan dan Pedagang Kaki Lima Bisa Dapat BLT Rp 600 Ribu, Ini Cara Ceknya

Nelayan dan Pedagang Kaki Lima Bisa Dapat BLT Rp 600 Ribu, Ini Cara Ceknya

                             Nelayan dan Pedagang Kaki Lima Bisa Dapat BLT Rp 600 Ribu, Ini Cara Ceknya

Pemerintah kembali melanjutkan program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima serta Warung( BT- PKLW) di tahun ini. Kali ini program BLT tersebut menyasar sampai ke para nelayan yang memerlukan. Nantinya bantuan tersebut hendak disalurkan secara langsung lewat TNI serta POLRI.

Sebelumnya, program bantuan ini cuma diperuntukan untuk para UMKM khususnya para Orang dagang Kaki Lima( PKL) serta pemilik warung. Tetapi di tahun 2022 ini, Pemerintah memperluas sasaran penerima manfaat sampai ke para nelayan di wilayah pesisir. Perihal ini bertujuan buat mengurangi kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Ada pula proses penyalurannya nanti hendak dicoba secara langsung oleh pihak TNI serta POLRI. BLT yang hendak diberikan kepada penerima manfaat besarannya Rp 600 ribu per orang. Sedangkan itu, Pemerintah juga telah memastikan sasaran penerima manfaat merupakan sebanyak 2, 76 juta orang. Rinciannya, 1 juta untuk PKLW serta 1, 76 juta buat para nelayan.

Lalu gimana cara memperoleh BLT buat nelayan serta para PKL?

Seperti yang dikenal bersama, BLT ini hendak disalurkan secara langsung lewat TNI serta POLRI. Tetapi saat sebelum itu, hendak diakukan pendataan terlebih dulu buat mencari ketahui siapa saja yang berhak jadi penerima manfaat.

Di samping itu, dalam proses penyalurannya nanti, TNI serta POLRI hendak dibantu oleh Babinsa serta Bhabinkamtibmas. Selaku data, salah satu kriteria khusus buat nelayan supaya dapat memperoleh bantuan ini merupakan mereka tercantum pelaku usaha Kelautan serta Perikanan yang ialah nelayan buruh, nelayan penangkap ikan tanpa kapal, ataupun nelayan pemilik kapal kurang dari 5 GT( Gross Tonase).

Di sisi lain, para PKL sampai nelayan juga bisa mengecek terdaftar dalam program bantuan ini ataupun tidak lewat e- form BRI BPUM 2022. Lebih lanjut, berikut ini cara cek BLT UMKM 2022.
  1. Akses web e- form BRI lewat link https:// eform. bri. co. id/ bpum
  2. Masukkan no KTP serta kode verifikasi
  3. Klik proses inquiry
  4. Bila berhasil masuk, Kamu hendak mendapatkan pemberitahuan apakah tercantum selaku penerima bantuan ataupun tidak
Artikel ini Telah tayang di https://m.liputan6.com/bisnis dengan judul “Nelayan dan Pedagang Kaki Lima Bisa Dapat BLT Rp 600 Ribu, Ini Cara Ceknya