Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Daftar Penerima PIP Madrasah Kemenag Secara ONLINE

Cara Cek Daftar Penerima PIP Madrasah Kemenag 2022Berikut ini merpakan informasi terbaru tentang cara cek daftar nama-nama penerima bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Agama (Kemenag) pada tahun 2022 yang diperuntukkan bagi siswa MI, MTs, dan MA akan mendapatkan dana bantuan sampai Rp1 juta.

Adapun tujuan dikucurkannya dana bantuan PIP Kemenag hampir sama dengan PIP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), yakni untuk membantu siswa dari keluarga miskin, rentan miskin, dan kurang mampu untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Dengan adanya dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Kemenag ini, siswa yang kesulitan ekonomi agar tetap bisa melanjutkan pendidikan. Tidak hanya itu, siswa diharap bisa menuntaskan wajib belajar pendidikan sembilan tahun dan pendidikan menengan wajib belajar 12 tahun.
Cara Cek Daftar Penerima PIP Madrasah Kemenag 2022

PIP Kemenag 2022 diprioritaskan bagi siswa madrasah MI, MTs, dan MA yang terdaftar di DTKS Kemensos yang berasal dari keluarga Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) dan Penerima kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Apabila siswa madrasah tidak terdaftar di DTKS Kemsos dan merupakan anak yatim, piatu, yatim piatu, anak berkebutuhan khusus (ABK), dan anak yang tinggal di panti asuhan, bisa mengajukan penerima PIP Kemenag 2022 dengan dibuktikan memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh kepala desa atau Lurah kemudian diajukan ke DTKS Kemensos.

Selain itu, penerima PIP Madrasah Kemenag 2022 juga diperuntukkan untuk siswa madrasah yang terdampak musibah bencana alam, serta dari wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Terkait dengan besaran dana bantuan langsung tunai dari PIP Kemenag memiliki kisaran yang berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikan. Dikutip BERITA DIY dari pipmadrasah.kemenag.go.id, bahwa untuk siswa madrasah tingkat MA akan mendapatkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp1 juta selama satu tahun pelajaran.

Sedangkan untuk MTs akan diberikan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sebesar Rp750 ribu dan MI akan diberikan Rp500 ribu. Untuk pencarian dana bantuan PIP Kemenag dilakukan dua kali dalam satu tahun pelajaran.

Dana bantuan PIP Kemenag 2022 dipergunakan untuk kebutuhan sekolah siswa madrasah, baik itu membeli buku, seragam, biaya transportasi, uang saku, iuran bulanan, atau keperluan lainnya yang mendukung kelanjutan dan kesuksesan dalam menyelesaikan pendidikan.

CARA CEK DAFTAR PENERIMA BANTUAN PIP KEMENAG 2022
  • Masuk website resmi pipmadrasah.kemenag.go.id atau klik DI SINI
  • Setelah masuk, kemudian masukan nama siswa atau NISN dan kota lokasi madrasah.
  • Klik “Cari”
  • Tunggu proses pencarian, nanti akan mendapatkan informasi mengenai siswa madrasah mendapatkan bantuan PIP Madrasah Kemenag atau tidak di tahun 2022.
Demikian informasi terbaru tentang cara cek PIP Madrasah Kemenag pada tahun 2022, siswa MI, MTs, dan MA akan mendapatkan dana bantuan sampai Rp1 juta.