Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cek Penerima PIP 2022 di Link Resmi Kemendikbud: Siswa SD, SMP, SMA, SMK

Lihat cara cek penerima PIP 2022 di tautan resmi Kemendikbud untuk melihat nama siswa SD, SMP, SMA, dan SMK yang bisa mendapatkan bantuan SPP hingga Rp 1 juta.

Program PIP atau Indonesia Pintar merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program tersebut merupakan proyek kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial dan Kementerian Agama.
https://www.juragandesa.net/2022/04/cara-cek-penerima-pip-2022-di-link.html

Melalui Kartu Indonesia Pintar atau KIP, PIP 2022 akan memberikan bantuan kepada anak usia sekolah, yaitu anak usia 6 sampai 21 tahun dari rumah tangga miskin dan kurang mampu.

Bantuan PIP 2022 juga akan diberikan kepada siswa yang keluarganya memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), anak yatim, penyandang disabilitas, dan korban bencana alam atau bencana.

Bantuan ini merupakan penyempurnaan dari Program Bantuan Siswa Tidak Mampu atau BSM. Lantas, siapa target utama penerima bantuan PIP tahun 2022?

Pemerintah memberikan bantuan PIP terutama kepada siswa yang memiliki KIP, siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu, dan siswa SMK yang sedang menempuh pendidikan vokasi di bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, perkapalan dan kelautan. .

Untuk dapat menerima bantuan dari program PIP, penerima KIP harus terdaftar sebagai pelajar pada pendidikan formal atau nonformal. Siswa pemegang KIP dapat berasal dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, atau sederajat.

Selain itu, KIP harus terdaftar pada Data Dasar Pendidikan atau Dapodik institusi pendidikan. Dengan bantuan PIP, diharapkan tidak ada lagi siswa yang putus sekolah karena biaya pendidikan.

Mahasiswa penerima bantuan PIP 2022 akan mendapatkan bantuan dana dengan rincian sebagai berikut:
  • Siswa SD sederajat atau Paket A mendapat Rp 450.000 per tahun
  • Rp 750.000 per tahun untuk siswa sekolah menengah atau Paket B
  •  Siswa SMA sederajat atau Paket C akan mendapatkan Rp 1 juta per tahun.
Pemerintah berharap bantuan dana tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi siswa, antara lain untuk pembelian peralatan sekolah, uang jajan, dan tambahan biaya penempatan sekolah.

Pada tahun 2022, bantuan PIP disalurkan kepada 7.792.943 siswa, terdiri dari SD 4.292.251, SMP 2.367.643, SMA 510.920, dan SMK 622.129.

CARA CEK ONLINE PIP KEMENDIKBUD

Penerima bantuan PIP dapat dicek secara online di link resmi Kemendikbud (LINK) dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
  • Kunjungi halaman pip.kemdikbud.go.id melalui browser yang tersedia di ponsel Anda
  • Masukkan NISN siswa, tanggal lahir dan ibu lahir
  • Kemudian pilih Cari.
Jika nama mahasiswa yang Anda masukkan dinyatakan sebagai penerima bantuan PIP 2022, maka mahasiswa tersebut dapat menarik bantuan melalui bank yang telah ditunjuk sebagai reseller.

Proses pembayaran dapat dilakukan dengan dua cara, pembayaran kolektif dan pembayaran mandiri. Bantuan biaya kuliah untuk PIP 2022 akan dicairkan pada Maret 2022.

Pembayaran kolektif bantuan PIP 2022 dapat dilakukan dengan bantuan sekolah masing-masing. Sedangkan untuk pembayaran mandiri dapat dilakukan dengan mengunjungi bank yang ditunjuk sebagai penyalur PIP.

Demikianlah cara cek penerima PIP 2022 di website resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan mengunjungi pip.kemdikbud.go.id. Siswa SD, SMP, SMA, SMK bisa mendapatkan bantuan hingga Rp 1 juta.