Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar KIP Kuliahmu Error, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi yang ingin atau sedang dalam proses pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk perguruan tinggi, sebaiknya mengetahui pedoman dan tata cara pendaftaran untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah. Pasalnya, beberapa calon mahasiswa akan kesulitan mendaftar Kuliah KIP 2022.

Tim Teknis Perkuliahan KIP Puslapdik Soni Hartono Wijaya memberikan bimbingan bagi mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Perkuliahan Mandiri 2022.

Termasuk, mengatasi akun KIP Kuliah yang sedang mengalami kendala. Pertama, mendaftar secara mandiri melalui SIM KIP Kuliah di halaman kip-gulungan.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi KIP Kuliah yang tersedia untuk diunduh di Play Store.

Daftar KIP Kuliahmu Error, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

“Saat mendaftar, siapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Induk Sekolah Nasional (NPSN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai parameter utama untuk mendaftar KIP Universitas, selain alamat email yang valid dan masih berlaku, Ucap Soni. Dari laman Puslapdik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Simak dapodik yang bisa dijadikan acuan utama sistem Kuliah KIP, dan verifikasi NISN, NPSN, dan NIK.

Oleh karena itu, pada saat pengisian data pada KIP Kuliah SIM, data untuk ketiga hal tersebut harus sesuai dengan yang tercatat di Dapodik. “Hanya perbedaan satu karakter saja, seperti huruf, angka, atau spasi, akan menyebabkan sistem menolak pendaftaran,” katanya.

Saat sistem menolak input siswa, akan muncul notifikasi di sistem dan menunjukkan letak masalah, seperti NISN, NPSN, atau NIK yang tidak valid.

Dalam hal pemberitahuan NISN atau NPSN tidak valid, siswa yang masih aktif di satuan pendidikan dapat berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk segera memperbaiki data tersebut.

Sedangkan bagi mahasiswa yang telah lulus, verifikasi dan verifikasi dapat dilakukan secara mandiri di laman kip-gunung.kemdikbud.go.id dengan melampirkan dokumen yang masih berlaku seperti ijazah. Sedangkan jika NIK terdapat kesalahan, Anda dapat melampirkan hasil scan KTP dan Kartu Keluarga Anda.

“Isu NIK tidak hanya terkait dan terintegrasi dengan Dapodik, tetapi juga dengan situasi ekonomi yang tercatat di DTKS Kemensos yang juga terintegrasi dengan SIM KIP Perkuliahan,” kata Soni.

Soni juga berbicara tentang siswa yang mendaftar ke KIP Kampus menggunakan email orang lain, seperti email orang tua, email guru, atau bahkan email sekolah mereka.

“Pendaftaran di KIP Universitas masih memungkinkan penggunaan email dari orang tua, guru, sekolah atau email lainnya,” ujarnya. Namun, masalah muncul ketika siswa tidak lagi memiliki akses ke email yang mereka gunakan.

“Faktanya, SIM Perkuliahan berpotensi mengirimkan notifikasi ke email, sehingga mengurangi manfaat KIP perguruan tinggi,” jelasnya. Orang yang gagal di SNMPTN dan ingin mencoba seleksi di SBMPTN atau jalur lain, tidak perlu membuat akun baru.

Soni mengatakan akun KIP Kuliah bisa digunakan untuk mendaftar di semua jalur terpilih. "Setiap opsi tidak memerlukan akun baru. Hanya ada satu akun," jelasnya.

Begitu juga bagi pendaftar KIP Perguruan Tinggi yang gagal pada tahun sebelumnya dan ingin mendaftar kembali pada tahun ini, masih dapat menggunakan akun lama dari tahun sebelumnya.

“Akun Perkuliahan KIP ini sifatnya jamak, tinggal input ulang NISN, NPSN dan NIK untuk update karena tahun berbeda dan alamat email valid,” ujarnya.

Artikel ini sudah tayang di kompas.com Dengan judul artikel” Daftar KIP Kuliah Error, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya