Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jalur Mandiri yang Bisa Pakai KIP Kuliah hingga SKTM, Buruan Daftar!

Banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) telah membuka jalur mandiri. Sedangkan Jalur Mandiri biasanya membebankan biaya SPP dan biaya masuk yang lebih mahal bagi siswa yang lulus, pendaftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2022 juga bisa mendaftar di Jalur Mandiri lho.

Sebelumnya, KIP Kuliah Kemendikbud diumumkan tersedia bagi peserta dari jalur SNMPTN, SBMPTN hingga PTN dan PTS mandiri. Nah, beberapa PTN sudah memastikan calon mahasiswa bisa mendaftar di jalur tersendiri di kampusnya melalui kuliah KIP.

Jalur Mandiri yang Bisa Pakai KIP Kuliah hingga SKTM, Buruan Daftar!

Dikutip dari laman masing-masing kampus, dibebaskan biaya kuliah dan pendaftaran bagi peserta Jalur Mandiri Kuliah KIP. Beberapa kampus juga membebaskan biaya pendaftaran Jalur Mandiri sebesar 100%. Kampus mana saja yang ada di sana?

Jalur Mandiri dengan KIP Kuliah ke SKTM

1. PBUTM UGM 2022

Pelacakan Benih Lanjutan Kelompok Rentan atau PBUTM UGM 2022 terbuka untuk siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi keadaan keuangan kurang. Pendaftaran PBUTM UGM tahun ini dibuka hingga 13 April 2022 dengan biaya Rp25.000.

Dikutip dari laman ujian masuk UGM, beberapa kriteria peserta jalur PBUTM UGM adalah:
  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), dari rumah tangga peserta Program Keluarga Harapan (PKH), rumah tangga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dari panti sosial/panti asuhan atau dari keluarga Data Komprehensif Kesejahteraan Sosial (DTKS), atau
  • Jumlah penghasilan gabungan orang tua/wali (suami dan istri) tidak lebih dari Rp4 juta per bulan, atau total penghasilan gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga tidak melebihi Rp750.000 per bulan, dan
  • Pendidikan orang tua/wali minimal S1 atau D4.
2. SM ITB 2022

Uji Coba Indie ITB 2022 akan dibuka mulai 6 hingga 29 Juni 2022. Calon mahasiswa dengan KIP perkuliahan atau sarana keuangan yang setara dengan standar perkuliahan KIP dapat mendaftar.

Dikutip dari laman penerimaan, Seleksi Mandiri ITB menggunakan komponen penilaian nilai UTBK dan transkrip nilai, serta hasil kemampuan artistik pelamar Sekolah Seni Rupa dan Desain yang luar biasa.

Biaya Seleksi Mandiri (SM-ITB) ITB sebesar Rp 200.000. Khusus pendaftar FSRD, biaya seleksinya Rp 300.000,- sudah termasuk biaya penyelenggaraan Tes Keterampilan Seni Rupa. Peserta yang mendapat kuliah KIP atau memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dibebaskan dari biaya seleksi. Tapi jangan lupa upload file KIP-K atau SKTM kamu saat mendaftar Penjurian Independen ITB ya?

Mahasiswa peserta Program Seleksi Mandiri ITB diwajibkan membayar biaya kuliah tunggal kategori UKT5/semester atau biaya kuliah sebesar Rp25 juta per semester dan Biaya Pengembangan Institusi (IPI) sebesar Rp25 juta. Untuk mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB akan dikenakan IPI sebesar Rp 40 juta.

Calon mahasiswa Jalur Mandiri ITB dengan biaya kuliah KIP kini akan dibebaskan dari biaya kuliah atau menerima UKT1 senilai Rp0. Permohonan UKT bawah dapat diajukan pada formulir di https://admission.itb, termasuk laman Calon Mahasiswa Pemegang KIP Lectures.ac.id. Sertakan data pendukung yang menunjukkan kemampuan keuangan rumah tangga.

Pemberitahuan persetujuan yang diajukan oleh UKT berdasarkan UKT5 akan disampaikan sebelum periode pendaftaran ulang. Oleh karena itu, calon mahasiswa sudah mengetahui UKT sebelum melakukan pendaftaran ulang.

3. USMI SV IPB 2022

Seleksi Undangan Masuk (USMI) IPB merupakan salah satu jalur seleksi masuk Sekolah Vokasi (SV) IPB University. Bagi siswa sekolah yang telah menerima undangan IPB, batas akhir pendaftaran 8 April 2022 dan biaya Rp 400.000. Tidak ada biaya pendaftaran bagi siswa penerima KIP atau KJP.

Pada seleksi USMI, SV IPB University mengirimkan email dengan informasi tata cara pendaftaran USMI Pathway serta informasi username dan password. Kepala sekolah kemudian login ke halaman usmisv.admisi.ipb.ac.id menggunakan password dan username yang tertera pada surat undangan kepala sekolah.

Setelah melakukan login, kepala sekolah mengisi data lengkap sekolah dan siswa serta nilai siswa yang akan didaftarkan pada jalur tersebut. Kepala sekolah akan menerima data pendaftaran siswa dan nomor tagihan pembayaran pendaftaran yang diserahkan kepada setiap siswa.

Mahasiswa yang mengikuti USMI IPB kemudian membayar biaya pendaftaran, kecuali peserta KIP atau KJP. Setelah pembayaran, mahasiswa dapat mengisi program studi pilihan dan data biometrik yang dipilih oleh SMK IPB University.

4. SMA Unpad 2022

Pendaftaran Universitas Padjadjaran atau seleksi masuk mandiri SMUP Unpad 2022 dibuka hingga 27 Juni mendatang. Peserta dapat menggunakan nilai UTBK 2022 atau nilai SMUP untuk mengikuti seleksi.

SMUP Unpad 2022 juga terbuka untuk peserta Kuliah KIP. Caranya adalah dengan mendaftar online di halaman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login dan isi data-datanya. Pilih entry point KIP-K di area interest, isikan kolom nomor registrasi KIP-K, dan upload KIP-K di area upload dokumen.

Pendaftar KIP tidak diwajibkan membayar biaya pendaftaran SMUP Unpad 2022. Jika diterima pada program studi S1 ​​atau D4 melalui jalur Kuliah KIP, calon mahasiswa wajib menyerahkan dokumen tambahan kepada Unpad, Biro Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni sebagai bagian dari proses seleksi penerima Kuliah KIP.

Tahun lalu, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya, Seleksi Masuk Universitas Indonesia dan Seleksi Mandiri Universitas Airlangga juga termasuk di antara PTN yang membuka jalur mandiri melalui Kuliah KIP. Ayo, daftar!

Artikel ini sudah tayang di detik.com Dengan Judul artikel”Jalur Mandiri yang Bisa Pakai KIP Kuliah hingga SKTM, Ayo Daftar!”