Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Promosi Bisnis Online Yang Tepat

Cara promosi bisnis onlineTampaknya hampir setiap kelompok umur memiliki akun media sosial akhir-akhir ini; baik itu Facebook, Twitter, Instagram, dll. Banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial saat ini membuat media sosial menjadi peran yang sangat dapat diandalkan dalam mempromosikan bisnis online.

Tak heran jika semua pengusaha kini menggunakan media sosial sebagai sarana promosi dan penjualan. Karena hampir setiap orang aktif di media sosial setiap hari, maka bisa membuat pemasaran menjadi lebih efektif. Nah, bagi Anda yang sedang merencanakan bisnis online dan tertarik untuk memasarkan produk Anda di media sosial, berikut beberapa tips yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnis online Anda.

STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL YANG TEPAT

Tidak dapat disangkal bahwa bisnis online semakin berkembang. Banyak pengusaha yang beralih menjalankan bisnisnya secara online daripada offline karena dinilai lebih menjanjikan. Plus, semuanya sekarang tersedia untuk dijual secara online, termasuk kebutuhan pokok seperti buah-buahan dan sayuran.

Anda bisa mencoba memulai bisnis secara online dengan bergabung menjadi Mitra Chilibeli, dengan komoditi utama buah-buahan, sayur-sayuran dan sembako. Chilibeli juga memampukan ibu-ibu di Indonesia untuk menjadi wirausahawan mandiri dengan bergabung di komunitas. Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mendaftar sebagai Mitra Chilibeli di sini.

Nah, ketika bisnis online Anda semakin berkembang, Anda sebagai calon pedagang online memiliki semua media sosial yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan produk unggulan Anda. Karena, hampir setiap orang memiliki akun media sosial saat ini, lebih mudah bagi Anda untuk memperkenalkan produk, setidaknya dalam lingkaran pertemanan yang ada.

Untuk UKM yang masih pemula, simak strategi promosi bisnis online media sosial berikut ini.

1. Kenali target konsumen Anda

Pertama, pahami target pasar yang ingin dibidik, apakah itu dewasa, dewasa muda, wanita, atau ibu-ibu. Untuk kenyamanan, silahkan sesuaikan dengan produk yang dijual. Ini untuk membuat lebih banyak pengguna media sosial tertarik pada penawaran.

Anda juga dapat membuat obrolan grup di media sosial seperti Whatsapp, Facebook, dll. Beri obrolan grup topik tertentu, seperti "daging impor", "telur bebek murah", dll. Seringkali kelompok dengan nama khusus akan lebih diterima masyarakat karena sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Buat keadaan yang menarik

Ini adalah cara termudah dan paling praktis untuk mempromosikan produk Anda. Satu-satunya cara adalah membuat pengingat promosi dengan status yang diinginkan. Ingatlah bahwa status yang Anda buat harus semenarik mungkin agar banyak orang yang menyukai dan membagikan status yang Anda buat. Semakin banyak orang yang membagikan status ini, maka akan semakin banyak pula orang yang mengetahui tentang bisnis online yang Anda jalankan.

State yang menarik adalah state yang pendek tapi inklusif. Kata-kata ini harus mengandung informasi yang mewakili produk yang dijual. Meski begitu, jangan membuat negara yang mengandung unsur SARA, karena ini akan menghancurkan bisnis Anda. Buat keadaan yang berpotensi viral, misalnya dengan memasukkan unsur humor ke dalamnya.

3. Gunakan hashtag

Dalam setiap postingan di media sosial, jangan lupa untuk menyertakan hashtag. Tagar sangat bagus untuk memudahkan orang menemukan apa yang mereka cari di media sosial. Gunakan hashtag tertentu seperti #JerukMedanMurah atau #JualTelurMurah. Anda dapat menyisipkan hashtag di bagian bawah status Anda di media sosial.

4. Berikan tanggapan cepat

Sebagai penjual, Anda harus responsif. Jika calon pelanggan bertanya tentang suatu produk, usahakan untuk merespon dengan cepat. Karena calon konsumen yang tidak sabaran bisa memilih toko online lain. Jadi pastikan Anda selalu mengupdate media sosial Anda agar tidak kehilangan banyak pelanggan.

5. Perbarui Foto Profil

Agar lebih persuasif kepada konsumen, perbarui foto profil Anda di media sosial secara berkala. Misalnya setiap dua minggu sekali. Gunakan foto produk berkualitas tinggi untuk membuat orang tertarik dengan apa yang diobral. Khusus untuk Facebook, jangan lupa untuk ikut mengganti cover profil dengan gambar-gambar terbaru dan terupdate.

6. Jalin komunikasi yang baik

Cobalah untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan. Trik ini bisa dimulai dengan menanyakan stok produk yang dibeli. Jika memang sudah sampai, mintalah kesaksian mereka.

Membangun hubungan pribadi dengan pelanggan Anda juga dapat dilakukan dengan mengucapkan selamat ulang tahun kepada pelanggan setia Anda melalui teks atau email. Anda juga bisa memberikan hadiah kecil berupa potongan harga di hari spesial mereka. Tentunya dengan cara ini klien bisa merasa dekat dengan Anda.

7. Berikan pembaruan promosi

Saat ini teknik penjualan dengan metode flash sale banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Metode flash sale sendiri merupakan quick sale yang didalamnya terdapat batasan waktu dan jumlah produk yang terbatas. Selain flash sale, kamu juga bisa menawarkan promosi gratis ongkos kirim dengan minimum pembelian tertentu.

Demikianlah beberapa tips untuk menggunakan media sosial untuk meningkatkan bisnis online Anda. Semoga bermanfaat dan mendapatkan banyak keuntungan dengan menerapkan tips di atas. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan uang tambahan, dapatkan uang tambahan untuk berbelanja