Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Media Promosi Online Adalah

Media Promosi Online AdalahSebelum memasuki era internet dan mempelajari apa yang disebut media promosi online, para pelaku bisnis dan pemilik bisnis sering menggunakan media promosi tradisional untuk memasarkan produk yang mereka jual, seperti iklan cetak atau yang ditayangkan di TV.

Dalam beberapa tahun terakhir, media promosi online menjadi solusi bagi para pebisnis untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang lebih banyak dengan cara yang lebih sederhana, lebih praktis dan tentunya lebih efisien.
Media Promosi Online Adalah

Pengertian Media Promosi Online

Secara harfiah, media berarti perantara atau penyajian, yaitu perantara antara sumber pesan dan penerima pesan. Dapat juga diartikan bahwa media adalah alat atau sarana yang digunakan seseorang untuk menyampaikan informasi dari komunikator kepada publik.

Sedangkan media promosi adalah sarana yang digunakan untuk mendukung kegiatan promosi dan memperkenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Promosi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan kepada pembeli atau konsumen dalam bidang pemasaran.

Dari sini juga dapat dipahami bahwa media publisitas online adalah kegiatan publisitas yang memperkenalkan produk atau jasa. Proses pemasaran berlangsung secara online melalui media internet dan memanfaatkan teknologi canggih.

Pemasaran Internet adalah serangkaian kegiatan, mulai dari perencanaan, tindakan, layanan hingga pengiriman produk. Sebagian besar aktivitas mereka menggunakan internet.

Salah satu faktor yang membuat promosi online semakin sering dilakukan adalah karena jumlah pengguna internet yang semakin hari semakin meningkat. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena memudahkan proses pemasaran dan penjualan.

Pemasaran online dapat dilakukan melalui media promosi online yang Anda miliki. Contoh media promosi online seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, dll.

Media Promosi Online Paling Efektif Yang Bisa Kamu Coba

1. Google ADS

Google Ads adalah media promosi online yang menawarkan berbagai pilihan kampanye untuk dipilih. Jika sasaran Anda adalah meningkatkan penjualan, Google Shopping mungkin merupakan kampanye yang relevan untuk Anda.

Iklan di Google Shopping menyertakan gambar produk, harga, dan link ke toko online Anda. Informasi spesifik ini sangat bagus untuk audiens yang siap berbelanja. Jika ingin beriklan dengan Google Shopping, Anda perlu membuat akun Google Ads dan Google Merchant Center.

Iklan Anda muncul di sini ketika seseorang memasukkan kata kunci ke mesin pencari Google dan memilih bagian "Belanja/Belanja" di halaman hasil pencarian.

2. Iklan Facebook

Indonesia adalah salah satu dari 5 negara dengan pengguna Facebook terbanyak. Faktor ini menjadikan Facebook Ads sebagai media promosi online yang paling efektif untuk pemasaran produk.

Demografi pengguna Facebook di Indonesia sangat beragam dan mencakup berbagai kelompok umur. Ini juga memudahkan Anda sebagai pedagang untuk mengidentifikasi sasaran iklan tertentu.

Keuntungan lainnya adalah jika Anda menggunakan iklan Facebook untuk memasarkan produk Anda, iklan tersebut tidak hanya akan muncul di Facebook, tetapi juga di situs lain yang bekerja dengan Facebook.

Ingat, layanan ini tidak gratis. Anda perlu membayar untuk memulai promosi di sini. Tenang saja, Facebook Ads relatif murah, mulai dari Rp 10.000 sudah bisa menjalankan iklan.

3. Iklan Instagram

Instagram dan Facebook milik perusahaan yang sama. Dulu, jika Anda ingin mempromosikan suatu produk di Instagram, Anda harus beriklan melalui Facebook Ads terlebih dahulu. Saat ini Anda sebagai merchant lebih mudah karena iklan bisa langsung dipasang melalui aplikasi Instagram sebagai media promosi online.

Sama seperti Facebook Ads, biaya beriklan di Instagram juga relatif murah, mulai dari Rp20.000.

Instagram merupakan salah satu media promosi online yang paling efektif.

4. Iklan Twitter

Media lain yang paling efektif untuk promosi online adalah Twitter. Tidak hanya satu jenis iklan di Twitter, tetapi ada beberapa jenis lain yang bisa Anda rujuk, yaitu Tweet Promosi, Akun Promosi, dan Tren Promosi.

Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens target Anda, Anda dapat membuat kampanye Anda sendiri. Namun jika Anda belum tahu, Anda bisa menggunakan fitur promosi otomatis yang disediakan oleh Twitter.

5. Iklan TikTok

TikTok yang dulu dikenal sebagai platform media sosial yang sering digunakan untuk menari, kini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pebisnis.

Iklan TikTok adalah media promosi online yang dianggap efektif, menguntungkan dan tidak memerlukan biaya iklan.

Selain fitur periklanan, Anda dapat dengan mudah dan organik meningkatkan tampilan video TikTok Anda. Ada fitur Halaman Untuk Anda (FYP) di TikTok di mana Anda dapat melihat posting dari akun yang terkait dengan Anda meskipun Anda mengikuti akun mereka. Anda tidak perlu membayar untuk masuk FYP.

Beberapa cara untuk memasukkan konten Anda ke FYP adalah dengan membuat konten yang bagus, mengikuti tren, menggunakan tagar yang relevan, mengikuti tantangan, dan banyak lagi.

6. Instagram Reels

Instagram Reels merupakan fitur baru di Instagram dengan konsep yang mirip dengan fitur FYP di TikTok. Dengan gulungan Instagram, Anda dapat membuat konten video dengan durasi maksimum 30 detik yang dapat dilihat oleh semua pengguna Instagram.

Jika Anda sudah aktif berjualan di Instagram, Anda bisa mulai memanfaatkan fitur ini untuk memperluas jangkauan konsumen Anda.

7. Iklan YouTube

Media promosi online paling efektif berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah iklan YouTube. Media promosi online ini dinilai sangat efektif dalam pemasaran produk karena jangkauannya yang begitu luas sehingga sebanding dengan biaya iklan yang harus Anda keluarkan.

Kampanye produk di YouTube dapat dilakukan melalui Google Ads. Biaya per penayangan video berkisar dari $0,003 hingga $0,10. Harga ini tidak paten karena sangat bervariasi tergantung di mana Anda ingin beriklan.

8. Pasar

Marketplace tidak hanya dikenal sebagai media penjualan, tetapi juga membantu bisnis Anda menjadi lebih dikenal. Setiap marketplace biasanya sudah menawarkan fitur periklanan yang dapat digunakan sebagai media promosi online.

Salah satu cara menjual produk secara gratis di marketplace adalah dengan membuat katalog yang baik. Ini membantu menarik minat dan menarik pelanggan. Pastikan deskripsi produk Anda cukup detail.

9. Influencer Endorsement

Selain menggunakan fitur iklan di media sosial seperti Instagram, YouTube, TikTok, dll, menggunakan Twitter sebagai media promosi online yang paling efektif, Anda juga dapat menggunakan layanan influencer endorsement untuk memasarkan produk Anda.

Tarif untuk setiap pemasangan influencer pasti berbeda, tergantung pada berapa banyak pengikut yang mereka miliki dan jenis konten apa yang mereka promosikan.

Misalnya, di Instagram, biasanya biaya untuk mempromosikan produk di feed lebih mahal daripada di Instagram Stories, yang iklannya hanya bertahan 24 jam.

Jangan lupa untuk memastikan influencer yang Anda pilih sesuai dengan target pasar Anda. Jika Anda ingin memulai dengan biaya yang kecil, Anda dapat mencoba layanan micro-influencer terlebih dahulu.

Mengapa menggunakan media promosi online?


Sebagian besar pelaku bisnis memilih menggunakan media promosi online sebagai sarana pemasaran produk yang mereka jual karena beberapa alasan.

Tentu saja alasan utamanya adalah karena peluang promosi media online semakin meningkat dari waktu ke waktu. Alasan lainnya adalah:
  • promosi yang lebih luas
  • Lebih mudah untuk menargetkan pelanggan
  • Bangun kesadaran merek dengan lebih efektif
  • Menjaga komunikasi antara pelanggan dan penjual
  • Dapatkan umpan balik atau saran langsung dari pelanggan
  • Meningkatkan daya saing dengan kompetitor komersial di bidang yang sama
  • bebas untuk digunakan
Setelah anda memahami apa itu media promosi online, apa saja contoh media promosi online yang ada, dan manfaat apa saja yang bisa anda dapatkan saat menggunakannya, mungkin setelah itu anda bisa lebih memikirkan untuk menggunakan media promosi online sebagai metode pengenalan produk dan pemasaran yang lebih efektif. Lebih efisien daripada cara konvensional lama.