Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Promosi Adalah

Promosi adalahPada dasarnya, promosi merupakan salah satu istilah yang sering digunakan dalam kampanye pemasaran. Nah, sebenarnya apa sih maksud dari promosi ini? Apa tujuan dari promosi?

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan promosi secara mendetail, seperti deskripsi promo menurut para ahli, tujuan dan jenis promosinya. Untuk itu, silahkan baca artikel tentang promosi ini sampai akhir agar Anda dapat memahami apa yang dimaksud dengan promosi tersebut.

Pengertian promosi secara umum

Dalam dunia kerja, promosi adalah pengikatan pangkat atau jabatan seorang pegawai dalam struktur organisasi suatu perusahaan.

Dan dalam pemasaran, promosi adalah kegiatan yang dirancang untuk mempromosikan sesuatu, baik itu merek, produk, atau perusahaan itu sendiri. Namun kali ini kami akan lebih fokus pada promosi di bidang pemasaran.

Jadi, dalam bidang pemasaran, promosi merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh individu atau perusahaan dengan masyarakat luas. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

Artinya, promosi merupakan suatu kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh pemasar agar dapat memberikan informasi terkait produk dan mendorong calon konsumen untuk membeli barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Kampanye ini sering dikombinasikan dengan kombinasi promosi, seperti iklan, diskon atau kaos bermerek perusahaan.

Misalnya, ada toko sepatu yang memasang iklan di media sosial, menawarkan sepatu spesial dari merek terkenal, dan mereka akan memberi tahu Anda kapan pun dan di mana pun mereka akan dijual.

Ada banyak cara dan media promosi yang bisa dilakukan, bahkan cara promosi seperti ini terus berkembang. Beberapa contoh media promosi adalah media cetak, baliho, baliho, radio, televisi, dan internet.

Baca juga: Perluasan merek adalah strategi pemasaran yang ampuh yang digunakan oleh banyak merek besar

Definisi para ahli tentang promosi

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dimaksud dengan promosi, berikut adalah beberapa pendapat ahli tentang apa yang dimaksud dengan promosi.

1. Harper Boyd

Promosi, Boyd menjelaskan, merupakan upaya membujuk orang untuk menerima suatu produk, konsep atau ide.

2. Basu Swastha Dharmesta

Menurut Swastha, promosi adalah promosi satu arah yang dirancang untuk mempengaruhi pihak lain untuk menjalin komunikasi dalam pemasaran.

3. Louis E. Boone dan David L. Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promosi adalah upaya untuk membujuk, menginformasikan, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

4. Vandy Giptono

Dalam pandangan Tjiptono, promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk atau meningkatkan pasar sasaran suatu perusahaan dan produknya sehingga masyarakat dapat menerima, membeli dan loyal terhadap produk yang ditawarkan perusahaan tersebut.

5. Philip Kotler

Kotler percaya bahwa promosi adalah bagian dan proses dari strategi pemasaran dan bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi bauran pemasaran.

6. Indriyo Gitosudarmo

Gitosudarmo menjelaskan bahwa promosi adalah kegiatan yang dirancang untuk mempengaruhi calon konsumen agar mereka dapat mempelajari suatu produk yang ditawarkan perusahaan kepada mereka, kemudian mereka dengan senang hati dan mau membelinya.

Tujuan dari promosi adalah

Setiap pihak yang menjalankan promosi pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai. Menurut definisi promosi di atas, beberapa tujuan promosi adalah sebagai berikut:
  • Memberikan informasi yang luas tentang produk kepada pelanggan potensial
  • Dapatkan dan jangkau konsumen baru dan pertahankan loyalitas konsumen tersebut.
  • Membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan
  • Meningkatkan keunggulan dan membedakan produk dari pesaing lainnya.
  • Membangun brand dan citra produk pada brand di benak konsumen
  • Asumsi dan perilaku konsumen yang mempengaruhi produk.
Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tujuan utama dari promosi adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan.

Jenis promosi

Berbagai cara pemasaran telah mampu menciptakan bentuk dan cara promosi yang sangat beragam. Biasanya, promosi ini mencakup iklan, siaran pers, promosi konsumen, dan banyak lagi.

Philip Kotler dan Gary Armstrong percaya bahwa promosi dapat dibagi menjadi lima jenis, yaitu periklanan, penjualan pribadi, promosi, hubungan masyarakat, dan penjualan langsung.

Namun secara umum berbagai promosi yang sering kita lihat dan temukan saat ini adalah sebagai berikut.

1. Promosi fisik

Kita bisa dengan mudah mengetahui promosi apa saja yang sedang berlangsung di event atau event tertentu seperti konser, fair, exhibition dan lainnya. Promosi semacam itu biasanya dilakukan dengan membuka booth agar mereka bisa menawarkan produk atau jasanya.

Jenis promosi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Keuntungan dari jenis promosi ini adalah memungkinkan bisnis untuk langsung menjangkau dan berinteraksi dengan calon pelanggan. Sedangkan kelemahan dari promosi fisik adalah terbatasnya jumlah pelanggan potensial yang dapat dijangkau

Biasanya promosi ini diadakan di tempat-tempat khusus, seperti kantor, sekolah atau kampus, pusat perbelanjaan, dll. Oleh karena itu, semua orang di lokasi dapat dengan mudah dijangkau.

2. Promosi melalui media tradisional

Jenis promosi ini sangat efektif dalam meningkatkan penjualan di masa lalu, seperti media cetak, TV, radio, baliho, spanduk, dll.

Dibandingkan dengan promosi fisik, promosi semacam ini juga memiliki keunggulan tersendiri, yaitu dapat menjangkau lebih banyak konsumen dalam jangka waktu yang lebih lama. Namun jenis promosi ini memiliki kelemahan yaitu biaya promosi yang tinggi, baik dari segi media maupun biaya promosi itu sendiri.

3. Promosi melalui media digital

Perkembangan teknologi dan media informasi saat ini telah mengubah cara kita berpromosi. Beberapa promosi yang dapat dilakukan secara digital antara lain situs web, media sosial, mesin pencari, aplikasi, email, dll.

Setiap pengusaha yang melek teknologi umumnya cenderung menggunakan internet sebagai media untuk mempromosikan bisnisnya. Selain lebih murah, jenis promosi ini dapat menjangkau lebih banyak orang, serta proses promosi yang lebih mudah dan cepat.

Namun kelemahan dari promosi digital adalah membutuhkan kreativitas yang tinggi untuk melakukan promosi secara terus menerus karena banyaknya pesaing komersial. Artinya, kunci utama keberhasilan promosi digital adalah keunikan dan target yang tepat.

Beberapa contoh promosi

1. Promosi produk baru

Misalnya, sebuah restoran memiliki menu baru yang ingin mereka promosikan kepada konsumen. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah "Beli Menu X dan dapatkan reward berupa minuman segar"

2. Promosi yang lebih menarik

Agen pemasaran rumah sering memberikan nilai tambah dalam produk rumah. Jadi, seolah-olah konsumen akan mendapatkan keuntungan tertentu ketika membeli rumah. Misalnya, beli AC gratis, dan jika menang lotre, Anda berpeluang mendapatkan mobil atau motor.

3. Promosi cashback

Seringkali, promosi cashback dilakukan untuk menarik konsumen agar membeli dengan nama khusus. Biasanya cara ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan pada event-event tertentu. Setelah event berakhir, event cashback berakhir.

4. Tawarkan sampel produk atau penguji untuk promosi

Sebagian dari kita pasti pernah mendapat tawaran untuk mencoba suatu produk secara gratis, atau membeli kopi dan mendapatkan ekstra krimer.

Hal ini dilakukan melalui promosi yang menawarkan konsumen uji coba produk secara gratis. Tujuannya untuk mendapatkan feedback dari konsumen.