Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Strategi Pemasaran 7P

Strategi Pemasaran 7pMarketing Mix 7P, Marketing adalah ilmu yang sangat terkenal dalam bidang pemasaran. Jika Anda mengetahui lebih jauh tentang pemasaran, maka bauran pemasaran merupakan ilmu penting yang harus Anda ketahui. Bauran pemasaran berbicara tentang langkah-langkah dan strategi yang digunakan oleh sebuah merek atau produk. Awalnya kita mengenal bauran pemasaran 4P yaitu harga, lokasi, produk dan promosi.
Strategi Pemasaran 7P

Apa itu Bauran Pemasaran 7p?

Saat ini, sebuah teori baru yang disebut 7P mulai diterima. Apa itu 7P? , 7P dalam bauran pemasaran pada dasarnya merupakan perpanjangan dari teori 4P. Dalam artikel singkat ini, kita akan membahas bauran pemasaran secara keseluruhan. Mulailah dengan memahami bauran pemasaran itu sendiri, hingga merinci 7P yang merupakan poin utama dari bauran pemasaran. Untuk pengertian Marketing Mix 7p bisa anda lihat diatas.

Memahami Bauran Pemasaran

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bauran pemasaran berbicara tentang langkah-langkah dan strategi yang digunakan oleh sebuah merek atau produk. Jika didefinisikan secara teoritis, bauran pemasaran dapat dijelaskan sebagai berikut:

Berdasarkan teori tersebut, dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan strategi pemasaran yang dilaksanakan secara menyeluruh untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan menerapkan poin-poin kunci dalam bauran pemasaran, diharapkan perusahaan akan menghasilkan respons yang diinginkan di pasar sasaran.

Bauran pemasaran 7P

Bauran pemasaran 7P adalah alat pemasaran taktis yang mencakup: produk, harga, lokasi, promosi, orang, dan proses. Berikut penjelasan dari masing-masing poin bauran pemasaran 7P:

harga

Promosi adalah bagian dari bauran pemasaran Huruf pertama "P" yang akan kita bahas adalah harga. Harga yang dimaksud di sini adalah berapa banyak atau berapa banyak yang harus dibayar konsumen untuk mendapatkan produk yang ditawarkan. Penting untuk mempertimbangkan harga karena konsumen akan membeli produk Anda jika itu "nilai uang" dalam hal pengorbanan (uang dan waktu) dan manfaat apa yang didapat konsumen dari produk.

produk

Produk yang disebutkan di sini tidak selalu berupa benda fisik. Oleh karena itu, produk dapat ditawarkan dalam bentuk barang atau jasa. Produk harus memenuhi harapan konsumen. Produk yang andal membuat konsumen senang dan mendorong pembelian ulang. Oleh karena itu, menjaga kualitas produk yang ditawarkan kepada konsumen sangatlah penting.

Lokasi

Lokasi adalah bagian penting dari keberhasilan atau kegagalan kampanye pemasaran. Mengidentifikasi tempat yang tepat untuk menjual produk Anda sangat penting untuk meningkatkan pembelian Anda. Karena tempat ini merupakan tempat yang potensial untuk menjual produknya. Konsumen sudah tahu bahwa ada banyak pilihan dan variasi dalam membeli kosmetik di sana.

Tentu saja bersaing adalah salah satu pilihan terbaik dibandingkan pindah ke tempat lain yang masih belum tahu seberapa besar potensinya. Lokasi bukan hanya di mana Anda harus menjual produk Anda. Tetapi juga pertimbangkan saluran distribusi terbaik untuk mengirimkan produk Anda. Distributor A dan Distributor B, Saluran A dan Saluran B, bahkan Pasar A dan Pasar B.

promosi

Sekalipun Anda sudah memiliki lokasi, harga, dan produk yang tepat, jika produk Anda tidak dikenal, maka tidak akan optimal. Di sinilah promosi masuk sebagai bauran pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa on-line (ATL), off-line (BTL) atau on-line (TTL). Setiap bagian dari promosi memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami saluran promosi mana yang sesuai dengan target pasar kita.

Manusia

Memasukkan manusia sebagai salah satu komponen bauran pemasaran menunjukkan pentingnya sumber daya manusia bagi kelangsungan bisnis. Bukan rahasia lagi bahwa perusahaan yang berkelanjutan memiliki sumber daya manusia yang kuat di belakangnya.

Para pebisnis menyadari hal ini, dan bahkan perusahaan menunjukkan minat yang tinggi untuk merekrut karyawan yang berkualitas. Lebih dari sekedar mencari karyawan yang berkualitas. Perusahaan juga menyediakan lingkungan yang nyaman bagi karyawan terbaiknya untuk betah dan produktif dalam bekerja, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  • Memberikan pelatihan yang mendukung pengetahuan karyawan.
  • Terima kasih kepada staf atas apresiasinya.
  • Perlakukan karyawan dengan adil, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
Perusahaan akan mendapatkan loyalitas dan integritas dari karyawannya. Selain itu, pengelolaan karyawan yang baik dapat membangun budaya kerja yang positif dan meningkatkan kerjasama antar karyawan.

Kemasan

Kemasan menggambarkan bagaimana produk kita akan disajikan ke pasar atau konsumen. Kualitas produk itu penting. Namun perlu diingat bahwa kesan pertama di mata konsumen adalah kemasan atau packaging produk tersebut. Kualitas produk sebaik mungkin untuk menarik konsumen. Pada produk jenis ini, kemasan dapat berupa tampilan UI atau UX, tampilan aplikasi, atau kecepatan situs. Pengemasan sangat penting dan perlu diperhatikan.

proses

Misalnya di produsen susu kemasan. Baik itu tim produksi atau kontrol kualitas. Proses implementasi dapat dilakukan dengan menggunakan manusia, mesin, atau kombinasi. Ini adalah SOP untuk menjalankan proses di dalam perusahaan.

contoh bauran pemasaran 7p ?

Untuk lebih memahami bauran pemasaran, saya akan memberikan penjelasan singkat tentang contoh bauran pemasaran 7P, sebagai berikut:
  • Rincian Produk
  • Merk : Indomie
  • makanan
  • Target Pasar: SES B, Karyawan, Mahasiswa, Kolega, Campuran
Pemasaran Indomie

Harga: Indomie menjual produknya seharga 2.500 – 5.000. Harga ini cukup bersaing dengan merek lain dengan target pasar yang sama.

Produk: Meski target pasarnya sama, Indomie berusaha meningkatkan brand awareness.

Promosi: Gunakan media TV untuk mempromosikan Indomie pada jam tayang utama. Hal ini karena pengelolaan pegawai dilaksanakan dengan baik.

Proses: Adanya SOP yang tegas dan tepat membuat produksi Indomie berjalan lancar dan berhasil menyelesaikan tujuannya.

Tim Penjualan

Bauran pemasaran merupakan strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk berhasil mengejar keuntungan atau profit yang maksimal. Model ini awalnya dirancang oleh Neil Borden pada tahun 1964, dan model ini telah dikembangkan beberapa kali.

Pada tahun 1968, Jerome McCarthy mengurangi model Bauran Pemasaran sebelumnya menjadi Produk, Harga, Tempat, dan Promosi, yang dikenal sebagai model 4P. Selanjutnya, Booms & Bitner pada tahun 1981 membuat perkembangan lain dalam produk, harga, proses, promosi, bukti fisik, tempat dan orang dalam menanggapi tren di dunia bisnis saat itu.

Sampai saat ini, strategi ini telah mengalami banyak perkembangan, namun konsep 4P dan 7P masih merupakan konsep yang populer dan digunakan sebagai acuan dalam bisnis perusahaan dan penelitian akademis.

Perbedaan antara bauran pemasaran 4P dan 7P

Jika Anda bertanya-tanya perbedaan antara konsep 4P dan 7P, itu dapat dilihat dari elemen yang terlibat. Jika 4P hanya tentang produk, harga, lokasi, dan promosi, maka 7P menambahkan bukti fisik, proses, dan orang. Meskipun ada 4P untuk memperjelas bauran penjualan strategis, 7P lebih dalam untuk memungkinkan analisis kondisi pasar yang lebih mendalam.

Dengan mengacu pada lingkungan pasar eksternal dan internal, kombinasi dalam 7P membantu memenuhi kebutuhan, keinginan, dan kepuasan pelanggan. Berikut penjelasan dan contoh bauran pemasaran 7p, semoga bermanfaat, terima kasih.