Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teori Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Teori Strategi Pemasaran Menurut Para AhliPemasaran merupakan salah satu kegiatan utama yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mencapai tujuan yaitu mempertahankan kelangsungan hidup dan perkembangan serta memperoleh keuntungan.

Pemasaran juga merupakan faktor penting dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk itu, kampanye pemasaran harus memberikan kepuasan pelanggan jika perusahaan ingin bisnisnya terus berlanjut atau jika ingin konsumen memiliki opini yang baik terhadap perusahaan.
Teori Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Menurut Kotler (2012), pemasaran adalah: “proses sosial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produksi dan nilai dengan individu dan kelompok lain”.

Basu Swastha (2008: 5) mengutip definisi pemasaran William J. Stanton: Pemasaran adalah sistem holistik dari kegiatan komersial yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pembeli yang ada. dan calon pembeli.

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran lebih luas dari penjualan, pemasaran mencakup bisnis suatu perusahaan, yang ditandai dengan mengidentifikasi kebutuhan yang harus dipenuhi konsumen, menentukan harga produk yang sesuai, dan menentukan cara mempromosikan dan menjual produk tersebut.Oleh karena itu, pemasaran juga merupakan kegiatan yang saling terkait yang bertindak sebagai sistem yang menghasilkan keuntungan. Pemasaran sangat penting bagi keberhasilan suatu perusahaan. Ada sebuah filosofi dalam pemasaran yang disebut dengan filosofi pemasaran.

Basu Swastha dan Hani Handoko (2000) mendefinisikan konsep pemasaran sebagai berikut: “Konsep pemasaran adalah konsep bisnis yang menyatakan bahwa memuaskan kebutuhan konsumen merupakan kebutuhan ekonomi dan sosial untuk kelangsungan hidup perusahaan”. Definisi ini mengarah pada kesimpulan bahwa tujuan dari konsep pemasaran adalah untuk memuaskan kebutuhan konsumen.


Konsep pemasaran dapat diimplementasikan dengan mengidentifikasi dan merumuskan kebutuhan konsumen. Perusahaan yang memenuhi kebutuhan konsumen harus mengembangkan kebijakan produk, harga, promosi dan distribusi yang tepat berdasarkan target konsumen.

Teori Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli

Dalam pemasaran, ada enam konsep yang mendasari pelaksanaan kegiatan pemasaran organisasi, yaitu:

a. Konsep produksi

Konsumen menghargai produk yang tersedia di mana-mana dan dengan harga murah. Konsepnya berorientasi pada produksi, dengan upaya habis-habisan untuk mencapai efisiensi produk yang tinggi dan distribusi yang luas.

b. Konsep produk

Konsumen akan menyukai produk yang menawarkan kualitas, kualitas, kinerja, dan fungsionalitas terbaik.

c. konsep penjualan

Konsumen yang diabaikan, atau seperti mereka, organisasi harus berusaha melakukan penjualan dan promosi yang menarik konsumen.

d. Konsep pemasaran

Fungsi pencapaian tujuan organisasi melibatkan pengidentifikasian kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang dibutuhkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing.

e.Konsep Pemasaran Sosial

Misi organisasi adalah mengidentifikasi kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar serta tetap memberikan kepuasan dan terus menjaga serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau konsumen.

f. Konsep Pemasaran Global

Manajer eksekutif mencoba memahami semua faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis. Tujuan akhirnya adalah berusaha untuk mencapai keinginan semua pihak dalam perusahaan.