Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sebagian Padi di Juli Tambo Tanjong Sudah Mulai di Panen

Sebagian Padi di Juli Tambo Tanjong Sudah Mulai di Panen
Juraganberdesa----Hanya dengan mengandalkan air rembesan dan air hujan sebagian padi petani Gampong Juli Tambo Tanjong sudah mulai di Panen, hal ini terlihat dari pantauan penulis, selasa,19/09/2017.

Syahrizal Husen salah seorang petani kepada penulis menuturkan bahwa musim tanam rendengan tahun ini petani Gampong Juli Tambo Tanjong hanya mengandalkan air rembesan dan air hujan untuk mengairi air ke sawah hal ini di akibatkan karena jaringan terowongan irigasi induk Pante Lhong di kawasan Desa Blang Keutumba Kecamatan Juli masih dalam perbaikan.

Selanjutnya Fauzul Rizki petani pemula kepada penulis mengaku bahwa untuk mengatasi kekurangan air tersebut, kami terpaksa menggunakan pompanisasi dengan cara menyedot air rembesan irigasi untuk mengairi areal persawahan tuturnya.

Sabri mengakui, pompanisasi memaksa petani untuk merogoh kocek lebih dalam. Selain untuk membeli bensin sebagai bahan bakar mesin pompa, pengeluaran pun bertambah untuk menyewa mesin pompa air.

Disisi lain, Amrian Hadi mengaku pasrah dengan hasil panennya nanti. Sebab saat melakukan pemupukan yang kedua, tanamannya tidak mendapat pasokan air yang cukup, insya Allah kami mengharapkan saat kami panen, kami mendapatkan keuntungan dari hasil usaha kami selama ini “ungkapnya”.