Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dana Desa untuk Masyarakat Desa

Dana Desa untuk Masyarakat Desa

Pemerintah serius dalam melaksanakan pembangunan indonesia dari pinggiran, keseriusan itu tercermin dari Dana Desa yang digelontorkan Pemerintah ke seluruh Desa di Indonesia. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten/kota dan digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa digunakan untuk membiayai pembangunan Desa yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dengan prioritas penggunaan Dana Desa diarahkan untuk pelaksanaan program dan kegiatan Pembangunan Desa.

Filosofi Dana Desa adalah meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan antara desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. sesuai dengan Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang desa maka desa di berikan keleluasaan untuk mengatur kewenangannya, baik kewenangan berdasarkan hak asal usul, kewenangan di tugaskan pemerintah dan kewenangan lain yang di tugaskan Pemerintah sesuai tugas.

Dimana Dana Desa ini diprioritaskan untuk pengembangan produk unggulan desa/produk unggulan kawasan perdesaan, pembuatan embung desa, pendirian BUMDesa dan pembangunan sarana olahraga desa.

Pada pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa ini sangat terasa efeknya, mulai dari efek positif sampai pada efek negatif. Dari efek positif misalnya, banyak infrastruktur seperti jalan lingkungan dan jalan desa yang tadinya hanya beralaskan tanah sekarang sudah beralaskan aspal dan beton. Kawasan persawahan yang kurang teraliri air sekarang sudah bisa teraliri air, dan masih banyak contoh yang lainnya. Begitu juga dengan efek negatif yang berkembang, banyak para oknum yang memanfaatkan Dana Desa ini sebagai celah dan ladang untuk korupsi.

Oleh karena itu, mari kita kawal bersama program Dana Desa ini mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan sampai pada pelaporannya. Agar #ManfaatDanaDesa ini benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Desa guna meningkatkan perekonomian masyarakat menuju titik sejahtera.

Oleh Hafidz Ma'mun (PLD Kab. Bogor Prov. Jawa Barat)