Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Proposal Permohonan Traktor Pertanian





PROPOSAL PERMOHONAN

BANTUAN TRAKTOR

Diajukan Oleh :


Kelompok Tani “TANJONG JAYA”

Desa Juli Tambo Tanjong, Kecamatan Juli

Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen

KELOMPOK TANI

“TANI TANJONG JAYA”


Sekretariat : Desa Juli Tambo Tanjong RT. 01 / RW. 06, Kecamatan Juli,

Kabupaten Bireuen 52463

Nomor : 01 / 2.00 / TANJONG JAYA/202 Juli Tambo Tanjong, 12 Maret 2012

Lampiran : 1 (satu) bendel

Perihal : Permohonan Bantuan TRAKTOR

Kepada Yth,

Kepala Dinas TANBUNHUT

Kab. Bireuen


Di


Bireeun



Dengan hormat,

Dalam rangka mendorong produktivitas hasil pertanian, diperlukan adanya kemauan dan niat baik semua pihak untuk memberikan yang terbaik demi kesejahteraan masyarakat banyak.

Berkaitan dengan hal tersebut keberadaan alat mesin pertanian untuk mendukung kinerja para petani sangat diharapkan untuk dapat segera diwujudkan. Melalui proposal ini kami warga masyarakat petani yang tergabung dalam kelompok tani “Tani Tanjong Jaya”, desa Juli Tambo Tanjong Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen mohon bantuan dari bapak kepada Dinas Tanbunhut Kabupaten Bireuen berupa Traktor guna menunjang usaha tani kami sekaligus mensukseskan program pemerintah berupa pengembangan peningkatan produksi beras nasional dan swasembada pangan.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas terkabulnya permohonan ini kami sampaikan terima kasih.


PROPOSAL PERMOHONAN


BANTUAN TRAKTOR

KELOMPOK TANI

“TANJONG JAYA”





A. LATAR BELAKANG

Desa Juli Tambo Tanjong merupakan salah satu desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen. Dengan topografi dataran rendah. Desa Juli Tambo Tanjong memiliki potensi yang cukup besar dibidang pertanian. Hal ini didukung pula oleh sebagian besar masyarakatnya yang masih menggantungkan mata pencahariannya pada sector pertanian. Potensi pertanian desa Juli Tambo Tanjong terdiri dari :


- Sawah : 162.867 Hektar

- Bireuenan : 25.253 Hektar

- Pekarangan : 62.075 Hektar

- Hutan Negara : 80.000 Hektar

Dari luasan sawah yang ada tersebut di atas, sebanyak 120 ha merupakan sawah yang dapat ditanami 2-3 kali dalam satu tahun (IP 300). Sementara sisanya yaitu sekitar 42.867 ha praktis hanya ditanam 1 kali dalam setahun (IP 100). Hal ini dikarenakan usaha tani sangat erat kaitannya dengan kesediaan air yang saat ini relatif terbatas padahal pengairan di Desa Juli Tambo Tanjong sebagian besar setengah tehnis.

Percepatan waktu tanam merupakan salah satu alternatif untuk dapat memanfaatkan ketersediaan air yang terbatas. Alat mesin pertanian (Alsintan) sebagai hasil teknologi yang dapat mempercepat atau memperlancar kegiatan di bidang pertanian dapat memberi manfaat banyak kepada petani, khususnya di Desa Juli Tambo Tanjong.

Apabila penggunaan Traktor dalam usaha ini bisa diterapkan secara optimal maka potensi pertanian yang ada di Desa Juli Tambo Tanjong dapat diperdayakan secara optimal pula. Hal ini dapat meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petani, khususnya di Desa Juli Tambo Tanjong.

Kaitan dengan traktor mengolah tanah berbarengan kurangnya tenaga kerja sehingga banyak petani yang terlambat untuk mengolah lahan tersebut.

Dengan adanya bantuan traktor dari pemerintah Kab. Bireuen Insya Allah dapat membantu akan kerja olah tanah yang tepat waktu.

Atas dikabulkannya permohonan proposal ini kami sampaikan terima kasih.

B. KONDISI SAAT INI

Pengembangan Sentra Tanaman Pangan Khususnya Padi dan Jagung

Pada tahun 2007, Desa Juli Tambo Tanjong mendapatkan perhatian pemerintah berupa bantuan Benih P2BN dan Jagung Hibrida melalui Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bireuen untuk kegiatan Pengembangan Peningkatan Produksi Beras Nasional. Disamping itu Desa Juli Tambo Tanjong mendapat bantuan Benih Jagung untuk uji Multiverietas Jagung Hibrida secara bergulir.

C. KONDISI YANG DIHARAPKAN

Dengan adanya berbagai kondisi nyata sebagaimana yang diungkapkan di atas, maka Kelompok Tani Tanjong Jaya berupaya memberdayakan dan memasyarakatkan penggunaan alsintan Traktor untuk dapat mengatasi kendala-kendala tersebut. Untuk itu Kelompok tani Tanjong Jaya Desa Juli Tambo Tanjong bermaksud mengajukan bantuan Traktor. Jika hal ini bisa diwujudkan tentunya akan sangat membantu masyarakat petani di Desa Juli Tambo Tanjong
D. PENUTUP
Dengan adanya perhatian dari pemerintah berupa bantuan Traktor yang dibutuhkan oleh masyarakat petani desa Juli Tambo Tanjong diharapkan dapat meningkatkan produktifitas pertanian sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.



Dengan semakin berkembangnya jumlah Traktor yang beroperasi di desa Juli Tambo Tanjong, maka nantinya kehadiran bengkel Traktor menjadi penting. Hal ini sebenarnya dapat membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda tani yang memiliki keahlian di bidang pemesinan.



Dukungan semua pihak terutama pemerintah sangat diharapkan agar dapat lebih memberdayakan masyarakat petani utamanya dengan adanya peningkatan dan pemasyarakatan penggunaan alsintan yang muaranya adalah pendapatan dan kesejahteraan petani meningkat.