Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Sebagai Badan Hukum Bercirikan Gampong



Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) atau yang sering dikenal dengan BUMdes merupakan sebuah badan hukum yang berada dan bercirikan Gampong . Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sendiri dianggap sebagai bagian organik dari komunitas organik Gampong yang dikenal sebagai Genossenschaft. Perkembangan badan usaha tersebut merupakan bagian dari konsep kesatuan masyarakat hukum yang ada dalam realitas sosial atau Krperschaftsbegriff.

Keberadaan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) didukung oleh adat setempat, karena menyumbangkan kemakmuran sebuah Gampong . Sedangkan kewenangan hak asal usul serta kewenangan lokal berskala Gampong menjadi alasan hukum bagi Pemerintah Gampong dan BPD untuk mengakui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai badan hukum bercirikan Gampong atau Badan Hukum Gampong yang mana dibentuk berdasar kesepakatan dalam Musyawarah Gampong . Penetapan AD / ART Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) yang melalui Kepala Gampong serta Peraturan Gampong yang ada.

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai Badan Hukum Publik bercirikan Gampong dibahas dalam proses musyawarah Gampong , kemudian ditetapkan dengan Peraturan Gampong , dan AD/ART kemudian ditetapkan oleh keputusan Kepala Gampong yang berasal dari norma Hukum Peraturan Gampong .

Dukungan lain juga berasal dari Kemendes yang memiliki kewenangan untuk mengakui dan menjamin keududkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai Badan Hukum Publik bercirikan Gampong . Dengan demikian, kedudukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) baik sebagai Badan Hukum Gampong maupun Badan Hukum Publik yang bercirikan Gampong dapat dan berhak untuk melakukan usaha bersama secara cooperative serta memiliki kewajiban untuk patuh terhadap prinsip, semangat, serta asas kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Sebagai Badan Hukum Publik bercirikan Gampong , Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) memiliki kekayaan yang dipisahkan dari kekayaan Gampong . Kekayaan Gampong yang dipisahkan tersebut dipisahkan dari neraca dan pertanggungjawaban Pemerintah Gampong . Aset Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) berasal dari keikutsertaan modal dari Pemerintah Gampong dan juga modal ari masyarakat Gampong . Hanya saja keikutsertaan modal tersebut tidak dalam wujud saham.

Penyertaan modal dalam bentuk saham yang berasal dari warga Gampong akan lebih tepat apabila digunakan sebagai modal penyertaan individu penduduk Gampong pada unit Usaha yang sudah berbadan hukum PT yang juga bisa saja dibentuk oleh Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai pengembangan usahanya.

Sebagai konsekuensi, keuntungan atau pendapatan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) haruslah stabil agar dapat melakukan penyertaan modal-saham pada Unit Usaha berbadan hukum privat atau PT.

Dalam mengatur aset-asetnya, Gampong berwenang untuk memutuskan membeli aset mana yang dibutuhkan untuk mengembangkan usahanya. Aset tersebut digunakan untuk kepentingan kolektif yang secara khusus diputuskan bersama dalam Musyawarah Gampong .

Dalam aktifitasnya, Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) juga wajib memberikan informasi mengenai kinerjanya secara terbuka kepada publik berkaitan dengan penggunaan Dana Gampong , Aset Gampong dan kerjasama yang mungkin ada sebagai kemitraan strategis untuk pembangunan serta pemberdayaan Masyarakat Gampong

Fungsi struktur organisasai Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) disini tidak semata hanya terbagi atas Penasihat, Pelaksana Operasional, serta Pengawas saja namun juga melibatkan Musyawarah Gampong , Penasihat, Pelaksana Operasional serta pengawas sebagai kesatuan organik yang sudah disebutkan sebelumnya.

Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai Badan Hukum Publik bercirikan Gampong yang diakui secara hukum juga memiliki kewenangan untuk melakukan perbuatan hukum baik hukum publik maupun hukum privat. Dengan demikian, Direktur Utama Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat melakukan perjanjian hukum yang memiliki tujuan saling menguntungkan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) serta perbuatan hukum lainnya yang dengan demikian Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dapat menuntut juga dapat dituntut di pengadilan.

Itulah beberapa informasi mengenai Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) sebagai Badan Hukum bercirikan Gampong yang semoga dapat memberikan wawasan untuk pengembangan daerah Anda.