Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Langkah Menyusun Kelayakan Usaha bagi BUMDes

Langkah Menyusun Kelayakan Usaha bagi BUMDes

Badan Usaha Milik Gampong - Faktor utama menentukan sebuah usaha bakal berhasil atau tumbang adalah sejauhmana kelayakan usaha disusun sebelum menjalankannya, demikian pula dalam penentuan unit usaha yang akan dijalankan BUMG. Semakin lengkap bahan pertimbangan yang dipakai sebagai alat analisa maka semakin besar kemungkinan usaha itu bakal lestari bahkan mengembang.

Usaha yang dibangun BUMG haruslah rasional, artinya memperhitungkan dengan cermat keuntungan yang bisa diraih, kemanfaatan bagi masyarakat sekaligus dampak negatif yang mungkin muncul akibat berjalannya usaha itu. Soalnya, BUMG adalah lembaga yang lahir untuk mensejahterakan warga Gampong, bukan malah merebut potensi ekonomi yang sudah dijalankan warganya selama ini.

Tak hanya rasional melainkan juga realistis alias harus berdasar potensi Gampong, kebutuhan masyarakat Gampong dan sesuai dengan kemampuan SDM yang ada di Gampong itu. Yang harus dihindari adalah jangan sampai sebuah unit usaha BUMG dibentuk hanya karena ‘kepincut’ dengan usaha yang dijalankan BUMG lain. Soalnya, tiap Gampong memiliki potensi yang unik sehingga belum tentu cocok diduplikasi di Gampong lain.

Satu lagi, karena BUMG dimiliki warga se-Gampong maka setiap langkah yang ditempuh BUMG harus pula menyertakan partisipasi masyarakat di dalamnya. Lagipula, berkembang dan tidaknya sebuah usaha yang dimiliki BUMG juga bakal sangat ditentukan kepercayaan warganya terhadap BUMG itu. Jangan sampai apa yang dijalankan BUMG malah melahirkan penolakan dari warga. Lalu apa yang harus dlakukan dalam proses menemukan bentuk usaha dan yang paling jitu bagi BUMG berdasar pertimbangan itu semua?

Mengenali Kebutuhan masyarat, kegiatan ini harus di lakukan secara sistemik dengan cara bertanya pada sebagian anggota masyarakat mengenai produk jenis apa yang mereka butuhkan sekaligus jasa seperti apa yang masyarakat inginkan. Dari situ BUMG bisa bakal memiliki simpulan mengenai produk yang paling dibutuhkan warga Gampong. Dari data ini juga bakal bisa lahir ide usaha bagi BUMG yakni produk apa yang bisa dibuat BUMG untuk memenuhi kebutuhan warganya.

Melibatkan warga dalam menentukan pilihan jenis usaha. Menggagas bersama warga Gampong untuk menentukan pilihan-pilihan jenis usaha yang paling prospektif dan memungkinkan untuk dilakukan. Tapi sebelumnya tim ini telah menemukan beberapa alternatif usaha dari hasil identifikasi yang dilakukan sebelumnya sehingga pembahasannya lebih fokus pada beberapa pilihan yang telah disiapkan dengan matang.

Setelah memperoleh persetujuan dari para wakil warga dalam musyawarah Gampong maka rancangan usaha yang disusun harus pula ditunjukkan pada warga Gampong. Dukungan forum ini sangat penting karena BUMG menempatkan wargannya sebagai pemilik sekaligus klien yang akan dilayani. Menggalang kesepakatan menentukan unit usaha yang akan dijalankan BUMG. Soalnya keberadaan unit usaha bakal sangat dipengaruhi oleh dukungan warga.

Untuk melengkapi pengajuan kelayakan usaha yang perlu dikaji dalam menentukan kelayakan usaha adalah aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi, aspek manajemen dan SDM , aspek keuangan, aspek ekonomi, sosial, budaya, politik dan lingkungan serta aspek hukum alias yuridis.[Sumber: berdesa.com]