Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Catatan Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan LPJ Dana Desa



Laporan pertanggungjawaban apapun harus memperhatikan kelengkapan administrasi berikut dibawah ini:
  1. Setiap pencairan dana oleh bendahara didasari adanya SPP yang sudah diverifikasi Keurani Gampong dan disetujui Keuchiek Gampong. SPP dilampiri RAB sesuai APBGampong dan pernyataan tanggung jawab dari Tim Pelaksana dan atau PTPKD.
  2. Kwitansi belanja/pengeluaran bermaterai cukup dan ditandatangani oleh penerima, bendahara dan Keuchiek Gampong berstempel. Pastikan mencantumkan tanggal pembayaran tanggal, bulan tahun ditulis lengkap. Penulisan tanggal yang lengkap akan sangat berguna memudahkan penulisan pada BKU dan buku administrasi lainnya yang harus dikerjakan bendahara. Setiap kwitansi harus dilampiri nota atau bukti tagihan lainnya.
  3. Pastikan belanja yang wajib potong atau dipungut pajak tidak salah hitung dan disetor sesuai ketentuan. Gunakan billing pajak online untuk setor pajak dan lampirkan bukti pembayaran pada LPJ. Jangan lupa catat pemasukan dan penerimaan pajak pada Buku Pembantu Pajak.
  4. Setiap pekerjaan yang didanai APBGampong telah selesai dikerjakan buat Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan (BASTHP) dari pihak ketiga/rekanan kepada Keuchiek Gampong sebagai Penguasa Pengelolaan Keuangan Gampong. Selanjutnya dibuat Berita Acara serah terima dari Keuchiek Gampong ke Pengurus Barang atau Kaur yang menangani aset Gampong.
  5. Pada saat pengajuan SPP maupun penyerahan hasil pekerjaan Sekretaris Gampong membuat lembar ceklis pemeriksaan administrasi sebagi bukti bahwa hasil pekerjaan telah sesuai dan dikerjakan dengan baik. Lembar ceklis administrasi oleh Keurani Gampong sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan telah diverifikasi.
Setiap penggunaan uang APBGampong mengandung resiko tanggungjawab sesuai ketentuan hukum yang berlaku. Hindari markup angggaran ataupun kegiatan fiktif. Jadi verifikasi SPP dan hasil pekerjaan harus dilakukan sesuai dengan kenyataan yang didukung fakta yang sebenarnya. Jika semua hal di atas dilakukan Anda tidak perlu khawatir saat ada pemeriksaan terkait keuangan Gampong.