Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Menteri Eko Cerita Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bisa Buat Keuchiek Berpendapatan Rp 20 Juta

Menteri Eko Cerita Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bisa Buat Keuchiek Berpendapatan Rp 20 Juta

Menteri Gampong Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemerintahan Gampong Tahun 2019. Dalam kesempatan ini, Mendes Eko berbagi pengalaman soal dana Gampong dan model pembagunan peGampongan di Indonesia salah satunya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG).

Dihadapan ribuan perangkat Gampong dari berbagai seluruh Provinsi Indonesia, dirinya membanggakan penyaluran dana Gampong yang setiap tahunnya meningkat. Di mana sejak 2015-2018 pemerintah telah mengalokasikan sebesar Rp 187 triliun.

Kemudian pada tahun 2018 ditambah menjadi Rp 70 triliun sehingga dalam lima tahun, pemerintah menggelontorkan dana Gampong sebesar Rp 257 triliun.

Meski alokasi dana Gampong setiap tahunnya mengalami peningkatan, Mendes Eko meminta para aparatur Gampong tidak berpaku pada dana Gampong saja. Sebab, salah satu upaya memperbaiki perekonomian di Gampong juga bisa dilakukan dengan membentuk Badan Usaha Milik Gampong (Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)).
"Mangkanya segera dibangun Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)nya nanti kita bantu kita kasih pendampingan supaya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)-nya bisa menghasilkan uang, kalau Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)-nya bisa menghasilkan uang bisa menambah anggaran dana Gampong pembangunan Gampong juga bisa ditambah siltapnya (penghasilan tetap)," kata Mendes Eko dalam sambutannya di Ecovention Ocean Park, Jakarta, Rabu (20/2).

Mendes Eko mengatakan, dari beberapa Gampong yang telah memiliki Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) terbukti peningkatan perekonomian di Gampong tersebut semakin bertambah. Bahkan, dengan adanya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) tersebut juga pendapatan seorang kepala Gampong bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

"Sekarang sudah banyak Gampong-Gampong yang kepala Gampongnya pendapatannya Rp 10 juta, ada yang Rp 5 juta, ada yang Rp 20 juta yang Gampong-Gampongnya Badan Usaha Milik Gampong (BUMG)nya sudah jadi," katanya

Oleh karena itu, dirinya meminta agar seluruh aparatur Gampong dapat segera membentuk Badan Usaha Milik Gampong (BUMG). Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatan perekonomian terutama di Gampong-Gampong yang masih tertinggal.

Sumber: https://www.merdeka.com

Judul Aslinya: Menteri Eko Cerita BUMDes Bisa Buat Kepala Desa Berpendapatan Rp 20 Juta