Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tuha Pakat Gampong Menurut Qanun Bireuen No.6 Tahun 2018


Siapa Saja yang termasuk Dalam TUHA PAKAT GAMPONG? dan Apa Fungsinya? Berikut Penjelasannya

Qanun Bireuen No.6 Tahun 2018

Untuk kelancaran penyelengaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan gampong, memelihara keharmonisan hubungan kerja antar lembaga dan penyelesaian konflik sosial, di gampong dapat dibentuk Tuha Pakat yang merupakan forum koordinasi pimpinan lembaga di gampong.

Tuha Pakat Gampong yang merupakan forum koordinasi pimpinan lembaga di gampong keanggotaannya terdiri dari :

a. Tuha Pakat Inti; dan

b. Tuha Pakat Plus.

Tuha Pakat Inti terdiri dari Keuchik, Peutuha Tuha Peuet dan Imuem Gampong.

Tuha Pakat Plus terdiri dari Tuha Pakat Inti, Peutua Tuha Lapan, Ketua Pemuda dan Ketua TP-PKK serta Ketua Lembaga Adat di Gampong.
Tuha Pakat Gampong mempunyai fungsi :

a. membangun koordinasi antar lembaga gampong secara efektif dan harmonis dalam penyelenggaraan tugas dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan kepentingan masyarakat gampong;

b. mengidentifikasi potensi konflik sosial antar komunitas masyarakat, perumusan kebijakan dan melaksanakan langkah-langkah penyelesaiannya;

c. mengidentifikasi potensi konflik sosial antara masyarakat dan lembaga gampong, perumusan kebijakan dan melaksanakan langkah-langkah penyelesaiannya; dan

d. mengidentifikasi potensi konflik sosial antar lembaga gampong, perumusan kebijakan dan melaksanakan langkah-langkah penyelesaiannya.

(1) Penyelenggaraan fungsi Tuha Pakat dilaksanakan dalam suatu forum rapat koordinasi.

(2) Rapat koordinasi dilaksanakan atas usulan anggota Tuha Pakat menurut kebutuhan dan/atau paling kurang 1 (satu) tahun sekali.

Tuha Pakat Inti merupakan unsur pimpinan forum koordinasi yang memiliki hak kepemimpinan yang sama berdasarkan pelaksanaan fungsi koordinasi.

Dalam hal pelaksanaan fungsi membangun koordinasi antar lembaga dan fungsi penyelesaian konflik sosial antar komunitas masyarakat. Tuha Pakat dipimpin oleh Keuchik, dan Tuha Pakat Plus Lainya menjadi anggota forum.

Dalam hal pelaksanaan fungsi penyelesaian konflik sosial antara masyarakat dengan lembaga gampong dan konflik antar lembaga gampong. Tuha Pakat dipimpin oleh salah satu angota Tuha Pakat inti yang tidak tersangkut dengan konflik yang sedang di selesaikan dengan mengutamakan fungsi Peutuha Tuha Peuet, sedangkan anggota Tuha Pakat Plus Lainya menjadi anggota forum.

Hasil rapat koordinasi Tuha Pakat dituangkan dalam Rekomendasi yang disampaikan kepada para pihak dan tembusannya disampaikan kepada Imeum Mukim dan Camat.
Rekomendasi Tuha Pakat memiliki kekuatan hukum yang mengikat para pihak dan para pihak berkewajiban untuk menindaklanjuti sampai tuntasnya konflik.

Tata cara pelaksanaan rapat koordinasi dan pengambilan keputusan diatur lebih lanjut dalam Tata tertib Rapat Tuha Pakat yang disesuaikan dengan pokok bahasan rapat koordinasi.

Tata tertib rapat ditetapkan melalui musyawarah Tuha Pakat yang diadakan khusus sebelum rapat pembahasan pokok masalah yang akan diselesaikan.

Demikianlah Penjelasan tentang Siapa Saja yang termasuk Dalam Tuha Pakat Gampong? dan Apa Fungsinya? Berikut Penjelasannya

Terimakasih telah membaca artikel Siapa Saja yang termasuk Dalam Tuha Pakat Gampong? dan Apa Fungsinya? Berikut Penjelasannya

Semoga Artikel Siapa Saja yang termasuk Dalam Tuha Pakat Gampong? dan Apa Fungsinya? Berikut Penjelasannya dapat bermanfaat bagi anda.