Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cetak PMK 225 Kegiatan Tidak Muncul? Begini Cara Mengatasinya


Misterule (16/08/2019), Saat cetak form PMK 225 ada kegiatan yang tidak muncul ? Begini cara cari solusinya. 

Pertama, pastikan paket kegiatan di isikan pada menu Data Entri > Isian data anggaran > Kegiatan. Disini paket kegiatan harus terisi, dan dipilih berdasarkan pilihan yang telah tersedia pada database Siskeudes (Parameter Kegiatan). 

gambar : Google
Sebenarnya ini di entri pada saat pengisian kegiatan sebelum database di posting oleh admin Kabupaten. Karena bila sudah di posting maka hal ini tidak dapat dirubah. 

Bagi operator yang sudah terlanjur mengisi kosong, atau mengisi paket kegiatan dengan pilihan lain-lain kegiatan, maka hal ini tidak akan muncul di entri Output Dana Desa (PMK 225).

Bila sudah begini siap-siap deh menjelaskan ke pihak Dinas Keuangan yang akan mengentri data PMK 225 ke aplikasi OMSPAN milik Kementerian Keuangan.

Kedua, pastikan sumber dana pada paket kegiatan yang dimaksud telah dipilih Sumber Dana Desa (APBN). Karena bila tidak maka hal ini juga tidak muncul di isian output Dana Desa, yang secara otomatis berpengaruh pada Form PMK 225.

Namun untuk kasus ini, teman-teman tidak perlu khawatir, karena hal ini masih dapat di ubah, cara mengubah nya seperti mengubah menu isian pada umumnya. Tinggal klik tombol ubah, dan pilih Sumber Dana Desa (APBN), setelah itu klik tombol simpan.

Setelah selesai di ubah, silahkan cek realisasi dana desanya di menu Laporan > Pembukuan > Realisasi Dana Desa PMK 225 (Paling bawah pada tampilan menu ini). Seharusnya sih sudah muncul.

Sebagai tambahan, isian realisasi Penyertaan Modal (Pembiayaan 1) Tidak ada kolom entri di out put Dana Desa.

Demikian dulu untuk pembahasan kali ini. Silahkan share ke teman-teman lainnya ya.

Terima Kasih.