Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dana Desa Boleh Dimanfaatkan untuk Atasi Masalah Gizi


Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes) Anwar Sanusi menegaskan dana desa boleh dimanfaatkan untuk pembangunan di bidang kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi gizi buruk.

"Dana desa boleh dipergunakan dalam bidang kesehatan. Misalnya mengatasi problem (masalah) gizi buruk. Ya, itu boleh saja kok," kata Anwar dalam acara 'Pertemuan Koordinasi Tim Nusantara Sehat Batch 9, 10, 11 di Jakarta pada Selasa (6/8/2019) malam.

Di bidang kesehatan, dana desa boleh untuk mendukung ketersediaan ambulans dan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kader kesehatan. Pemanfaatan dana desa bertujuan mendukung pembangunan desa, baik fasilitas dan sarana prasarana lain.

"Yang pasti, dana desa yang disalurkan diperuntukkan untuk membangun infrastruktur dan meningkatan pemberdayaan masyarakat, termasuk dalam bidang kesehatan," lanjut Anwar.

Bangun Posyandu

Penyaluran dana desa ini sudah dilakukan sejak 2015 sampai sekarang. Upaya penyaluran dana desa mempertimbangkan kondisi desa sesuai tingkatannnya, termasuk yang terpencil dengan kategori tingkat kemiskinan tinggi.

"Kesehatan punya problematika, seperti stunting. Jadi, bagaimana dana desa bisa dipersiapkan mendukung sarana dan prasarana mengatasi hal tersebut. Dengan menggunakan dana desa, posyandu bisa didirikan," Anwar melanjutkan.

Posyandu termasuk instrumen penting memperbaiki kualitas kesehatan ditingkat desa. Lebih dari 24.000 posyandu sudah didirikan Kemendes.
"Kami menggagas juga nih kepada Bu Menteri Kesehatan (Nila Moeloek) untuk meng-upgrade fungsi posyandu supaya posyandu tidak hanya fokus menangani bayi dan balita saja," ujar Anwar dalam acara yang juga dihadiri Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek.

Embung untuk Pelihara Ikan

Anwar mencontohkan, embung yang dibangun untuk menampung air hujan demi mengatasi kekeringan bisa dimanfaatkan memelihara ikan. Upaya ini dapat meningkatkan nutrisi pangan hewani bagi masyarakat setempat.

"Jadi, embung bukan hanya dipergunakan ketersediaan air tapi bisa juga embung perikanan. Benih ikan ditampung di embung. Nanti kan panen ikan. Ini bisa meningkatkan nutrisi, yang mengarah kepada perbaikan kesehatan masyarakat desa," paparnya.

Hingga saat ini, dana desa juga lebih banyak digunakan membangun akses jalan desa. Data Kemendes mencatat, jalan desa yang dibangun dari dana desa sebanyak 191.000 km.

Yang menjadi tantangan sekarang soal jalan penghubung desa yang menghubungkan antar wilayah.

"Ini tantangan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Tapi yang pasti dana desa setiap tahun yang disalurkan tidak pernah turun. Pemerintahan Pak Jokowi (Joko Widodo) ke depannya akan menjanjikan dana desa yang lebih besar lagi," tambah Anwar.

Sumber: Liputan6.com