Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa


BAB I
PENDAHULUAN
Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa

A.    Latar Belakang Masalah
Mata Pelajaran Geografi merupakan salah satu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) yang diajarkan pada Sekolah Menengah Pertama. Mata Pelajaran Geografi di sekolah sekolah dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik dan membosankan. Mengapa demikian, karena mata pelajaran Geografi ruang lingkupnya luas sekali. Mata Pelajaran Geografi yang diajarkan di Sekolah Menengah Pertama merupakan suatu mata pelajaran yang berisikan cerita atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau dalam jangka waktu yang lama, siswa tidak mengalami secara langsung peristiwa tersebut.
Disamping itu siswa juga dituntut untuk menghafal Bulan, tanggal, tahun
kejadian dan tempat kejadian, sehingga mata pelajaran Geografi di sekolahsekolah sering dirasakan sebagai mata pelajaran yang kurang menarik, monoton dan kurang bervariasi. Untuk mengatasi agar pengajaran Geografi tidak monoton dan lebih bervariasi maka dapat digunakan media pengajaran bagi mata pelajaran Geografi. Tujuan dari penggunaan media pembelajaran mata pelajaran Geografi dapat memperjelas penyajian guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mengatasi keterbatasan guru, mengatasi sikap aktif siswa, dan mengatasi keterbatasan ruang.
Pengertian Media disini adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Oleh Karenanya Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses terjadi. Dengan demikian dalam proses belajar, mengajar, media sangat diperlukan agar siswa bisa menerima pesan dengan baik dan benar.
Media Peta merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Penggunaan media peta membantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang disajikan, Namun demikian apakah benar bahwa dengan menggunakan media peta, hasil belajar Geografi siswa Sekolah Menengah Pertama akan lebih baik, ataukah sebaliknya justru dengan menggunakan media peta prestasi belajar mata pelajaran Geografi siswa akan menurun.
Dari uraian di atas maka permasalahan yang diungkap dalam Skripsi ini adalah : �Pengaruh Penggunaan Media Peta Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Geografi dI Sekolah Menengah Pertama �.
B.    Perumusan Masalah
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan proposal ini adalah sebagai berikut :
1.     Bagaimana penggunaan media peta dalam mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Pertama?
2.     Bagaimana prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mata pelajaran Geografi?
3.     Bagaimana pengaruh penggunaan media peta pada prestasi belajar dalam mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Pertama ?
C.    Tujuan Penelitian
Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam penulisan proposal ini adalah sebagai berikut :
1.     Mengetahui penggunaan media peta dalam mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Pertama.
2.     Mengetahui prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mata pelajaran Geografi.
3.     Mengetahui pengaruh penggunaan media peta pada prestasi belajar dalam mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Pertama.
D.    Manfaat Penelitian
Manfaat secara akademis yaitu menambah literatur ilmiah bidang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan penggunaan media peta pada mata pelajaran Geografi.
Manfaat secara praktis yaitu dapat mengetahui pembelajaran sehingga lebih bervariasi di Sekolah Menengah Pertama.
Manfaat secara teoritis dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian tentang pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama.
E.    Hipotesis Penelitian
Dari landasan teori yang ada dapat diambil hipotesis, yaitu ada pengaruh penggunaan media peta pada prestasi belajar dalam mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Pertama.

F.     Penegasan Istilah
1. Media Peta
Suatu alat atau gambar yang berfungsi sebagai perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan sacara langsung atau tidak langsung mengungkap sangat banyak informasi seperti lokasi atau daerah, kerajaan, daratan, perairan, iklim, sumber ekonomi serta hubungan satu sama lain.
2. Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan suatu hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Prestasi belajar tersebut diwujudkan dalam bentuk nilai angka maupun huruf yang ditulis dalam buku laporan nilai atau raport yang diberikan setelah selesai mengikuti tes.
G. Sistematika Penulisan
Diuraikan tentang latar belakang masalah, permasalahan, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis, penegasan istilah dan sistematika penulisan.









DAFTAR PUSTAKA
Amir Hamzah Sulaiman. 1981. Media Audio Visual. Jakarta : Gramedia

Arikunto, Suharsimi. 1997, Prodesur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta : Bumi Aksara

Dayan, Anto.1989. Metode Penelitian. (Edisi Kedua). Jakarta : Ghalia Indonesia.

Hadi,Sutrisno. 1994. Metode Research. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM

Heri Subagyo. 1982. Teori mengajar dan Belajar. FPIPS. IKIP Semarang : Handout

Jacobs, Ary. Razevech. 1982. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. Surabaya : Usaha Nasional.

Kasmadi, H. 1992. Taktik Mengajar Bagian diskusi tentang Teknik Mengajar. IKIP Semarang Press.

Kuntjaraningrat. 1997. Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta : Rajawali.

Nasir, Moh. 1996.Metode Penelitian. Bandung: Tarsito.

Nasution, S. 1996. Metode Penelitian . Bandung: P.Tarsito.

-------------- 2001.Metode Riset Penelitian Ilmiah (Edisi Keempat). Jakarta:Bumi
Aksara

Purwadarminto.1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Rochman Natawijaya. 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Dep. P dan
K Jakarta.

Sadiman, Arief 1990. Media Pendidikan, Pengembangan, Pemanfaatan., CV
Rajawali. Jakarta.

Satmoko, Retno S.2000. Statistika Inferensial. Semarang : IKIP Press.

Sugiyono 1994. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.