Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Download: Format Excel RAB Operasional Lemabaga Tuha Peut Gampong


Bagaimana contoh RAB kegiatan Operasional Lemabaga Tuha Peut Gampong tahun 2019 dalam bentuk format excel/xls? Pada dasarnya, format RAB Kegiatan di Desa baik yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Bantuan Keuangan Kabupaten, Bantuan Keuangan Provinsi, Pendapatan Asli Desa, atau sumber pendapatan lainnya harus mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Dalam Lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa telah ditentukan format RAB (Rencana Anggaran Biaya/Belanja) untuk Kegiatan-Kegiatan Di Desa. Juga dengan format-format lainnya telah ditentukan atau diatur juga.

Saya memposting contoh RAB ini karena beberapa alasan. Salah satunya, topik tentang administrasi Lemabaga Tuha Peut Gampong belum banyak dibahas di internet. Khusus untuk yang sedang kita bahas kali ini pun belum banyak diulas oleh blog atau website yang ada. Akhirnya saya memutuskan mencoba menulis dan memposting topik mengenai RAB Lemabaga Tuha Peut Gampong ini.

Lemabaga Tuha Peut Gampong sebagai bagian dari unsur pemerintahan di desa selain pemerintah desa bagi saya tidak boleh dianggap remeh. Kalau kita membuka Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, peran dan fungsi Lemabaga Tuha Peut Gampong sangat besar. Lemabaga Tuha Peut Gampong adalah perpanjangan tangan warga desa untuk menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah desa.

Meskipun bukan sebagai "eksekutor" di desa, namun setiap pembahasan dan penetapan seperti Pembahasan dan Penetapan Peraturan Desa tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa), Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan lain-lain.


Download: Format Excel RAB Operasional Lemabaga Tuha Peut Gampong