Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Nasution, dkk (dalam Djamarah, 2011:175) Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu:
1.     Faktor Lingkungan
Lingkungan merupakan bagian dari kehidupan anak didik. Lingkungan yang mempunyai pengaruh cukup signifikan terhadap anak didik adalah lingkungan alami dan lingkungan sosial budaya.
2.     Faktor Instrumental
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik yaitu: (1) kurikulum, setiap guru harus menjabarkan isi kurikulum; (2) program sekolah dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar; (3) sarana dan fasilitas yang tersedia; dan (4) guru merupakan unsur yang terpenting dalam pendidikan. Tanpa guru maka tidak akan terjadi kegiatan belajar mengajar. Guru yang berkualitas sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik.
3.     Faktor Fisiologis
Kondisi fisiologis pada umumnya sangat berpengaruh terhadap kemampuan belajar seseorang. Anak-anak yang lelah, dan mudah mengantuk sukar menerima pelajaran. Selain itu kondisi pancara indera juga mempengaruhi.
4.     Faktor Psokologis
Faktor-faktor psikologis yang utama mempengaruhi proses dan hasil belajar anak didik meliputi minat, kecerdasan, bakat, motivasi dan kemampuan-kemampuan kognitif lainnya.