Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Keuchiek dan Lembaga Tuha Peut Kunci Keberhasilan Program Gampong


Keuchiek bersama Lembaga Tuha Peut dan masyarakat menggodok arah kebijakan Gampong dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Gampong. Penggalian gagasan melibatkan partisipasi masyarakat akan memunculkan "krentek" dari hati masyarakat akan orientasi untuk 6 (enam) tahun ke depan.

Sudah waktunya masyarakat dipahamkan setiap regulasi yang mengatur sumber-sumber anggaran Gampong sehingga benar-benar berpihak pada "krentek" masyarakat luas.

Peran Lembaga Tuha Peutharus juga "digembleng" agar optimal menjadi "soulmate" Pemerintahan Gampong dalam menjalankan program Gampong.

Masih minimnya pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas anggota Lembaga Tuha Peutmenimbulkan pembahasan perencanaan dan pelaksanaan program Gampong seakan "mengekor" mengikuti arah pemerintah Gampong. Sehingga fungsi pengawasan dilakukan kurang cermat atas kajian prioritas serta evakuasi pelaksanaan program pemerintah Gampong terutama dalam penggunaan Dana Gampong.

Sinergi antara Pemerintahan Gampong, Lembaga Tuha Peut Gampong serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi akan membuat optimalisasi pelaksanaan program-program pemerintah Gampong.

Semakin optimalnya fungsi Lembaga Tuha Peut dan optimalnya partisipasi masyarakat akan berdampak positif terhadap pelaksanaan Pemerintahan Gampong.

Geliat sinergi membangun Gampong antara birokrat, pegiat serta masyarakat adalah kunci utama mengejawantahkan "revolusi mental" dan "nawacita"