Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kumpulan Contoh SPJ Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Dana Desa


Sahabat juraganberdesa yang setia. Pada artikel kali ini kami ingin berbagi terkait contoh format SPJ pembangunan melalui pola padat karya oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Seperti yang kita ketahui bersama, Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) memiliki kewajiban untuk membuat Laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana pembangunan yang dilakukan. Pembangunan tersebut mesti dipertanggungjawabkan tidak hanya fisik, tetapi juga administratif.

Di daerah tertentu, pencairan dana dari rekening desa ke rekening Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) memiliki beberapa tahapan. Dan pada setiap tahapan tersebut harus dibuatkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana.

Hal ini bertujuan, selain untuk Surat Pertanggungjawaban (SPJ) ke Pemerintah Desa dan masyarakat. Tetapi juga sebagai acuan dasar untuk melakukan pencairan ditahap selanjutnya.

Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) tidak bisa mencairkan dana tapahan berikutnya, apabila belum menyelesaikan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) tahapan sebelumnya.

Pembuatan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang dilakukan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) adalah hasil dari proses penggunaan dana untuk pembangunan.

Nah, terkait dengan penggunaan dana untuk pembangunan desa. Ada beberapa lampiran yang harus dilampirkan dalam Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pembangunan. Kemudian semua lampiran ini diisi sesuai dengan hasil dari kondisi pekerjaan pembangunan di lapangan.

Kami sediakan contoh format Surat Pertanggungjawaban (SPJ) pembangunan lengkap dalam bentuk microsoft excel. Silahkah download contoh format tersebut untuk memudahkan penyusunan adminstrasi laporan pertanggungjawaban dana pembangunan.

Berikut contoh format SPJ pembangunan Yang harus dilampirkan dan bisa langsung didownload:

1. Buku Kas Umum Tim Pelaksana Kegiatan (TPK)

2. Buku Bank Kegiatan Bidang Pelaksanaan Pembangunan

3. Catatan Harian Penerimaan Bahan Material

4. Buku Bahan Material

5. Bukti Penerimaan Material

6. Daftat Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja Harian

7. Daftar Perhitungan HOK dan Penerimaan Insentif sistem Borongan

8. Realisasi Fisik dan Biaya Prasarana

9. Lembar Detail Kemajuan Prasarana

10. Laporan Bulanan Kemajuan Prasarana Tingkat Desa

11. Laporan Bulanan Kemajuan Prasarana Tingkat Kecamatan

12. Rekapitulasi Realisasi Anggaran Biaya Prasarana

Salam Juraganberdesa semoga bermanfaat.