Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dampak Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran


A.    Dampak Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MIN Cot Batee Kabupaten Bireuen

Dampak Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MIN Cot Batee Kabupaten Bireuen

Masyarakat merupakan eksteren yang juga berpengaruh terhadap siswa. Pengaruh itu terjadi karena keberadaan siswa dalam masyarakat yang mencakup kegiatan siswa dalam masyarakat, mass media, teman bergaul dan bentuk kehidupan masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian sebenarnya keluarga, sekolah dan masyarakat sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan kejiwaan anak. Untuk itu dalam pencapaian hasil yang maksimal, maka diperlukan kerjasama yang baik dari subyek pendidikan tersebut, agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berlangsung secara positif.
Menurut Ibu Sufiyani, A.Ma Guru MIN Cot Batee Kecamatan Kuala kabupaten Bireuen bahwa partisipasi masyarakat dan keterbukaan pengelolaan pendidikan di sekolah akan menimbulkan semangat yang tinggi bagi seluruh pengelolaan pendidikan di sekolah, kemudian mendorong pada penciptaan pembelajaraan aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, demikian juga masyarakat ada peluang untuk menyampaikan aspirasinya kepada pihak sekolah, tentang program dan perbaikan yang seharusnya dilakukan oleh pihak sekolah, meskipun harus diakui tidak semua lapisan masyarakat sadar dan sanggup merespon tentang program yang akan dilakukan oleh pihak sekolah, karena masyarakat Indonesia dilihat dari sisi SDM dibanding dengan Negara lain masih jauh teringga. Akan tetapi bukan berarti kita harus berhenti untuk melakukan usaha menuju perubahan, berhenti sama dengan siap tertindas oleh negara lain, meskipun harus diakui bahwa tidak semua perubahan di era globalisasi membawa pada dampak positif[1].
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Anis, S.Ag, bahwa dalam rangka peningkatan  mutu pendidikan di MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen, sekolah menjalin hubungan kerja sama dengan masyarakat setempat dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran disekolah, dengan adanya hubungan tersebut, masyarakat peduli terhadap sekolah dan berusaha menjaga nama baik sekolah[2].


[1] Hasil Wawancara dengan Ibu Sufiyani, A.Ma  Guru MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011.

[2] Hasil Wawancara dengan Bapak Anis, S.Ag Kepala MIN Cot Batee Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen tanggal 17 Juli 2011.