Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kemajuan Gampong Tidak Bisa Lepas Dari Peran Lembaga Tuha Peut


Pelaksanaan otonomi Gampong sebagai salah satu faktor pendukung keberhasilan otonomi daerah harus terus kita tata seoptimal mungkin dan perlu dikembangkan secara bertahap, oleh karena itu keberadaan Lembaga Tuha Peut Gampong sebagai mitra kerja Keuchiek harus tetap harmonis.

Disamping itu, seiring tuntutan dan kebutuhan pembangunan dan perkembangan dinamika sosial kemasyarakatan serta arah perkembangan paradigma pemerintahan ditingkat Gampong. Penataan reformasi pemerintahan guna membangun kepemerintahan yang baik, harus di mulai dari tingkat Gampong.

Pemerintahan Gampong sebagai ujung tombak penyelenggara pelayanan publik dan penggerak fungsi pemerintahan diharapkan senantiasa berdaya guna untuk kemajuan suatu daerah.

Dengan demikian, kedudukan Lembaga Tuha Peut Gampong harus mampu berperan aktif sesuai kapasitas dan kewenangan serta peran utama sebagai wadah penyalur aspirasi masyarakat, pengawas efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dan penunjang utama pemerintahan Gampong. Sehingga Lembaga Tuha Peut Gampong perlu secara optimal dalam memahami dan memberdayakan fungsi lembaganya tersebut, untuk memperkuat implementasi otonomi Gampong.

Selain itu, manajemen pemerintah Gampong tersebut harus ditata secara sinergis dan koordinatif dengan tugas pokok dan fungsi Lembaga Tuha Peut Gampong. “Sinkronisasi tugas Keuchiek beserta perangkatnya harus selaras dengan fungsi Lembaga Tuha Peut Gampong, sehingga terdapat kerjasama dan komunikasi yang dua arah antara pemerintah Gampong dengan Lembaga Tuha Peut Gampong dalam mencapai keberhasilan pembangunan Gampong, terutama dalam penyusunan Qanun Gampong.

Peran serta kiprah Lembaga Tuha Peut Gampong sangat penting dalam menghadapi semakin beratnya tantangan tugas pemerintahan Gampong, dimana tuntutan kualitas pelayanan semakin meningkat, keadaan demikian haruslah kita respon dengan semangat dengan komitmen bahwa kita bekerja memang untuk melayani masyarakat, bukan kita yang harus dilayani.

Demi untuk Kemajuan Gampong semua Lembaga Tuha Peut Gampong kiranya untuk bisa memahami dan melaksanakan fungsi Lembaga Tuha Peut Gampong sebagai berikut:
Pertama Fungsi Lembaga Tuha Peut Gampong menjembatani aspirasi dan keinginan masyarakat dalam konteks pelayanan dan pembangunan Gampong serta memberikan masukan pemikiran untuk keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan Gampong.
 Kedua, bekerjalah atas dasar pengabdian yang tinggi dan teruslah belajar untuk memaksimalkan peran dan kiprah Lembaga Tuha Peut Gampong dengan cara mempelajari peraturan perundang undangan yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Gampong.

Ketiga, jalinlah kerjasama dan koordinasi yang berkesinambungan dengan Keuchiekdan perangkatnya, tokoh–tokoh masyarakat serta unsur kemasyarakatan dalam memecahkan suatu permasalahan yang di hadapi pemerintahan Gampong dan masyarakat.

Yang terakhir, pahami dengan baik kondisi dan potensi Gampong serta cermati dinamika masyarakat yang berkembang, yang kemudian dapat dijadikan bahan – bahan pertimbangan dalam menyelenggarakan fungsi dan optimalisasi manajemen pemerintahan Gampong.
Jadi tugas Lembaga Tuha Peut Gampong bukan “ngintip” dan mencari–cari kesalahan Keuchiek, keharmonisan harus tetap di jaga, bangun komunikasi yang baik kalau Gampongnya mau maju.