Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Pemecahannya Penerapan Metode Tahfidz dalam Pembelajaran Quran Hadist


1.     Solusi Pemecahannya Penerapan Metode Tahfidz dalam Pembelajaran Quran Hadist di MTSN Bireuen            


Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang paling penting dalam hidup. Terlepas dari siapa atau apa yang dilakukan, dalam  menghadapi rintangan-rintangan. Menghadapi tantangan seringkali akan menjadi faktor penentu dalam seberapa sukses dalam pembelajaran. Sementara masalah muncul dalam berbagai bentuk dan ukuran.
Adapun solusi penerapan metode tahfidz dalam pembelajaran Alquran Hadist di MTsN Bireuen adalah sebagai berikut:
1)     Bimbingan orang tua terhadap anak dan perhatian dalam mengawasi anaknya orang tua harus memperhatikan jam di luar sekolah untuk membelajarkan anaknya mempelajari Alquran. Tanggung jawab tersebut merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, sekolah dan masyarakat.
2)     Kemampuan siswa diasah dan ditingkatkan oleh orangtua di rumah dan di sekolah.
3)     Alokasi waktu pembelajaran Alquran  ditambah agar guru memiliki banyak waktu berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran.
4)     Orangtua diwajibkan mengawasi anak dengan permainan seperti Play Station dan banyak banyak menghabiskan waktu menonton televisi.
5)     Sekolah harus menambah ilmu kepada guru dengan memberikan bea siswa kepada guru untuk melajutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan sekolah diharapkan membuat pelatiha-pelatihan khusus kepada guru.[1]
5)


               [1] Hasil wawancara dengan Bapak Sufyan, S.Ag Guru Alquran pada MTsN Bireuen Tanggal 25 Januari 2014.