Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa


1.     Usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas II SMA Negeri 3 Peusangan
Usaha-usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang tanggung jawab utama. Guru berfungsi sebagai pengajar, pendidik dan pembimbing dalam hal ini, termasuk guru agama Islam, sehingga diperlukan adanya berbagai tugas dan tanggung jawab pada diri guru itu sendiri yang senantiasa menggambarkan pola tingkah laku yang diharapkan dalam berbagai interaksinya, baik dengan siswa, sesama guru maupun dengan staf lainnya. Begitu pentingnya tugas dan tanggung jawab guru, maka tinggi rendahnya prestasi belajar siswa, bahkan sampai pada mutu pendidikan pada umumnya dikembalikan kepada guru. Sebab keberhasilan proses belajar mengajar ditentukan oleh dua faktor utama yaitu faktor intern dan ekstern.
Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan Bapak Drs. Tajuddin, Kepala SMA Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen, dan menurut penuturan beliau, Guru agama berbeda dengan guru-guru bidang studi lainnya. Guru agama di samping melaksanakan tugas pengajaran, yaitu memberitahukan pengetahuan keagamaan, ia juga melaksanakan tugas pengajaran dan pembinaan bagi peserta didik, ia membantu pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak serta menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan para peserta didik dan hal ini sudah dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen.[1]
Penulis juga mewawancarai Zulfina Zahara siswi SMA Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen dan menurut pengakuannya, bahwa guru Pendidikan Agama Islam sudah berperan aktif dalam pembentukan kepribadian siswa, hal ini terlihat dari usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membimbing siswa agar taat menjalankan agama.[2]


               [1] Hasil wawancara penulis dengan Bapak Drs. Tajuddin Kepala SMA Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen tanggal 22 September 2012.

               [2] Hasil wawancara penulis dengan Zulfina Zahara Siswi SMA Negeri 3 Peusangan Kabupaten Bireuen tanggal 23 September 2012.