Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

BUMDes Raksasa Yang Terbukti Berhasil Mensejahtrakan Masyarakat Desa

BUMDes Raksasa Yang Terbukti Berhasil Mensejahtrakan Masyarakat Desa

Badan Usaha Milik Desa atau disingkat dengan BUMDes merupakan sebuah badan usaha yang dikelola serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian di perdesaan. BUMDes ini sebenarnya merupakan salah satu terobosan baru dari pemerintah pusat dalam upaya pemerataan pembangungan ekonomi sampai ke tingkat desa.

Dengan pemerataan perekonomian ini diharapkan tidak terjadinya jurang pemisah atau kesenjangan antara masyarakat kota dengan desa. Selain daripada itu, diharapkan masyarakat pedesaan bisa memiliki kemandirian dalam upaya memajukan desanya.

Dengan hadirnya BUMDes, pemerintah mengharapkan mampu melahirkan industri-industri kreatif dengan tujuan mampu memberdayakan mesyarakat desa tersebut. Pada akhirnya diharapkan tidak akan lagi ada masyarakat desa yang  merantau ke kota hanya untuk mencari kerja.

Ada beberapa BUMDes raksasa di Indonesia yang ternyata sudah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat. Bahkan, ada diantaranya yang berhasil menjadi mesin pencetak uang.

Berikut ini BUMDes-BUMDes raksasa di Indoneia yang sudah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desanya:

1. BUMDes Tirta Mandiri

BUMDes ini diberi nama Tirta Mandiri, merupakan sebuah Badan Usaha Milik Desa yang bergerak dalam bidang kepariwisataan. BUMDes ini terletak di Dusun Umbul, Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah.

Yang lebih menariknya lagi, BUMDes Tirta Mandiri pernah dinobatkan sebagai BUMDes terbaik di Indonesia. Wajar saja demikian, alasannya omsetnya BUMDes saat ini mencapai 10.36 miliar dengan laba bersih pertahun mencapai 6.5 miliar.

2. BUMDes Multianggaluku Mandiri

Meskipun belum memiliki keuntungan sebesar BUMDes Tirta Mandiri, tapi kehadiran BUMDes Multianggaluku Mandiri ini sudah terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dalam bidang perekonomian.

BUMDes Multianggaluku Mandiri membuka usaha toko penyaluran barang-barang bersubsidi dari pemerintah, saat ini sudah terbukti mampu membantu masyarakat setempat untuk bisa menikmati hasilnya secara merata.

3. BUMDes Cibodas

BUMDes Cibodas bergerak dibidang penyaluran air bersih. BUMDes ini ternyata mampu memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat setempat. Bahkan BUMDes Cibodas saat ini tercatat sudah memiliki lebih dari 3.200 konsumen.

Hal seperti ini harusnya menjadi contoh bagi desa-desa lain di Indonesia. Sebab BUMDes tidak melulu harus mencari keuntungan dalam hal finansial saja, tapi harus mampu memberikan manfaat yang bisa dinikmati oleh masyarakat desa setempat.

4. BUMDes Tirtonirmala

BUMDes Tirtononirmala Bergerak dibidang simpan pinjam, saat ini sudah mampu menghasilkan keuntungan sampai dengan Rp 8.7 miliar Pertahunnya. Kegiatan simpan pinjam ini sudah terbukti sangat membantu ekonomi masyarakat di desa tersebut.

Jasa pinjaman yang dipatok BUMDes ini pun tidak sebesar bunga pinjaman yang dipatok oleh pihak bank-bank yang ada selama ini. Oleh karena demikian mampu mengurangi beban para peminjamnya.

Demikianlah tulisan singkat tentang BUMDes Raksasa Yang Terbukti Berhasil Mensejahtrakan Masyarakat Desa. Semoga mapu menjadi contoh bagi desa-desa lainnya diseluruh Indonesia untuk memajukan desa dengan mengelola BUMDes sesuai dengan Petunjuk Undang-undang yang pada akhirnya mampu mensejaherakan masyarakat desa.