Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap Kedua Cair Awal Juni 2020

Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap Kedua Cair Awal Juni 2020

Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ke 2 untuk masyarakat terdampak Covid-19 akan cair pada awal Juni nanti. Demikian kata Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (Dirjen PFM) Kementerian Sosial (Kemensos) Asep Sasa Purnama.
"Rencana awal Juni gelombang ke 2 Bantuan Sosial Tunai (BST) sudah bisa diterima keluarga penerima manfaat (KPM)," kata Asep di Indramayu, Rabu, saat melakukan supervisi dan monitoring Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kabupaten Indramayu, Kamis (27/5).

Asep mengatakan saat ini dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 2 sudah berada di kantor PT Pos Indonesia. Mereka tinggal menunggu perintah penyaluran dari pemerintah.

"Sedangkan untuk gelombang ke 3, kalau menurut jadwal itu pekan ke 3 bulan Juni," ujarnya.

"Dalam penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST), selain menggandeng PT Pos Indonesia, Kemensos juga menggandeng Himpunan Bank Milik Negara (Himbara)," tuturnya.

Kementerian Sosial menargetkan jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) seluruh Indonesia pada masa pandemi Covid-19 ini mencapai 9 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Dari data tersebut, PT Pos Indonesia mengcover sekitar 8,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan sisanya disalurkan Himbara.

Asep menambahkan untuk penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di wilayah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) dilakukan sekaligus 3 bulan. misalnya wilayah Maluku dan Papua, karena ongkos pengiriman Bantuan Sosial Tunai (BST) ke wilayah tersebut sangat mahal.

"Kita mengharapkan gelombang ke 3 terutama daerah jauh seperti Papua kalau disalurkan setiap bulan menjadi tidak efisien, ongkosnya mahal. Jadi langsung 3 bulan," kata Asep. Seperti diberitakan Antara.

Sumber: merdeka.com